Mungkin suatu pemandangan yang sangat menyedihkan ketika melihat seorang ibu yang membentak-bentak anaknya, menjewer telinga anaknya hingga menangis meraung-raung. Di kondisi lain mungkin juga kita sering melihat seorang ayah yang dengan mudah mencabut ikat pinggangnya dan memukuli anaknya. Di tempat lain mungkin ada yang lebih miris dan menyedihkan ketika ada orang tua yang menyiksa anaknya hingga meninggal dunia.

Kekerasan pada anak memang salah satu masalah besar dinegeri ini, meskipun sudah banyak asosiasi atau LSM yang mengatasnamakan pejuang dan pelingdung anak ternyata tidak mengurangi terjadinya kekerasan terhadap anak-anak dibawah usia. Selain kekerasan fisik yang juga kerap terjadi adalah pemaksaan anak dibawah umur untuk bekerja apakah itu sebagai pemulung, pengamen, kuli panggul dan pekerjaan-pekerjaan berat lainnya.

Selain kekerasan fisik juga sering terjadi kekerasan psikis terhadap anak, ketika orang tua mengekang anaknya dengan peraturan yang serba berlebihan, ketika orang tua memaksakan kehendaknya kepada anaknya, ketika orang tua menutup pintu diskusi dan komunikasi terhadap anaknya juga merupakan suatu hal yang sangat berbahaya bagi masa kini maupun masa depan si anak.

Anak, anugerah terindah yang Allah berikan kepada orang tua, tak semua orang tua Allah berikan anugerah rezeki anak ini. Bahkan tak jarang yang sampai tua tidak memiliki anak sehingga mengadopsi anak adalah jalan lain untuk memiliki anak. Mensyukuri tentu hal yang patut kita lakukan sebagai orang tua ketika Allah berikan amanah rezeki berupa anak.

Memperlakukan anak dengan penuh cinta, kasih dan sayang. Berbicara lemah lembut terhadapnya, mengajak anak berdiskusi dan berkomunikasi secara intens, mendengarkan keluh kesah serta keinginan anak adalah hal penting yang harus dilakukan para orang tua terhadap anak-anaknya.

Kami yakin, semua orang tua bekerja dari pagi sampai petang mencari nafkah sebagai bentuk cinta dan sayang kepada anak-anak kita. Kita bekerja mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan anak-anak kita, tapi ada satu hal yang perlu kita ingat adalah anak kita tidak hanya membutuhkan materi-materi saja, tapi ada yang tentu sangat dibutuhkan oleh putra-putri kita yaitu kasih sayang dan perhatian orang tuanya.

Terkadang memang kenakalan anak-anak kita menyulut emosi kemarahan kita sebagai orang tua, tapi ada satu hal yang perlu kita ingat, kalau kenakalan dan keisengan anak kita tersebut hanya sementara. Yang mungkin suatu saat kelak kita sebagai orang tua merindukan saat-saat dimana anak kita nakal ketika dia masih kecil, maka sayang disayangkan sekali jika ini menjadikan emosi kita tersulut dan sampai memukul serta menganiaya anak-anak kita.

Pemberian materi itu perlu, namun pemberian pendidikan karakter, perhatian, memberikan waktu berkualitas untuk mendengarkan keluh kesah serta keinginan-keinginan anak-anak kita juga penting. Semoga kita para ayah, para bunda bisa menjadi ayah dan ibu yang baik, bersahabat serta menjadi teladan bagi anak-anak kita.

Artikel Menarik Lainnya




comments