Suatu ketika Al-Hasan Al-Bashri Rahimahullah pernah ditanya : “Mengapa orang-orang yang suka bertahajud wajahnya paling bercahaya dibanding yang lainnya?” Beliau menjawab : “Karena mereka suka berduaan bersama Allah Maharahman, maka Allah menyelimuti mereka dengan cahaya-NYA.” 

Shalat malam atau sering kita sebut dengan Shalat Tahajud yang dilaksanakan di sepertiga malam adalah shalat yang sangat dianjurkan untuk kaum muslimin. Ada banyak manfaat dan keutamaan dari shalat malam 3 diantaranya yang akan kita bahas disini adalah :

1. Shalat terbaik dan sangat diutamakan setelah shalat fardhu

“Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa bulan Muharam dan sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat lail (shalat malam).”(HR.Muslim)

Shalat malam adalah shalat yang sangat diutamakan dan dianjurkan, bahkan keutamaannya adalah setelah shalat wajib. Jika Allah dan Rasul begitu mengutamakan shalat malam ini pertanda sangat banyak kebaikan dan manfaat dari shalat malam bagi setiap muslim yang melakukannya.

2. Memberi ketenangan hati dan jiwa

Masalah, adalah salah satu hal yang tak bisa dipisahkan dari manusia, setiap manusia tentu memiliki masalah. Beragam kesibukan duniawi disiang hari terkadang menguras otak, pikiran, hati sehingga jika dibiarkan berlarut tentu hal ini bisa berdampak pada stress, pusing ,hati gelisah dan jiwa tak tenang. Pada level tertentu hal ini bisa menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya sebut saja stroke, sakit jantung, asam urat, kolestrol tinggi dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Yang mana awal dari penyakit-penyakit berbahaya ini adalah dari pikiran.

Shalat malam sangat efektif untuk menyegarkan hati, memberi ketenangan jiwa. Menghilangkan berbagai macam kegelisahan, kekalutan pikiran yang pada akhirnya setelah shalat malam. In syaa Allah.

3. Sebagai salah satu sebab masuk syurga

Rasulullah SAW bersabda, “Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan, dan shalatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam, niscaya engkau akan masuk syurga dengan selamat.” (HR.Ibnu Majah)

Syurga memang bukan tujuan kita, tujuan utama kita adalah ridho Allah SWT yang mana dengan ridhonya kita dimasukkan kedalam syurganya. Tempat kenikmatan yang abadi, tempat keindahan yang tak ternilai harganya, suatu tempat yang tak terbayangkan oleh kita bagaimana keindahannya.

Syurga adalah impian setiap umat Muslim, karena dihari akhir nanti hanya ada dua pilihan yaitu masuk syurga atau neraka. Neraka jelas adalah tempat yang harus kita hindari karena disana adalah tempatnya beragam siksaan yang tak terperikan dan tak terbayangkan.

Shalat malam adalah salah satu wasilah untuk masuk syurga, Rasulullah yang menyampaikan berita gembira ini kepada kita.

Itulah 3 Keutamaan dari shalat malam, semoga bisa menjadi motivasi bagi kita bangun disepertiga malam untuk sujud dan berdoa kehadapan Allah SWT. Memohon ampunannya, meminta hajat-hajat agar segera dikabulkanNYA.

Artikel Menarik Lainnya




comments