Pertanyaan :

Ketika seseorang hanya memberikan kode kode dan kita merasa seperti ada hubungan. Apakah itu jodh? Maksudx adalah dia hanya memberikan kode dan kita berkomunikasi layaknya kita paham maksud tersebut. Namun dia tidak pernah menyatakan langsung kepada kita. Atau datang ke wali kita. Kemudian kita menolaknya. Apakah itu sama artinya dengan menolak jodoh? Padahal kita hanya menerka nerka? Mohon pencerahannya.

Jawaban :

Salam, mbak Cin

dalam Islam, yang disebut jodoh dalam konteks hubungan pria dan wanita adalah PERNIKAHAN. tidak ada pintu lainnya.

jadi kalau belum menikah dan ijab qabul belum dilakukan, kita tidak bisa sebut itu berjodoh. kalau sudah sah akad nikah, maka kita baru bisa bilang “si A berjodoh dengan si B”. Tidak ada jodoh dalam pacaran, HTS, suka sama suka dsb selama dia belum sah menikah. 

jika dia belum datang ke wali kita, berarti dia belum berani menunjukkan komitmen lebih. dalam Islam, laki-laki yang datang melamar, boleh2 saja kita tolak. apalagi yang tidak ketahuan keberaniannya untuk melamar. tidak ada urusannya dengan jodoh atau tidak, karena yang tahu hanyalah Allah SWT. 

jika dia berani datang melamar ke orangtua, lalu mbak mempertimbangkan dan membuat keputusan (entah menerima/menolak), itu bab lain yang perlu bahasan tersendiri. 

semoga bisa dipahami ya..

 

Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

6 + 11 =

Artikel Menarik Lainnya




comments