Sudah berapa tahun usia pernikahan anda ? Adakah anda merasakan kebahagiaan selama pernikahan ? Atau  malah bingung sendiri dengan pernikahan anda. Berikut kami sajikan 8 tanda pernikahan bahagia, jika 8 hal di bawah ini anda rasakan boleh jadi pernikahan anda sudah bahagia.

1. Saling merindukan saat tak bersama

Mawaddah atau cinta yang menggebu-gebu adalah salah satu tanda dari pernikahan bahagia. Saling merindukan saat tak bersama. Biasanya saat tak bersama akan selalu berusaha untuk menghubungi pasangannya entah saling mengabarkan kondisi masing-masing, saling mengingatkan untuk beribadah ataupun makan dan saling bercanda.

2. Saling memahami dan menerima kekurangan pasangan

Saat anda memutuskan siap menikahi seseorang maka secara tak lansung anda juga siap menerima segala hal dalam dirinya, baik itu kekurangan dan juga kelebihannya. Manusia tentu tak ada yang sempurna pasti memiliki kekurangan, pernikahan bahagia adalah saat anda merasa tak masalah dengan kekurangan pasangan. Anda bisa menerimanya dan secara pelan perlahan menemani pasangan untuk berubah ke arah yang lebih baik.

3. Jika terjadi perselelisihan akan reda dalam waktu hitungan menit

Perselisihan, perbedaan pendapat dan konflik tentu hal yang tak bisa dielakkan dalam kehidupan rumah tangga. Dengan arti kata ini adalah sebuah kepastian, tinggal bagaimana kita menyikapi konflik yang terjadi ? Apakah menjadi konflik yang berlarut-larut ? Dendam pada pasangan ? Pisah ranjang ? Keluar kata-kata talak hingga perceraian atau bersabar dan berusaha memperbaikinya kembali.

Nah, salah satu pernikahan yang bahagia menganggap konflik sebagai penyedap dalam kehidupan rumah tangganya. Jika terjadi konflik mereka cepat-cepat menyadari dan baikan kembali bahkan dalam hitungan menit.

4. Selalu melakukan diskusi dulu sebelum mengambil suatu keputusan

Salah satu hal seru dalam pernikahan adalah saat diskusi, mendengarkan pendapat dan memberikan masukan pasangan. Salah satu tanda kehidupan pernikahan yang bahagia adalah adanya budaya diskusi dalam berbagai hal, keputusan diambil bersama tidak hanya sepihak.

5. Saling meringankan beban pasangan

Tanda ke lima adalah saling meringankan beban pasangan. Ringan tangan untuk saling membantu, istri tak keberatan untuk membantu pekerjaan suami yang bisa dikerjakannya begitu juga dengan suami dengan senang hati membantu menyelesaikan tugas istri seperti membantu menyetrika, memasak, mencuci dan lain sebagainya.

6. Saling terbuka dengan pasangan 

Tidak ada rahasia-rahasiaan, saling terbuka inilah tanda pernikahan bahagia yang ke-enam. Kebayangkan bagaimana jadinya jika suami dan istri masing-masing punya rahasia. Suami merahasiakan segala komunikasinya di sosial media dan gagdet begitu juga dengan istri. Tak hanya soal komunikasi begitu juga dengan hal lain seperti ketika ada masalah, ada yang mengganjal di hati dan lain sebagainya. So, selalulah untuk saling terbuka dengan pasangan.

7. Selalu merasakan ketenangan saat bersama

Sakinah, maknanya adalah ketenangan. Selalu merasakan ketenangan saat bersama dengan pasangan inilah tanda pernikahan bahagia yang ke tujuh. Indikatornya tentu jarang konflik, selalu mudah untuk saling memahami atau mengalah saat terjadi perbedaan pendapat serta memiliki ide-ide keren saat bersama.

8. Mudah mengucapkan kata cinta, maaf dan terimakasih pada pasangan

Dan yang terakhir adalah mudah mengucapkan 3 kata keramat. Yang pertama adalah cinta. Mengucapkan kata “Aku mencintaimu” pada pasangan adalah salah kebahagiaan tersendiri bagi mereka yang benar-benar mencintai pasangannya. Yang kedua adalah maaf, tak perlu enggan, sungkan, malu saat melakukan kesalahan segera mengakui kesalahan dan meminta maaf pada pasangan. Dan yang ketiga adalah terimakasih, sekecil atau sesederhana apapun kebaikan yang dilakukan oleh pasangan kita berikanlah apresiasi dengan mengucapkan terimakasih.

Itulah 8 tanda pernikahan bahagia, jika anda belum menemukan atau merasakan semua tanda diatas dalam pernikahan anda. Maka anda punya selalu punya kesempatan untuk mulai menciptakan tanda-tanda tersebut dalam pernikahan anda. Bahagia itu pilihan, termasuk juga dalam pernikahan maka pilihlah untuk menjadikan pernikahan anda bahagia.

Sumber foto : showbiz.liputan6.com

Artikel Menarik Lainnya




comments