Jadi muslimah jaman sekarang, kalau tidak update dengan informasi, rasanya ketinggalan banget. Apalagi kalau gak akrab dengan media sosial. Kudet alias kurang apdet.

Diajak ngobrol tapi gak nyambung. Ditanya, gak bisa jawab. Aduh malu deh… Hidup di planet mana sih, ukhtiii?

Yuk ah, biar gak malu-maluin, simak tips di bawah ini biar jadi muslimah kekinian dan gak ketinggalan jaman.

1. Rajin Baca

Harus banget ya rajin baca ini?

Iya donk, kalau mau wawasan kita luas, membaca ini perlu jadi hobi dan kebiasaan. Koran, majalah, e-news, buku, apa saja yang bisa meng-upgrade pengetahuanmu, kudu dilahap. Asalkan yang rajin dibaca bukan gosip artis yaa… Ilmu gak dapat, dosa ghibah sudah pasti. Ngeri!

2. Rajin Silaturahim

Yang ini juga penting untuk menyambung hubungan baik. Silaturrahim di sini gak cuma di sosmed lho, tapi juga bertemu secara fisik. Sosmed memang mendekatkan jarak, tetapi juga sekaligus membuat kita tidak lagi mementingkan pertemuan secara langsung.

Ah, kan sudah kita sudah sering chatting, komen-komenan juga di facebook, path, dan lain sebagainya.

Tapi dear, tetap saja pertemuan fisik itu tak tergantikan dengan foto atau tulisan di dunia maya. Coba deh agendakan berjumpa dengan sahabat kita, sekedar janjian makan bareng, ke toko buku atau kajian keislaman dan sebagainya. Dijamin, sensasinya beda 😉 Lagipula bersilaturrahim ini juga sunnah Nabi lho..

Hayoo katanya muslimah.. Tapi kalau tak cinta sunnah… bagaimana?

3. Bergaul dengan Orang-orang Baik

Yang ini juga penting banget untuk menjaga pengaruh positif pada diri kita. Tahu kan perumpamaan kalau kita berteman dengan penjual minyak wangi, akan tertular wanginya? Sebaliknya, berteman dengan tukang besi akan tertular bau besi dan besar kemungkinan terciprat apinya. Ini menunjukkan betapa teman dan sahabat itu penting untuk dipilah dan dipilih. Duduk bersama teman yang banyak ilmu, tak suka menyiakan waktu dan selalu berpikir positif, akan menular pada kita. Duduk bersama yang suka ngomongin orang, hobi bersolek, atau sifat buruk lainnya pun akan menular. Jadi waspadalah, waspadalah…

4. Mengenal Diri serta Melejitkan Potensi

Muslimah yang keren itu tahu dimana kelebihannya, dan paham apa saja kekurangannya. Setelah itu ia akan fokus pada kelebihan, berkonsentrasi menciptakan karya dan berusaha memperbaiki dirinya terus-menerus. Sudahkah kita tahu apa saja potensi yang kita punya? Atau jangan-jangan kita merasa tidak pede dan tidak punya kelebihan sama sekali? Yuk intip muslimah-muslimah lain yang sudah eksis dengan karya-karya mereka. Mungkin ada yang potensinya menulis dan jadi kolumnis hebat, hobi bisnis dan jadi pengusaha, hobi mendesain dan jadi desainer baju muslimah, hobi bercerita dan jadi trainer handal, dan masih banyak lagi inspirasi di sekeliling kita. Buka mata, buka telinga, dan tengoklah ke dalam, lalu segeralah beraksi. Mudah-mudahan kita bisa semakin paham tentang diri kita dan bergegas menorehkan karya.

5. Rajin Menuntut Ilmu

Ilmu apa saja yang baik dan bermanfaat, tentu perlu kita kejar. Apalagi ilmu tentang agama. Jangan ngaku jadi muslimah kalau tak paham ajaran Islam. Apalagi mengaku cinta Rasul jika tak mengerti bagaimana detil kehidupannya. Nah, makin banyak PR bukan?

Mengasah kompetensi juga perlu kita tekuni lho. Begitu juga keterampilan yang bermanfaat untuk kehidupan kita. Buatlah daftar dari sekarang tentang wawasan apa saja yang perlu kita tingkatkan, juga skill-skill apa saja yang ingin kita kuasai.  Setelah itu carilah cara bagaimana mempelajarinya. Hitung berapa biaya yang dibutuhkan dan rencanakan kapan kita akan melakukannya. Kalau sudah begini tak akan ada waktu terbuang sia-sia karena kita terus sibuk dalam kebaikan, insya Allah.

 

So, apakah sekarang sudah semakin mantap? Yang paling penting setelah membaca artikel ini adalah mengamalkannya segera, supaya apa yang sudah dipahami bisa merealita. Percuma donk kalau sudah paham tapi tak ambil langkah tuk mewujudkan. Karena semua ini hanya akan jadi pengetahuan dan wacana tanpa pembuktian.

Ayo jadi muslimah keren yang bikin ummat bangga!

Artikel Menarik Lainnya




comments