Istri yang baik tentu istri yang selalu berusaha menyenangkan hati suaminya, istri yang shaleha tentu istri yang selalu berusaha mencari apa hal yang disukai dan tidak disukai oleh suaminya dan istri yang taat tentu akan berusaha taat dan patuh pada suaminya.

Syaikh Saleh bin Ahmad al-Ghazali dalam Al-Qamus fii Maa Yahtaju ilaihil ‘Arus menyebutkan ada tiga sifat penting yang didambakan oleh para suami dari istrinya yaitu :

1. Istri yang cerdas

Cerdas yang dimaksud disini tentu bukan saja tentang seberapa pintar dirinya secara akademik saat sekolah maupun kuliah. Akan tetapi kecerdasan yang didambakan oleh para suami adalah kecerdasan seorang istri yang lebih kompleks. Terangkum disini juga kecerdasan spiritualnya yang terlihat dalam ketaatan pada Allah SWT, kecerdasan emosional yang terlihat bagaimana ia menyikapi setiap permasalahan yang ada serta juga kecerdasan financial yang terlihat dari bagaimana ia mengatur keuangan rumah tangga.

2. Istri yang memiliki kesabaran

Yang kedua adalah istri yang memiliki kesabaran. Kesabaran seorang istri dalam berumah tangga adalah saat mampu menerima segala kekurangan suami meskipun hatinya berharap lebih,menerima peran utamanya sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga meskipun hatinya berat menerima, menerima dengan senang hati setiap nafkah yang suaminya berikan meskipun tak sesuai dengan keinginannya serta selalu berusaha mendahulukan ketaatan pada Allah SWT dalam setiap aktivitas kehidupan rumah tangganya.

3. Istri yang memiliki kesederhanaan

Yang ketiga adalah kesederhanaan,para suami mendambakan kesederhanaan dari istrinya. Baik itu kesederhanaan dalam berpenampilan seperti berpakaian dan berhias, kesederhanaan dalam hal kebutuhan sehari-hari serta berbagai aspek kehidupan lainnya. Seorang istri yang sederhana tentu akan selalu memilih sesuatu berdasarkan manfaat serta kebutuhannya, tidak hanya semata karena keinginan.

Itulah tiga sifat wanita yang didambakan oleh para suami menurut penuturan Syaikh Saleh bin Ahmad al-Ghazali. Menjadi seorang wanita yang didambakan oleh suaminya adalah cita mulia bagi setiap muslimah, karena seorang muslimah jika dia sudah menikah maka ridho Allah ada pada ridho suaminya, ketaatan pada suami adalah syurga baginya dan menyenangkan hati suami adalah amalan terpuji baginya.

Menjadi wanita yang memiliki sifat cerdas, sabar dan sederhana tentu tak terlepas dari ketaatan seorang muslimah tersebut pada Allah SWT, sebab dari ketaatan pada Allah inilah semuanya bermula. Bagi yang masih sendiri sifat-sifat yang didambakan oleh para suami ini bisa dilatih dengan pembiasaan-pembiasaan semenjak dini, InsyaAllah akan tercatat sebagai amal perbaikan  dan jalan ikhtiar memantaskan diri.

Sumber foto : www.muslimfamilia.com

Artikel Menarik Lainnya




comments