Sungguh kebahagiaan tersendiri tentunya bagi seorang ibu jika Allah karuniakan anak laki-laki. Anak laki-laki istimewa tentu karena dia diciptakan sebagai pemimpin, penerus generasi keturunan dan pelindung. Suatu saat setelah dewasa dia akan dilepas untuk menjadi suami bagi wanita lain, jika dia masih memiliki kakak atau adik perempuan dia juga bertanggung jawab atas kakak dan adiknya, begitu juga dia bertanggung jawab atas ibunya serta saat dia memiliki anak perempuan yang juga menjadi tanggung jawabnya. Setidaknya seorang laki-laki memiliki tanggung jawab pada 4 wanita dalam lingkar dirinya.

Karena amanahnya cukup besar, tanggungannya cukup berat maka anak laki-laki mesti dipersiapkan sejak kecil agar mampu menjalani peran dengan sebaik-baiknya saat dia telah dewasa nanti. Berikut adalah 8 nasihat penting yang perlu ibu sampaikan pada anak laki-lakinya.

1. Cintailah Allah dan Rasulnya sebagai cinta pertama dan utama

“Nak, cintailah Allah sebagai cinta pertamamu lalu cintai Rasulullah. Setelah itu baru ayah ibumu. Jika kau ingin mencintai sesuatu pastikan itu adalah sebuah bentuk kamu mencintai Allah SWT” -Nasihat ibu-

Saat dewasa nanti anak kita tentu akan menemui beragam tantangan dalam hidupnya. Maka mencintai Allah dan Rasulnya sebagai cintanya yang pertama adalah sebuah konsep hidup baginya. Cinta pada Allah dan Rasulnya akan jadi tameng diri baginya saat tergiur berbuat keburukan serta juga akan menjadi motor yang menggerakkan dirinya untuk terus berbuat kebaikan.

Saat cintanya pada Allah dan Rasulnya sudah menjadi cinta yang pertama maka dia dengan sendirinya akan mengenali yang dicintainya serta menjalankan setiap tuntunannya sebagai pedoman dalam hidup.

2. Hargai, hormati dan lindungilah wanita

“Nak jika kamu benar mencintai ibu maka hargailah setiap wanita sebagaimana kamu menghargai ibu…hormati setiap wanita sebagaimana kamu menghormati ibu…dan lindungi setiap wanita sebagaimana kamu melindungi ibu…semua wanita itu sama nak. Seperti ibumu” -Nasihat ibu- 

Jika kita lihat apa penyebab menetesnya air mata seorang wanita, maka penyebab terbanyaknya adalah karena laki-laki. Entah itu karena diputusin, dikhianati , di renggut kehormatannya saat menjadi pacarnya. Serta juga  dipukuli dan ditelantarkan saat menjadi istri.

Disinilah peran penting ibu menanamkan bagaimana semestinya seorang laki-laki bersikap terhadap wanita. Agar dia bisa menjaga dan membahagiakan setiap wanitanya.

3. Jadilah sumber kebaikan

“Nak.. Nabi kita berpesan sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia..Sebab itu nak..jadilah dirimu bermanfaat bagi sesama..” – Nasihat Ibu-

Saat anak laki-laki menjadi sumber kebaikan yang selalu menebar manfaat bagi sekitarnya tentu jadi kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu.

4. Mandirilah semenjak dini

“Nak..suatu saat nanti kamu akan jadi tulang punggung keluarga. Keluargamu nanti, mungkin juga keluarga ini. Jadilah mandiri semenjak dini” -Nasihat ibu-

Jika kita mengacu pada kehidupan Rasulullah SAW maka semestinya kita sudah melatih anak kita untuk mandiri dengan punya penghasilan sendiri semenjak usia 8 tahun. Sebab Rasulullah SAW telah punya penghasilan sendiri sejak usia 8 tahun dengan menjadi penggembala, lanjut hingga nanti menjadi pedagang.

Salah satu permasalahan terberat negeri ini adalah sulitnya mencari lapangan pekerjaan, tidak hanya untuk yang berpendidikan rendah, bagi mereka yang bergelar sarjana juga mengalami kesulitan. Untuk itu kita sebagai orang tua perlu mendidik anak untuk mandiri semenjak dini, belajar memiliki penghasilan sendiri dari berbagai jalan seperti berdagang, berkarya, magang dan lain sebagainya.

5. Jangan jadi laki-laki cengeng

“Nak…Tak ada larangan menangis bagi seorang laki-laki, bahkan menangis juga tanda kesatria. Tapi pastikan kamu tidak menangis karena lelah, kalah atau ditinggal pergi wanita yang tak mau bersama denganmu” -Nasihat Ibu-

Sebagai seorang laki-laki anak kita harus tegar, tidak cengeng dan mudah terbawa perasaan. Hal ini akan berdampak pada kualitas hidupnya serta bagaimana dia membangun hubungan setelah dewasa nanti.

6. Jadilah laki-laki yang tangguh, jangan mudah menyerah

“Nak..Jadilah seperti karang dilautan yang tak goyah dihempas oleh terpaan ombak..Jadilah seperti gunung yang tetap kokoh meski diterpa angin badai..Jadilah seperti matahari yang tak pernah lelah bahkan berhenti sejenakpun untuk menerangi. Karena kamu lelaki” -Nasihat Ibu-

Sebagai seorang anak yang akan menjadi tulang punggung bagi keluarganya kelak seorang anak laki-laki harus tangguh. Berani mencoba, tidak takut gagal dan tidak mudah menyerah.

7. Miliki prinsip hidup yang benar

“Nak..Perjalanan hidupmu akan panjang..Ujian hidupmu akan berat. Kuatkan dirimu..Miliki prinsip yang benar.” -Nasihat Ibu-

Prinsip yang benar penting dimiliki oleh setiap anak laki-laki agar dia tak mudah goyah serta ikut-ikutan melakukan hal-hal yang bertentangan dengan kebenaran.

8. Disiplin dan produktiflah dalam menggunakan waktu

“Nak..Kalau kamu tak punya kekayaan harta berupa emas dan perak tetaplah bersyukur. Sebab kamu memiliki sesuatu yang jauh lebih berharga dari itu. Itulah waktu” -Nasihat ibu-

Nasihat berharga yang juga sangat perlu ibu sampaikan pada anak laki-lakinya adalah tentang mengelola waktu dengan baik, hidup teratur dan produktif memanfaatkan waktu. Tentu juga setali dengan mengingatkan anak akan hal-hal mubazir yang membuat waktu terbuang sia-sia.

Sumber foto : pexels.com

Artikel Menarik Lainnya




comments