Selingkuh adalah satu dari sekian penyebab robohnya mahligai rumah tangga. Tak sedikit persoalan ini menyebabkan perceraian.

Banyak hal menjadi penyebab terjadi perselingkuhan seperti laki-laki yang mungkin tak menemukan kepuasan dari istrinya atau juga mungkin istri yang tak mendapatkan kenyamanan bersama suami. Apapun alasannya perselingkuhan harus kita hindari, diantisapi sebelum terjadi. Berikut adalah 7 tips menghindari terjadinya perselingkuhan dalam rumah tangga.

1. Jadikan ketaatan dan ketakwaan sebagai pondasi utama dalam membangun rumah tangga

Sebagai umat muslim tentu kita memiliki pedoman hidup yang memberikan tuntunan pada setiap aspek kehidupan termasuk juga bagaimana membangun rumah tangga. Al-qur’an dan sunnah adalah panduannya, disini ada tuntunan bagaimana semestinya hidup berumah tangga dan juga apa yang harus dihindari. Saat seorang muslim atau muslimah menjadikan Al-qur’an dan sunnah sebagai panduan hidupnya InsyaAllah mereka akan terhindar dari perselingkuhan.

Solusi utama untuk menghindari terjadinya perselingkuhan tentu dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Allah SWT. Serta menjadikan ini sebagai pondasi utama dalam setiap gerak membangun rumah tangga.

2. Suami menjaga adab-adab pergaulan dengan lawan jenis saat di luar rumah

Terlalu bebasnya pergaulan dengan lawan jenis menjadi celah tersendiri bagi terjadinya perselingkuhan. Mungkin pada awalnya tidak ada niat untuk berselingkuh, awalnya hanya bercanda, lama-lama akrab, semakin dekat, saling curhat hingga terjalin hubungan spesial. Untuk itu setiap laki-laki yang sudah menikah menjaga adab-adab pergaulan dengan lawan jenis. Tidak bercanda berlebihan, tidak melakukan curhat pada lawan jenis, tidak berdua-duaan serta menghindari hal-hal lainnya yang memungkinkan terjadinya hubungan terlarang ini.

3. Istri menjaga adab -adab pergaulan dengan lawan jenis saat tak bersama suami

Tak hanya suami, begitu juga dengan istri menjaga pergaulan dengan laki-laki lain. Dalam Islam jelas tuntunannya seorang wanita tidak boleh menerima laki-laki lain saat suaminya tidak di rumah. Di era digital ini perselingkuhan sering juga terjadi berawal dari chatting-an di media sosial. Mungkin pada awalnya hanya bertegur sapa lama-lama semakin dekat dan akrab. Untuk itu diperlukan seorang istri menjaga dirinya dari hal-hal yang akan merusak hubungan rumah tangganya baik di dunia nyata maupun dunia maya.

4. Jika ada sesuatu yang mengganjal di hati bicaralah secara terbuka

Suami sibuk, istrik juga sibuk sehingga tidak punya waktu untuk duduk bersama saling bicara dan mendengarkan. Sehingga saat terjadi masalah, saat ada tak setuju di hati akhirnya dipendam sendiri. Tentu hal seperti ini melelahkan hati, badan dan pikiran. Ini bisa menjadi cela selingkuh jika di saat-saat seperti ini muncul orang ketiga bak pahlawan, ia hadir untuk menemani, untuk mendengarkan dan memberikan masukan. Jadilah perselingkuhan.

So, sebagai solusinya seberapapun sibuknya seorang suami dia tetap punya tanggung jawab untuk jadi pendengar yang baik bagi istrinya. Begitu juga bagi seorang istri seberapapun capeknya bekerja baik di luar atau di rumah dia tetap punya kewajiban membersamai suaminya. Jadilah pendengar yang baik bagi pasangan kita, bicaralah secara terbuka dan apa adanya.

5. Selalu segarkan cinta dalam kehidupan rumah tangga

Ibarat tanaman cinta itu butuh siraman agar tak layu, dia juga butuh pupuk agar selalu tumbuh subur. Lamanya usia pernikahan terkadang menimbulkan kebosanan sehingga mengikis rasa cinta pada pasangan. Saat inilah cinta butuh penyegaran, saat ini cinta perlu dipupuk.

Banyak hal bisa dilakukan seperti meluangkan satu hari dalam sebulan untuk pergi berdua, makan berdua dan menikmati malam berdua di suatu tempat yang indah. Dalam keseharian tampillah bersih, wangi, rapi dan menarik di hadapan pasangan.

6. Jika terjadi konflik segera selesaikan dan temukan solusinya

Konflik tentu satu hal yang tak bisa dihindari dalam kehidupan rumah tangga. Namun kita bisa memberikan respon yang baik untuk setiap konflik agar ini tidak merusak hubungan pernikahan. Mengalah, menghindari perdebatan, lebih banyak mendengarkan serta meminta maaf terlebih dahulu adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghentikan konflik.

7. Tumbuhkan rasa saling percaya pada pasangan

Dan, yang terakhir bangun rasa saling percaya pada pasangan. Percayalah kalau pasangan anda adalah pilihan terbaik dari Allah. Percayalah kalau pasangan anda sangat mencintai anda dan percayalah kalau pasangan anda tidak akan mengkhianti cintanya pada anda. Sebab anda tau kalau pasangan anda adalah pribadi yang taat dan takut pada Allah SWT.

Itulah 7 tips menghindari terjadinya perselingkuhan dalam kehidupan rumah tangga. Sebaik-baiknya penjagaan kita terhadap pasangan tentu jauh lebih baik penjagaan Allah SWT. Untuk itu mari perbanyak do’a agar Allah menjaga diri kita dan pasangan kita dari aktivitas yang Allah murkai ini.

Artikel Menarik Lainnya




comments