Menjadi seorang muslimah yang produktif adalah sebuah keharusan. Ini tentu akan berkaitan dengan perannya nanti menjadi seorang istri sekaligus ibu bagi anak-anaknya. Melalui waktu dan mungkin juga keterbatasan sumber daya dia harus mampu menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Produktif itu tidak hanya sibuk dengan kegiatan yang banyak, tapi produktif itu tentang bagaiman dampak kebaikan yang hadir dari kesibukannya.

Dan, yang terpenting adalah bagaimana tidak stress dengan berbagai kesibukan tersebut. Sebanyak apapun pekerjaan, seperti apapun sibuknya tapi tetap bisa tersenyum bahagia. Produktif juga bahagia, berikut adalah 14 tips yang bisa anda lakukan untuk mencapainya.

1. Pahami kalau semua aktivitas kehidupan untuk ibadah

Kunci utama untuk bisa ikhlas dengan segala bentuk pekerjaan maupun  yang dilakukan adalah memahami kalau segala aktivitas yang kita lakukan bernilai ibadah. Tak perlu kecewa jika orang lain tidak memberi pujian atau malah sebaliknya dengan melontarkan caci atau kritikan. Tetaplah berbuat karena sesungguhnya segala perbuatan yang dilakukan Allah yang akan membalasnya lansung. Tentu selama itu bernilai kebaikan.

2. Luruskan Niat

Untuk apa dan siapa kita bekerja ? Ini tentang niat. Tampak sederhana namun akan sangat menentukan proses kita melakukannya sekaligus hasil yang akan dirasakan. Apakah niat kita untuk mendapat pujian dari orang lain ? Apakah niat kita agar dibilang hebat ? Atau niat tulus untuk Allah SWT. Tentu, sebaik-baiknya niat adalah untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Sibuk dengan anak, niatkan itu sebagai ibadah. Sibuk melayani suami niatkan itu sebagai ibadah. InsyaAllah akan hilang segala lelah semua lurus untuk lillah.

3. Miliki visi hidup yang jelas

Memiliki visi hidup yang jelas juga satu hal yang cukup penting untuk menjadi seorang muslimah yang produktif dan bahagia. Visi adalah gambaran mimpi besar kita, visi adalah alur yang membuat hidup kita menjadi lebih terarah dan visi akan menjadi bahan bakar saat lelah serta rasa kalah menghampiri. Milikilah visi yang jelas, jauh ke depan bahkan hingga ke akhiratnya. Tidak hanya tentang dunia saja.

4. Rancang misi untuk mencapai visi yang telah ditetapkan

Kalau visi adalah gambaran umumnya, maka misi adalah langkah demi langkah untuk mencapainya. Setiap visi tentu takkan menjadi sempurna tanpa misi. So, susunlah misi yang hebat untuk mencapai visi anda.

5. Biasakan membuat target tahunan, bulanan, mingguan hingga harian

Hampir setiap tahun kita mendengar ada istilah resolusi tahunan. Yaitu menulis apa-apa saja yang akan kita capai dalam tahun tersebut. Maka biasakanlah membuat target tahunan, memecahnya dalam bulanan, mingguan hingga harian. Sehingga saat bangun di setiap pagi anda sudah memiliki target yang jelas untuk anda capai hari itu. Dan, jangan lupa juga pastikan target yang dibuat selaras dengan visi dan misi hidup anda.

6. Biasakan membuat rencana kegiatan tahunan, bulanan, mingguan hingga harian

Nah, agar hari-hari anda terasa lebih wow bersemangat lagi. Buatlah kegiatan apa saja yang akan dikerjakan untuk tahunan, bulanan hingga mingguan. Jangan sampai anda ketika bangun tidur di pagi hari masih bingung apa yang mau dikerjakan. Dan jangan sampai juga waktu berharga anda hilang begitu saja untuk stalking media sosial, nonton, ngerumpi dan aktivitas mubazir lainnya hanya gara-gara tidak ada rencana yang jelas. So, rencanakanlah hidup anda dengan baik. Sebab kata orang-orang bijak gagal merencanakan sama saja dengan merencanakan kegagalan.

7. Biasakan melakukan evaluasi tahunan, bulanan, mingguan dan harian

Agar kehidupan terus bertumbuh, menjadi lebih baik dari hari ke hari. Maka evaluasi sangat dibutuhkan. Untuk melihat mana target yang sudah dicapai dan mana yang belum. Untuk bahan analisa mana kegiatan yang produktif dan mana yang tidak. Dan melakukan evaluasi baiknya secara berkala mulai dari tahunan, bulanan hingga harian. Setiap kita tentu memiliki kekurangan, setiap kita pasti akan melakukan kesalahan dan evaluasi adalah waktu untuk belajar mengambil hikmah dari segala hal itu.

8. Selalu komitmen untuk berusaha melakukan yang terbaik dalam setiap aktivitas

Apapun aktivitas yang kita lakukan, sekecil dan sesederhana apapun itu. Berkomitmenlah untuk melakukan dan memberikan hasil yang terbaik. Selalu profesional dan penuh kesungguhan dalam melakukan sesuatu.

9. Selalu untuk meningkatkan kapasitas keilmuan

Zaman selalu berubah, bergerak dengan cepat. Disinilah kita butuh ilmu-ilmu baru untuk menghadapinya, agar tidak ketinggalan dan tentu juga agar tidak menjadi korban dari setiap perubahan yang terjadi. Banyak cara bisa dilakukan salah satunya adalah dengan membaca. Baik membaca buku, majalah maupun media digital.

10. Rutinkan olahraga

Salah satu kegiatan penting dalam hidup kita yang bertujuan untuk menjaga kesehatan dan menjaga otak agar tetap fresh adalah olahraga. Banyak aktivitas olahraga yang bisa anda lakukan seperti ke gym, berenang dan yang paling sederhana adalah berjalan dan berlari. Tak perlu banyak-banyak yang penting lakukan secara konsisten.

11. Tingkatkan kualitas maupun kuantitas setiap amalan

Banyak orang mengatakan yang penting kualitas daripada kuantitas, padahal yang terbaik adalah melakukan sesuatu dengan standar kualitas dan kuantitas yang banyak. Seperti contohnya sedekah, tak hanya sedikit yang penting ikhlas tapi usahakan juga sedekah banyak dan ikhlas. Begitu juga dengan amalan-amalan lainnya.

12. Jadikan membaca buku sebagai kebiasaan

Buku adalah jendela dunia, ilmu-ilmu hebat banyak terekam di buku untuk itulah kita semua semestinya menjadikan aktivitas membaca sebuah kewajiban. Mari budayakan membaca untuk diri sendiri, keluarga dan orang-orang sekitar kita. Salah satu penyebab ketertinggalan bangsa ini adalah budaya literasi yang rendah. So, mari menjadi bagian memajukan bangsa indonesia dengan membangun kebiasaan membaca mulai dari diri sendiri.

13. Rutinkan untuk menimba ilmu melalui majelis kajian, seminar, workshop dan sejenisnya

Selain membaca, aktivitas untuk meningkatkan keilmuan yang bisa dilakukan adalah mengikuti berbagai jenis kajian, seminar, workshop dan sejenisnya. Selain dapat mendapatkan ilmu secara lansung dari pembicaranya, dengan merutinkan kegiatan menimba ilmu bisa juga sebagai sarana memperbanyak teman.

14. Jangan lupa liburan 

Dan, yang terakhir adalah jangan lupa liburan. Liburan tak perlu jauh-jauh dan mewah yang penting menyenangkan serta memberikan kesegaran pada otot-otot yang telah lelah bekerja. Berlibur ke wilayah pegunungan, air mancur, sungai, ke kebun binatang, taman bunga dan banyak lagi pilihan lainnya.

Yups, itulah beberapa tips untuk menjadi muslimah yang produktif dan bahagia.

Sumber foto : ummi-online.com

 

Artikel Menarik Lainnya




comments