Asam folat adalah nama lain dari Vitamin B9 yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Vitamin ini mampu membuat jantung bekerja dengan baik, gangguan stroke pada orang tua pun juga bisa dicegah. Kemampuan lain yang sangat hebat dari asam folat adalah membantu perkembangan bayi dalam kandungan. Dengan asupan asam folat yang seimbang, bayi yang lahir akan bebas cacat saraf hingga gangguan mental. Itulah mengapa, saat hamil seorang wanita wajib mengonsumsi makanan sehat yang mengandung asam folat tinggi.

Berikut daftar makanan yang mengandung asam folat tinggi:

1. Bayam

Bayam

Bayam / Elmina / www.ibudanbalita.com

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang banyak sekali mengandung asam folat tinggi. Selain itu, bayam juga mengandung zat besi yang baik sekali bagi darah. Mengonsumsi bayam selama hamil akan membuat cacat lahir bisa dihindari. Untuk ibu hamil atau siapa saja yang mengalami anemia, bayam adalah sayuran yang tepat agar Anda selalu sehat.

2. Brokoli

Brokoli

Brokoli / Elmina / www.infojajan.com

Kebanyakan orang tidak menyukai sayuran yang mirip bunga kol tapi berwarna hijau ini. Padahal kandungan asam folat dalam brokoli cukup besar. Selain asam folat, brokoli juga mengandung banyak sekali kalsium yang baik untuk tulang. Vitamin C juga terkandung dalam sayuran hijau ini, hingga baik untuk daya tahan tubuh. Untuk Anda yang punya kelesterol tinggi dalam darah, brokoli bisa membantu menurunkannya.

3. Asparagus

Asparagus

Asparagus / Elmina / www.graciebarra.com

Selama kehamilan, seorang ibu dianjurkan untuk mendapatkan asupan asam folat hingga 400 mikrogram setiap harinya. Asparagus adalah sayuran super yang setiap 100 gramnya mengandung sekitar 130 mikrogram asam folat murni. Jadi dengan mengonsumsi asparagus, kebutuhan asam folat harian Anda bisa segera dicukupi. Asaparagus juga mengandung beta karoten, Vitamin C, dan Vitamin E.

4. Bit Merah

Bit Merah

Bit Merah / Elmina / www.seputaraceh.com

Bit merah adalah sejenis umbi yang di dalamnya mengandung banyak sekali gizi. Asam folat terkandung lumayan banyak, bahkan nyaris sama dengan asparagus. Selain itu, bit merah juga mengandung Vitamin A, zat besi, dan anti oksidan. Bit merah baik sekali dikonsumsi saat trimester pertama kehamilan agar tumbuh kembang janin berjalan dengan baik.

5. Kacang Polong

Kacang Polong

Kacang Polong / Elmina / www.peterparkerblog.com

Kacang polong baik sekali dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Setiap 100 gram kacang polong mengandung 63 mikrogram asam folat. Artinya, hampir 15% kebutuhan asam folat harian langsung tercukupi. Mengonsumsi kacang polong akan membantu mencegah cacat tulang belakang pada bayi saat dilahirkan.

5. Kacang Tanah

Kacang Tanah

Kacang Tanah / Elmina / www.mytjendrawasih.com

Kacang tanah tak hanya mengandung asam folat yang tinggi. Protein, magnesium, dan juga lemak terdapat dalam kacang yang paling mudah didapat di Indonesia ini. Mengonsumsi kacang tanah secara seimbang akan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi seorang ibu selama masa kehamilannya. Namun harap diingat ya, kacang tanah memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Jangan sampai makan kebanyakan jika tidak ingin lemak terbentuk dan mengganggu persalinan.

6. Hati Ayam

Hati Ayam

Hati Ayam / Elmina / www.bango.com

Jangan sepelekan hati ayam meski sangat kecil. Setiap 100 gram hati ayam mengandung lebih dari 500 mikrogram asam folat. Artinya, dengan hanya mengonsumsi hati ayam saja, kebutuhan asam folat untuk ibu hamil bisa dicukupi. Selain asam folat, hati ayam juga banyak sekali mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan bayi di dalam kandungan.

Itulah tujuh makanan sehat yang mengandung asam folat tinggi. Semoga setelah membaca ini Anda akan paham dan bisa mencukupi kebutuhan asam folat harian, terutama saat hamil.

Artikel Menarik Lainnya




comments