Hamil bukanlah perkara mudah, meski bisa dialami oleh hampir semua wanita di dunia. Saat hamil, calon ibu harus bisa menjaga calon bayi yang ada di dalam rahimnya dengan baik. Jika hal ini tak bisa dilakukan dengan baik, maka calon bayi bisa mengalami gangguan selama kehamilan. Yang terparah, calon bayi bisa gugur dan tak bisa melanjutkan kehidupannya di dunia. Untuk mengatasi hal mengerikan seperti itu, perhatikanlah beberapa tips menjaga kehamilan di bawah ini!

1. Tidak Melakukan Aktivitas Berat

Ibu hamil sebisa mungkin tidak boleh melakukan aktivitas berat saat kehamilan berlangsung, terutama pada trimester pertama. Lakukan aktivitas ringan saja, seperti memasak, membersihkan rumah seperti biasa. Hindari kegiatan olahraga seperti berlari, angkat beban, hingga aktivitas luar ruangan ekstrem lainnya. Selama kehamilan, Anda tidak bisa terlalu cepek karena akan mengganggu kesehatan. Jika hal itu terjadi, maka janin pun akan terkena dampaknya.

2. Menjaga Asupan Nutrisi bagi Tubuh

Selama hamil, konsumsilah makanan-makanan yang banyak sekali mengandung nutrisi. Penuhi semua kebutuhan nutrisi harian yang Anda butuhkan. Jika hal ini telah Anda lakukan, maka secara tidak langsung nutrisi yang dialirkan ke calon bayi juga akan bagus. Tumbuh kembang janin di dalam rahim akan berjalan dengan lancar, hingga saat lahir ia akan menyongsong dunia dalam keadaan sehat.

3. Tidak Melakukan Hal-Hal Negatif

Selama kehamilan, sebaiknya Anda tidak melakukan aktivitas negatif seperti merokok atau berada di dekat orang yang merokok, karena hal itu akan membuat janin Anda tumbuh tak sehat. Selain itu juga, hindarilah mengonsumsi minuman keras, karena akan membuat janin Anda turut menerima zat berbahaya untuk tumbuh kembangnya. Apa yang Anda makan dan minum adalah hal yang akan diterima janin di dalam kandungan Anda. Jadi selama Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang baik, maka janin pun akan selalu sehat dan tumbuh dengan pesat.

4. Menjaga Diri agar Jangan Sampai Stres

Hindari hal-hal yang akan membuat Anda menjadi stres. Sebisa mungkin jangan terlibat dengan masalah yang terlalu berat. Stres secara tidak langsung akan membuat hormon di dalam tubuh Anda menjadi tidak normal. Akibatnya janin dalam kandungan akan menerima dampaknya. Untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, lebih baik Anda selalu melakukan semacam meditasi atau hal-hal yang akan membuat pikiran menjadi tenang.

5. Memeriksakan Kehamilan dengan Rutin

Memeriksakan Kehamilan dengan Rutin

Memeriksakan Kehamilan dengan Rutin / Elmina / Pinterest

Mengunjungi dokter kandungan saat hamil adalah hal yang sangat wajib Anda lakukan. Dengan rutin memeriksakan kandungan ,maka hal-hal negatif yang berpengaruh pada janin akan bisa dihindari. Dokter akan memberi tahu Anda apa saja yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan semasa hamil. Selama hamil, sebisa mungkin Anda memeriksakan kehamilan dengan rutin, paling tidak sebulan sekali, agar segala risiko buruk bisa dihindari.

6. Tidak Terlalu Heboh saat Berhubungan Badan

Beberapa dokter memperbolehkan Anda berhubungan badan saat hamil. Namun akan lebih baik jika hubungan suami istri ini dilakukan dengan tidak terlalu heboh, terutama pada trimester pertama kehamilan, karena guncangan yang terlalu heboh saat berhubungan badan dikhawatirkan akan mengganggu janin.

7. Mengonsumsi Suplemen

Konsumsilah suplemen yang baik untuk ibu hamil. Namun konsumsi ini hanya opsional saja. Jika Anda sudah bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian, maka hal ini bisa ditinggalkan. Namun jika Anda sering muntah dan nutrisi susah masuk, suplemen adalah jalan yang tepat.

Semoga tujuh tips menjaga kehamilan di atas bisa membantu Anda selama mengandung. Semoga bermanfaat untuk kita semua!

Artikel Menarik Lainnya




comments