Masa menyusui merupakan masa menyenangkan sekaligus masa perjuangan bagi para ibu, karena pada masa inilah ibu dituntut untuk memberikan nutrisi terbaik bagi buah hatinya. Air susu ibu (ASI) memang merupakan nutrisi terbaik bagi bayi, dengan syarat ibu harus mengonsumsi makanan yang bergizi pula. Kandungan ASI merupakan saripati makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Oleh karena itu, ibu harus memerhatikan makanan yang dikonsumsinya. Berikut adalah 7 makanan sehat untuk ibu menyusui yang bisa Anda coba:

1. Pisang

Pisang

Pisang / Elmina / www.keripikpisangzanana.com

Pisang merupakan salah satu buah yang dianjurkan dikonsumsi oleh ibu menyusui. Kandungan asam folat yang terkandung di dalam pisang dapat membantu meningkatkan perkembangan otak bayi sehingga kelak bayi dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas. Selain asam folat, pisang juga mengandung zat Kalsium. Kalsium merupakan zat penyusun struktur tulang dan gigi sehingga jika ibu banyak mengonsumsi pisang maka pertumbuhan tulang dan gigi bayinya akan lebih optimal karena kebutuhan kalsiumnya terpenuhi.

2. Ikan Salmon

Ikan Salmon

Ikan Salmon / Elmina / www.rumahnugget.com

Ikan Salmon merupakan ikan terbaik yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui. Ikan Salmon mengandung DHA yang sangat baik bagi perkembangan saraf dan otak bayi. Selain dapat menstimulasi kecerdasan dan perkembangan saraf pada bayi, kandungan DHA yang terdapat di dalamnya dapat membantu memperbaiki mood ibu, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya baby blues syndrome pada ibu.

3. Kacang Hijau

Kacang Hijau

Kacang Hijau / Elmina / www.shareoftravel.com

Kacang hijau merupakan makanan yang sangat baik bagi ibu hamil maupun ibu menyusui. Kandungan yang terdapat di dalam kacang hijau antara lain: asam amino, zat besi, dan vitamin B kompleks. Asam amino dan vitamin B kompleks dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang balita, sedangkan zat besi yang terkandung di dalamnya dapat membantu ibu terhindar dari penyakit anemia. Kacang hijau juga dipercaya dapat menebalkan rambut bayi karena kandungan asam amino yang cukup tinggi di dalamnya.

4. Sayur

Sayur

Sayur / Elmina / www.nuga.co

Ibu menyusui harus banyak mengonsumsi sayuran hijau agar produksi ASI-nya tetap banyak. Beberapa sayuran hijau yang direkomendasikan untuk ibu menyusui adalah sayur sawi, bayam, dan daun katuk. Menurut berbagai penelitian ilmiah, daun katuk disebutkan dapat membantu meningkatkan produksi dan kelancaran ASI.

5. Jeruk

Jeruk

Jeruk / Elmina / www.bibitbunga.com

Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan anti oksidan. Vitamin C dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh ibu maupun bayi, sedangkan anti oksidan dapat membantu menangkal radikal bebas, sehingga ibu dan bayi tidak mudah sakit. Jeruk juga mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga dapat memperbanyak jumlah produksi ASI.

6. Daging

Daging

Daging / Elmina / www.seputarfitnes.com

Daging merupakan sumber protein hewani yang baik dan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Kandungan protein yang terdapat di dalam daging sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi. Daging yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah daging tanpa lemak.

7. Susu dan Yoghurt

Susu dan Yoghurt

Susu dan Yoghurt / Elmina / www.lifestyle.okezone.com

Susu merupakan sumber protein hewani lainnya selain daging. Susu sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Selain susu produk turunan susu seperti yoghurt juga bermanfaat bagi ibu menyusui. Yoghurt mengandung probiotik yang mampu meningkatkan fungsi pencernaan pada ibu dan bayi. Jika ibu kurang suka terhadap rasa yoghurt yang cenderung terasa masam, ibu bisa mengombinasikannya dengan buah dalam bentuk salad, sehingga rasa yoghurt yang masam tersebut dapat terdistraksi oleh rasa manis yang berasal dari buah.

Demikian sekilas tentang 7 makanan sehat untuk ibu menyusui yang bisa Anda coba. Selamat mencoba. Happy breast feeding.

Meta description: 7 makanan sehat untuk ibu menyusui. Simak ulasannya.

Keyword: makanan sehat untuk ibu menyusui

Artikel Menarik Lainnya




comments