Rasulullah Saw bersabda :

“….Seorang mukmin yang kuat lebih Allah sukai daripada mukmin yang lemah, meskipun kedua-duanya sama-sama menyimpan kebaikan.”
(HR.Muslim)

Jasmani dan fisik adalah satu hal yang tidak boleh diabaikan. Generasi muslim yang baik tentu memiliki kesehatan jasmani yang baik juga. Untuk itu Islam juga memperhatikan persoalan ini. Rasulullah Saw pun mengingatkan kita agar mengajarkan anak berenang, berkuda dan memanah. Yang mana ketiga-tiganya adalah aktivitas fisik.

Akidah yang lurus dan benar, hati yang bersih, otak yang cemerlang serta fisik yang kuat dan sehat adalah gambaran ideal seorang muslim sejati. Suatu ketika Rasulullah pernah bertanya pada seorang sahabatnya, “Kenapa kulihat badanmu kurus?”

Ia menjawab, “Wahai Rasulullah, saya tidak makan apa-apa disiang hari. Saya hanya makan di malam hari.”

“Siapa yang menyuruhmu menyiksa diri ?” Tukas Rasulullah Saw. (HR. Ibnu Majah)

Rasulullah Saw mendorong agar umatnya agar memiliki fisik yang kuat, tidak mudah sakit, dan tidak mudah lelah. Untuk itulah penting bagi setiap orang tua untuk melatih fisik anaknya agar menjadi anak yang kuat dan menjaga kesehatan anak sedari kecil.

Untuk mencapi harapan menjadi muslim ideal dengan tubuh sehat dan kuat tentu dibutuhkan kebiasaan-kebiasaan yang baik . Beberapa diantara kebiasaan itu antara lain.

Membiasakan anak hidup sehat

Tubuh yang sehat berawal dari kebiasaan hidup sehat, begitu juga tubuh yang lemah dan rentan penyakit disebabkan oleh kebiasaan hidup yang buruk. Berikut adalah beberapa pola hidup sehat yang perlu orang tua ajarkan pada anak-anaknya.

  1. Bangun pagi Bangun pagi adalah pola hidup sehat, bahkan banyak diantara orang-orang hebat dunia meskipun tidak beragama islam mereka membiasakan bangun pagi sebagai pola hidup sehat mereka. Bagi kita umat muslim bangun di pagi hari selain menyehatkan juga memiliki banyak keutamaan seperti shalat sunnah fajr, shalat subuh di awal waktu, dan dzikir pagi dan lainnya. Bangun lebih awal di pagi hari akan membuat tubuh terasa lebih segar, pikiran lebih jernih dan waktu pagi juga sangat cocok untuk berolahraga.
  2. Berolahraga Rasulullah Saw juga berolahraga, salah satu olahraga yang dipraktekkan Rasulullah adalah memanah, berkuda, gulat dan lain sebagainya. Saat ini banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh anak-anak kita seperti lari, berjalan, bersepeda, senam, berbagai macam olahraga beladiri dan banyak lagi yang lainnya. Anda bisa memilih beberapa untuk dilakukan bersama putra – putri anda.
  3. Menjaga kebersihan dan kerapian badan Rasulullah Saw bersabda, “Sungguh Allah itu Maha indah dan menyukai keindahan.” (HR.Muslim) . Untuk itu biasakan anak-anak kita hidup bersih dan rapi. Mulai dari membiasakannya mandi dua kali sehari, menggosok gigi, memotong kuku, menyisir rambut, berpakaian dengan rapi dan hal-hal yang menunjang kerapian lainnya.
  4. Memperhatikan makanan dan menjaga pola makan Sebagian besar dari penyakit disebabkan oleh makanan yang kita makan dan juga bagaimana cara kita memakannya. Di era yang semakin maju ini banyak dijual makanan cepat saji, makanan pakai pemanis dan pengawet buatan, minuman bersoda dan banyak lagi yang lainnya. Cepat dan nikmat memang tapi sangat tidak baik untuk kesehatan kita. Untuk itu kita sebagai orang tua perlu memperhatikan jajanan anak-anak kita. Kalau bisa diusahakan anak-anak tidak jajan sembarangan di luar. Pola makan anak juga perlu dijaga, harus jelas kapan jadwal makan anak. Jangan sampai anak makan terlalu banyak dan sering sehingga bisa menyebabkan obesitas. Atau sebaliknya anak sering lupa makan sehingga bisa menyebabkan penyakit pada lambungnya.
  5. MCK yang sehat Untuk menunjang kesehatan anak juga diperlukan tempat mandi, cuci dan kakus yang sehat. Perhatikan air yang digunakan anak untuk mandi maupun saat buang air besar. Jaga selalu kesehatan kamar mandi sebab disini sering menjadi pusatnya berbagai macam penyakit. Apalagi jika anda tinggal di perkotaan berhati-hatilah dengan nyamuk demam berdarah.
  6. Memperhatikan kebersihan rumah dan kamar tidur anak Rumah juga merupakan bagian penting untuk mendukung kesehatan anak. Pastikan rumah bersih selalu dan juga memiliki sanitasi udara yang cukup. Hindari rumah dari tumpukan kain kotor atau pun kain yang terlalu banyak di gantungkan di dinding sebab hal ini bisa digunakan oleh nyamuk sebagai sarangnya dan bisa membahayakan kesehatan anak.
  7. Memperhatikan dapur serta tempat makan Pastikan dapur tempat anda memasak bersih dan alat-alat makan juga dicuci dengan benar. Sebab jika tidak bisa menjadi sumber penyakit bagi anak-anak kita.

Beristirahat yang cukup

Orang tua perlu mengatur waktu istirahat anak, jangan sampai anak tidur terlalu banyak atau pun terlalu sedikit. Sedari kecil anak dibiasakan untuk menjalankan pola istirahat yang sehat. Pola istirahat yang sehat diantaranya adalah :

  1. Membiasakan tidur siang Tidur siang adalah sesuatu yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw. Dalam ilmu kesehatan pun tidur siang memiliki banyak manfaat serta kebaikan yang terkandung pada aktivitas ini.
  2. Tidak tidur setelah Ashar Rasulullah Saw bersabda, “Siapa yang tidur setelah Ashar lalu hilang akal, janganlah menyesali kecuali dirinya sendiri.” (H.R. Al-Haitsami) .Tidur setelah Ashar sangat tidak dianjurkan, untuk itu hindari anak-anak kita dari aktivitas ini. Banyak aktivitas kebaikan yang bisa dilakukan di waktu setelah selain tidur.
  3. Membiasakan tidur lebih awal Waktu tidur yang baik adalah segera setelah shalat Isya . Islam tidak menganjurkan begadang karena aktivitas begadang tidak sehat dan juga bisa melalaikan kita dari ibadah. Untuk itu biasakanlah anak-anak kita tidur lebih awal setelah Isya.

Sakit dan berobat

Rasulullah Saw bersabda :

“…Pergilah berobat. Sebab, Allah tidak akan memberikan suatu penyakit, kecuali menyediakan obatnya, selain satu penyakit : tua”
(HR. Abu Dawud)

Saat anak kita sakit maka bawalah dia berobat, tapi lebih baik jika untuk mengobatinya memanfaatkan obat-obat yang berasal dari alam dan yang disunnahkan oleh Nabi seperti herbal, Habbatusauda, madu dan lain sebagainya. Jika tidak terlalu parah dan berbahaya sebisa mungkin hindari anak-anak kita mengkonsumsi obat-obat kimia. Karena memang obat-obat kimia itu mengandung zat berbahaya bagi tubuh.

Saat sakit anak juga perlu kita ajarkan bahwa sakit adalah hal biasa, dan semua orang juga mengalaminya. Hindari cemas yang berlebihan bahkan sampai ketakutan ketika sakit.

Agar terhindar dari berbagai macam penyakit maka orang tua perlu menambah wawasan tentang jenis penyakit yang mungkin saja menyerang anak dan apa penyebab utamanya. Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati, dan cara mencegahnya tentu dengan membiasakan pola hidup sehat.

Saat anak sakit kita juga bisa menjadikan itu sebagai sarana mendidik anak, menemukan hikmah dibalik penyakit yang dirasakan. Saat sakit kita akan merasakan betapa menyenangkan ketika sehat, untuk itu syukurilah kesehatan yang Allah anugerahkan. Begitu juga ketika sakit kita akan merasakan akibat dari tidak menjaga kesehatan, untuk itu kedepannya biasakan selalu hidup sehat. Serta banyak lagi hikmah yang bisa anda temukan bersama anak anda dari sakit.

Artikel Menarik Lainnya




comments