Layaknya rezeki jodoh itu mesti diusahakan, ada kerja-kerja yang mesti kita lakukan untuk menjemputnya. Selain memperbaiki diri, memantaskan diri menjadi seorang suami atau istri serta juga menyiapkan bekal untuk menjadi seorang ayah atau ibu ada banyak gerak amal baik itu amalan hati berupa do’a kepada Allah SWT ataupun amalan nyata mencari dan menemukannya.

Tentu ikhtiar yang dilakukan untuk menemukan jodoh sejati mesti selaras dengan ridho ilahi, tidak mengandung aktivitas maksiat serta hal-hal yang menjerumuskan pada perzinaan. Setidaknya dalam tulisan ini kami akan mencoba membagikan 3 ikhtiar cinta yang bisa dilakukan untuk menemukan jodoh sejati dan layak untuk dicoba.

1. Bangun terus setiap hubungan pertemanan yang dimiliki

Ikhtiar cinta yang pertama adalah list nama teman di masa lalu. Saat kesulitan atau kebingungan mau menikah dengan siapa atau mau melamar siapa tak ada salahnya untuk mencoba ikhtiar yang pertama ini. Caranya sangat sederhana, kamu bisa membuat daftar nama-nama teman laki-laki atau wanitamu semenjak kecil dahulu apakah itu teman bermain, teman waktu taman kanak-kanak, teman waktu sekolah dasar, teman waktu sekolah menengah pertama, teman waktu sekolah menengah , teman semasa kuliah ataupun teman pernah bekerja. Nah, kamu bisa list nama-nama orang terbaik menurutmu atau setidaknya mendekati kriteria calon pendamping hidupmu.

Jika banyak nama yang masuk kedalam list, maka boleh pilih 5 nama terbaik menurutmu. Langkah selanjutnya adalah hubungi nama tersebut dan sampaikanlah niat baik untuk ta’aruf, tentu sangat disarankan komunikasinya melalui perantara agar tetap terjaga dari maksiat hati. Cara ini boleh dilakukan oleh laki-laki maupun wanita.

Kunci utama untuk tips yang pertama ini tentu dengan menjaga terus hubungan pertemanan dengan teman-teman dimasa lalu, bisa dilakukan dengan menyimpan kontak-kontak mereka ataupun aktiv di grup-grup sosial media yang disediakan.

2. Mengikuti majelis pengajian rutin apakah bulanan atau mingguan

Saat ini sudah begitu menjamur majelis-majelis pengajian anak muda diberbagai kota atau daerah. Biasanya dalam setiap majelis pengajian atau organisasi dakwah ada pengajian rutin mingguannya yang dibimbing oleh seorang mentor / murabbi / musrif (istilah untuk guru pembimbingnya) . Tentu niat utamanya adalah untuk belajar ilmu agama, memperbaiki diri dan juga menjadikannya sebagai jalan ikhtiar menemukan pasangan hidup yang shaleh/ha karena setidaknya sudah sama-sama ikut memperbaiki diri dan mau mempelajari agama islam. Dan, pastikan kajian yang diikuti tidak sesat dan menyesatkan ya.

Jika kamu ikut aktivitas pengajian rutin, dan memiliki guru ngaji maka cara ini sangatlah direkomendasikan. Karena kamu cukup membuat biodata taaruf lalu menyerahkan pada guru ngajimu dan minta dicarikan oleh beliau seseorang yang cocok dan sesuai dengan kriteriamu. Atau mungkin juga kamu sudah memiliki ketertarikan pada seseorang namun agar prosesnya tetap dalam koridor syar’i kamu minta guru ngajimu menjadi perantara ta’aruf.

 

3. Aktif terlibat di berbagai komunitas atau organisasi

Memang kami sangat tidak menyarankan jika kamu terlibat aktif disuatu organisasi atau komunitas hanya dengan niat untuk menemukan jodoh. Karena jika niatnya hanya untuk ini, tentu akan berpotensi membuat kamu kecewa suatu saat kelak jika tidak menemukan jodoh atau malah gagal menikah selama aktif dikomunitas atau organisasimu.

Pilihlah organisasi atau komunitas yang benar-benar selaras dengan suara hatimu dan bisa menjadi wadah yang tepat untuk aktualisasi diri, berkarya ataupun berbagi ilmu yang dimiliki. Tak sedikit pasangan yang terlibat pada satu komunitas atau organisasi dan pada akhirnya mereka menikah.

Itulah 3 ikhtiar cinta yang layak untuk kamu coba, semoga bisa menjadi jalan pertemuan dengan jodoh sejatimu.

Sumber foto : google.com, potreto photograpy

Artikel Menarik Lainnya




comments