Masa-masa sendiri (baca : jomblo) terkadang membosankan, terbukti banyak yang tak tahan melewati masa ini sehingga memilih jalan pacaran. Padahal, masa-masa sendiri adalah saat yang tepat untuk memperbaiki kualitas diri menjadi untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi, tentu sebagai dampaknya jika pribadimu baik Allah akan temukannya dengan jodoh yang pribadinya baik.

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi 4 “AH” yang mesti kamu tingkatkan kualitasnya sebelum menikah, apa itu 4 “AH”nya ? Yaitu Ruhiyah, Fikriyah, Jasadiyah dan Rupiah. Untuk lebih lengkapnya mari kita coba bahas satu persatu :

1. Ruhiyah

Salah satu hal penting yang akan sangat mempengaruhi bagaimana kepribadian seseorang adalah ruhiyahnya, ruhiyah adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan Allah SWT, terangkum di dalamnya keimanan, ketakwaan serta bagaimana seorang pribadi menjadikan aturan islam sebagai landasan utama dalam setiap aktivitas kehidupannya.

Kualitas ruhiyah seseorang adalah bekal utama dalam membangun rumah tangga kelak, ini penting bagi seorang laki-laki yang akan menjadi calon suami dan calon ayah bagi anak-anaknya nanti dan juga bagi seorang wanita yang akan menjadi calon istri dan ibu bagi anak-anaknya nanti. Ketika seseorang memiliki kualitas ruhiyah yang baik, tentu ia akan menyayangi istrinya sesuai dengan tuntunan islam dalam berumah tangga begitu juga sebaliknya istri akan taat dan patuh pada suaminya. Mereka saling mencintai dalam ketaatan, serta mendidik anak-anaknyapun dengan mengutamakan ketaatan pada Allah SWT.

2. Fikriyah

Fikriyah adalah hal-hal yang berhubungan dengan pikiran, yang mana hal ini tentu berkolerasi dengan ilmu pengetahuan. Kualitas fikriyah seseorang akan dampak pada kecerdasannnya, ukuran kecerdasan seseorang bukan hanya pada tinggi atau rendahnya prestasinya semasa sekolah atau kuliah, tidak juga bergantung pada sedikit atau banyaknya teori yang dihafalkannya. Akan tetapi kecerdasan sejati akan terlihat dari bagaimana ia menghubungkan pengetahuan serta luasnya wawasan yang dia miliki dalam pola pikirnya, kedewasaannya dalam bersikap serta mengambil keputusan.

Tak ada cara lain untuk meningkatkan kualitas fikriyah selain belajar terus menerus, belajar dari yang tertulis di Al-quran, Hadist, buku bacaan, sekolah, kampus, majelis ilmu, orang yang ditemui serta kejadian-kejadian alam yang setiap hari kita saksikan dengan seksama.

Karena sekolah pertama seorang anak adalah keluarganya dan guru pertama seorang anak adalah orang ayah dan ibunya maka untuk melahirkan generasi berkualitas tentu harus dimulai dengan menyiapkan orang tua yang berkualitas, termasuk salah satunya adalah kualitas fikriyah atau intelektualnya.

3. Jasadiyah

Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allâh daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan (HR. Muslim)

Sakingnya sibuknya aktivitas kita sehari-hari sehingga kita melalaikan aktivitas olahraga. Selain aktivitas ini sangat bermanfaat bagi kesehatan juga merupakan anjuran dari nabi Muhammad SAW. Kita juga sering mendengar istilah yang berbicara “dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat” . Olahraga juga aktivitas terbaik untuk mengisi luangnya waktu . Jadi, bagi kamu yang masih sendiri silakan manfaatkan waktu-waktu luangmu untuk berolahraga banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan seperti lari, futsal dan jika juga ada olahrga sunnah seperti berenang, berkuda dan memanah.

4. Rupiah

Meskipun hati kita jangan sampai terlalaikan oleh hal yang satu ini, namun bukan berarti kita melalaikannya yaitu rupiah. Kekuatan keuangan adalah hal penting sebagai bekal pernikahan. Uang memang bukanlah segala-galanya, akan tetapi segala-galanya butuh uang termasuk pernikahan. Oleh karena itu tidak salahnya kita meningkatkan kualitas rupiah kita, mulai dari mendapatkannya dengan cara yang halal dan baik, mengelolanya serta membelanjakannya.

Itulah 4 “AH” yang mesti ditingkatkan kualitas oleh setiap pribadi-pribadi muda, terlebih yang masih sendiri.

Artikel Menarik Lainnya




comments