Pertanyaan :

Assalamu’alaikum.

Maaf min mengganggu. Saya mau bertanya, misalkan ada orang yang tanya, memang Allah melarang remaja pacaran? Kalo memang iya, coba tunjukkan hadits yg shahih. Sebaiknya jawab bagaimana ya? Afwan.

 

Jawaban :

Waalaikumsalam,

Pacaran itu awalnya segala zina (zina hati, zina mata, sampai paling parah zina fisik).

Berikut dalilnya :

“Dan jangalah kalian dekat-dekat dengan zina, karena sesungguhnya zina itu kotor dan sejelek-jeleknya jalan”. (Surat Al Isro’ : 32)

“Wahai kaum muslimin, takutlah kamu sekalian pada zina sebab didalamnya ada 6 perkara (yang pasti ditetapi), 3 perkara di dunia dan 3 perkara di akhirot. Adapun 3 perkara di dunia adalah hilangnya kewibawaan wajah, pendeknya umur dan kekalnya kefakiran, sedangkan 3 perkara di akhirot adalah murka Alloh yang Maha Barokah dan Maha Luhur, jeleknya hisab dan siksa akhirot”. (HR. Baihaqi)

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangan dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”. Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangan dan memelihara kemaluannya”. (QS. An-Nuur : 30-31). Dan banyak lagi yang lainnya.

Pembahasan tentang pacaran bisa juga baca artikel pada link dibawah ini :

3 Perbedaan Antara Pacaran dan Taaruf

Sumber gambar: http://4.bp.blogspot.com/-PcsQwN64Na8/UiFhOu0ZHVI/AAAAAAAAAOo/eJX_HKIC48w/s1600/No+Pacaran+Area.jpg

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

13 + 5 =

Artikel Menarik Lainnya




comments