“Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”(Q.S : At-Tahrim: 6)

Ayat diatas mengingatkan kita semua untuk menjaga diri kita sendiri dan keluarga kita dari api neraka, dalam kata keluarga tentu termasuk juga suami, istri, dan anak-anak kita. Menjadi satu kewajiban bagi istri dan suami untuk saling mengingatkan serta bekerjasama dalam mendidik anaknya menjadi anak yang shaleh. Anak yang taat akan perintah Allah SWT, anak yang meninggalkan larangan Allah SWT dan takut bermaksiat kepada Allah SWT.

Menjaga diri kita sendiri adalah kata yang diletakkan lebih awal dalam ayat ini, tentu tujuannya adalah agar kita sebagai orang tua bisa menjadi contoh dan teladan bagi anak-anak kita. Kita mengajar dan mendidik anak-anak kita tentang agama melalui contoh dan teladan tidak hanya melalui kata-kata. Ketika kita mengajarkan anak-anak kita untuk melakukan shalat tepat waktu dan berjamaah maka tentu orang tuanya juga shalat tepat waktu, ketika orang tua mengajarkan anaknya memiliki akhlak yang baik, tutur kata yang indah tentu orang tuanya telah terlebih dahulu melakukan hal ini.

Di ayat ini kita juga belajar betapa pentingnya pendidikan berbasis keteladanan, karena jika kita memberikan pendidikan berbasis keteladanan kepada anak-anak kita maka hal ini akan membentuk karakter serta membangun kepribadiannya. Akan tetapi jika kita hanya mendidik anak-anak kita dengan kata-kata maka yang terjadi adalah anak kita melakukannya karena takut kepada kita sebagai orang tuanya, sehingga ketika tidak ada orang tuanya maka dia tidak akan melakukannya.

Kalau ayat diatas memberikan peringatan kepada kita untuk menjaga diri dan keluarga dari api neraka maka dalam ayat lain Allah memberikan sebuah janji yang sangat indah serta istimewa untuk kita dan keluarga kita yaitu janji syurga ‘Adn.

“Syurga ‘Adn. Mereka masuk kedalamnya bersama mereka yang shalih  di antara orangtua mereka, istri-istri mereka, dan keturunan mereka, sedang malaikat-malaikat masuk ketempat-tempat mereka dari semua pintu” (Q.s. Ar-Ra’d : 23 )

Betapa indahnya janji Allah untuk kita ?, untuk orang-orang yang shaleh. Sebuah motivasi yang Allah berikan kepada kita semua untuk menjadi keluarga yang shaleha, yaitu masuk satu keluarga kedalam satu syurga khusus, tidak hanya itu kitapun akan dilayani oleh para malaikat yang masuk ke tempat kita dari semua pintu. Ma syaa Allah sungguh suatu hal yang sangat indah Allah janjikan pada kita, semoga kita semua dan keluarga kita Allah perkenankan masuk ke syurga ‘Adn. Aamiin Ya Allah, Aamiin Ya Rabb..[Uda Agus/elmina]

Sumber foto : www.rumahkeluargaindonesia.com

 

Artikel Menarik Lainnya




comments