Rumahku adalah syurgaku, saat rumah tak hanya menjadi tempat tinggal namun juga tempat yang menyatukan hati-hati para penghuninya untuk menjadi lebih taat dan takwa pada Allah SWT. Rumah yang tak hanya tempat berlindung diri dari panas dan hujan namun juga rumah yang begitu menenangkan dan menyejukkan hati para penghuninya.

Rumahku adalah syurgaku, sebuah cita-cita dan harapan setiap para penghuni rumah dan yang lebih terkhusus tentu untuk para istri dan para suami yang menjadi penggerah dan pemegang peran utama dalam sebuah rumah. Setiap pasangan suami istri tentu berharap rumahnya menjadi syurga bagi keluarganya, rumah yang memancarkan cahaya kedamaian dan ketentraman. Rumahku adalah syurgaku, dirasakan tak hanya oleh para penghuninya namun juga memancarkan cahaya syurga pada orang-orang sekitarnya termasuk para tetangganya.

Untuk mewujudkan impian setiap pasangan maupun keluarga menjadikan rumahku adalah syurgaku tentu membutuhkan niat, cita-cita, do’a dan tentu juga usaha nyata. Salah satu ikhtiar yang dilakukan adalah dengan menghindari hal-hal yang akan menjauhkan keluarga kita dari impian rumahku adalah syurgaku. Berikut adalah 7 hal yang mesti dihindari agar “Rumahku Syurgaku” terwujud.

1. Rumah tanpa lantunan ayat suci Al-qur’an

Hal pertama yang mesti dihindari adalah kesunyian rumah kita dari lantunan ayat suci Al-qur’an. Salah satu karakter rumahku adalah syurgaku adalah rumah yang selalu ramai oleh lantunan ayat suci Al-quran. Setiap penghuninya menjadikan membaca ayat suci Al-quran adalah sebuah rutinitas setiap hari.

2. Hindari rumah dari nyanyian atau lagu-lagu yang mengundang/mengajak maksiat

Beberapa jumhur ulama sepakat kalau musik sepaket dengan nyanyi-nyanyiannya adalah haram, sementara sebagian ulama lainnya hanya melarang nyanyian yang melalaikan dan menjauhkan diri kita dari ketaatan pada Allah SWT. Terlepas dari dua perbedaan pendapat para ulama ini ternyata menurut ilmu psikologi setiap yang kita dengar memberi pengaruh terhadap pikiran, ucapan, tindakan kita. Artinya musik-musik serta nyanyian yang kita dengar memiliki dampak terhadap kehidupan kita baik dunia maupun akhirat.

Tentu saat telinga kita sering mendengar nyanyian yang isi bait-baitnya mengundang atau mengajak pada maksiat, bait-bait nyanyi yang melalaikan serta melenakan tentu akan mempengaruhi pikiran dan hati kita hingga membuat pendengarnya menjadi ikutan lalai.

3. Hindari rumah dari berbagai aktivitas maksiat 

Rumah yang di dalamnya sering terjadi aktivitas maksiat tentu akan semakin menjauhkan penghuninya dari ketenangan serta kedamaian sehingga cita-cita rumahku adalah syurgaku menjadi hal sulit untuk diraih. Contoh aktivitas-aktivitas maksiat yang mungkin saja terjadi adalah bercampur baurnya laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya, aktivitas perjudian, aktivitas perdukunan, transaksi-transaksi keuangan riba dan berbagai aktivitas yang Allah tidak ridhoi.

4. Hindari adanya patung di dalam rumah

Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya malaikat rahmat tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya terdapat patung.” (H.R Bukhari)

Patung adalah salah satu simbol-simbol kejahiliyahan, Rasulullah melarang kita setiap umat Islam untuk memajang patung di dalam rumah. Patung pemutus keberkahan dari Allah SWT karena kata Rasulullah SAW malaikat rahmat tidak akan masuk ke rumah yang di dalamnya termasuk juga lingkungannya seperti taman terdapat patung.

5. Hindari memelihara anjing di rumah maupun lingkungan rumah

Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa memelihara anjing kecuali untuk berburu, menjaga tanaman, atau ternak maka pahala kebaikannya berkurang satu qirath setiap harinya” (H.R Bukhari)

Rasulullah mengingatkan kita untuk tidak memelihara anjing kecuali untuk keperluan berburu, menjaga tanaman, atau ternak. Jadi jika memelihara anjing hanya untuk sekedar hobi atau selain keperluan yang tertera dalam hadist akan mengurangi pahala kita yang tentu juga sebagai salah satu hal yang dihindari agar cita-cita rumahku adalah syurgaku terwujud.

6. Hindari rumah dari pertengkaran dan juga penuh caci maki

Hal ke-enam yang juga mesti dihindari adalah kondisi rumah yang para penghuninya selalu bertengkar, penuh kebencian serta selalu diwarnai caci makian. Suami yang selalu bertengkar dengan istri, orang tua yang selalu mencaci maki dan memarahi anak-anaknya secara berlebihan serta rumah yang didalamnya selalu muncul berbagai macam penyakit hati seperti buruk sangka, dendam, dengki, dan iri hati.

7. Hindari rumah yang tidak peduli akan kondisi tetangganya

Saat hidup bermasyarakat maka tetangga adalah saudara yang harus kita pedulikan, membangun hubungan baik dengan setiap tetangga kita. Memiliki tetangga yang shaleh/shaleha, baik hati dan ramah adalah salah satu karunia dari Allah SWT. Maka sudah semestinya jika ingin mewujudkan impian rumahku adalah syurgaku maka menjaga hubungan baik dengan tetangga adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan.

Itulah 7 hal yang mesti dihindari agar impian rumahku adalah syurgaku terwujud, tentu kita berharap rumah kita tak hanya menjadi syurga dunia namun juga menjadi syurga hingga akhirat kelak.

Sumber foto : gugundesign.wordpress.com

Artikel Menarik Lainnya




comments