Beberapa waktu yang lalu kita telah membahas  tentang gaya hidup minimalis  .Sebuah gaya hidup yang menjadi tren masa kini dan diperkirakan akan menjadi tren hingga masa nanti. Gaya hidup minimalis adalah sebuah budaya dimana seseorang menyederhanakan segala hal yang berhubungan dengan kehidupannya seperti kebiasaan harian, barang yang dimiliki, gaya makan, penampilan, gadget  serta hal-hal beragam hal lainnya.

Orang yang memilih gaya hidup minimalis berharap kehidupannya menjadi lebih tenang, lebih bebas, lebih banyak memiliki waktu, tidak terlalu disibukkan oleh hal-hal yang tidak penting serta menjadi lebih produktif dalam bekerja maupun berkarya. Bagi anda yang tertarik ingin mencoba gaya hidup minimalis berikut 5 langkah untuk memulainya bisa anda coba.

1. Buat daftar barang-barang yang dimiliki lalu pisahkan mana yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang tidak begitu dibutuhkan lagi. 

Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah memilih dan memilah barang-barang yang dimiliki. Bisa dari pakaian, gadget, koleksi sepatu, koleksi jacket , koleksi buku, koleksi jam tangan, televisi, dan berbagai macam barang lainnya. Coba perhatikan lagi mana barang yang benar-benar dibutuhkan dan selalu dipakai pisahkan dari barang yang hanya menumpuk memenuhi ruangan, jarang terpakai dan juga tak terlalu dibutuhkan.

2. Pilih barang-barang yang tidak penting dan dibutuhkan untuk dijual atau disumbangkan

Sekarang pilih barang yang terpilih masuk kategori tidak penting atau tidak dibutuhkan, nah barang ini bisa anda hadiahkan kepada teman, sumbangkan pada yang membutuhkan ataupun dijual.

3. Rapikan file di laptop atau PC serta hapus data-data yang tidak penting

Gaya hidup minimalis juga bisa dilakukan dengan menyederhanakan serta merapikan file di laptop. Tentu ini sangat cocok bagi pekerja yang pekerjaannya berhubungan dengan laptop atau PC. Terkadang laptop atau PC kita dipenuhi oleh data-data yang tidak penting dan juga file yang berantakan. Langkah yang perlu anda lakukan adalah memilih mana data yang benar-benar anda butuhkan, data tersebut di tempatkan dalam file yang rapi sementara data-data yang tidak dibutuhkan atau hanya menjadi pengganggu pekerjaan anda lebih baik dihapus.

4. Merubah kebiasaan makan dan minum

Langkah ke 4 adalah merubah kebiasaan makan, coba perhatikan bagaimana pola makan anda selama ini ? Sudahkah anda menjalankan pola makan yang sehat serta memastikan setiap yang anda makan adalah makanan yang halal dan sehat ? Atau selama ini pola makan anda masih kacau, sering makan terlambat, terlalu sering mengonsumsi fast food maupun junk food  , terlalu sering meminum minuman bersoda , jarang makan buah dan sayur.

Untuk memperbaiki hal ini anda bisa memulai dengan makan secara teratur, makan-makanan yang sehat, menghindari makanan/minuman yang tidak sehat seperti di atas dan juga menjadikan ini sebagai kebiasaan serta gaya hidup baru.

5. Mengelola waktu menjadi lebih teratur dan produktif

Terkadang kita merasa terlalu sibuk dan bahkan merasa tidak punya waktu namun disisi lain ternyata aktivitas yang dilakukan tidak produktif dan banyak waktu yang terbuang sia-sia. Mengelola waktu dengan baik adalah bagian penting dalam gaya hidup minimalis, maka hal yang perlu anda lakukan pada langkah ini adalah evaluasi bagaimana penggunaan waktu anda selama ini.

Pada dasarnya intisari dari merubah gaya hidup yang lama menjadi gaya hidup minimalis adalah sebuah perubahan kebiasaan, merubah gaya hidup dan pola hidup yang telah dilakukan bertahun-tahun atau mungkin lebih. So, mungkin saja anda akan mengalami kesulitan dalam memulainya, tapi yakinlah sulit bukan berarti tidak bisa. Akan selalu ada jalan saat ada kemauan.

Sumber foto : Pexels

 

 

Artikel Menarik Lainnya




comments