Pertanyaan :

Assalamu’alaikum…

Apa solusi dari permasalahan saya ini, saya dipinang oleh keluarga yang baik-baik, calon saya adalah guru agama islam. Tapi saya merasa tidak pantas dengan calon tersebut. Karena usianya terpaut jauh dari saya. Umur saya 24, sedangkan calon tersebut berumur kira-kira 33 tahun. Saya merasa ‘dia’ pantas menjadi abang/kakak saya dari pada menjadi suami saya. Saya bingung dengan masalah ini, Apakah saya menerima atau menolaknya ? Jika saya ingin menolak pinangan, bagaimana menolak pinangan agar tidak menyinggung perasaan dia dan keluarganya. Terimakasih atas solusinya.

Jawaban :

Waalaikumsalam…wr..wb…

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi Rasulullah bersabda

“Jika datang kepada kalian (Wahai calon mertua) orang yang kalian sukai (ketaatan) agamanya dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia dengan putrimu. Sebab jika kamu tidak melakukannya akan lahir fitnah  (bencana) dan akan berkembang kehancuran dimuka bumi.”

Kemudian ada yang bertanya :

“Wahai Rasulullah, bagaimana jika pemuda itu cacat atau kekurangan?”

Maka Rasulullah menjawab hingga mengulanginya sampai 3 kali :

“Jika datang kepada kalian orang yang bagus agamanya dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia (dengan putrimu)!”

Dalilnya cukup jelas Rasulullah Saw menganjurkan untuk menjadikan agama dan akhlak sebagai ukuran utama dalam menerima atau menolak pinangan bukan usia. Selama agamanya bagus dan akhlaknya baik walaupun berbeda usia sebenarnya tidak ada masalah. Malah kata sebagian wanita jauh lebih baik menikah dengan laki-laki yang tua dengan alasan laki-laki yang lebih tua secara umur akan lebih stabil emosinya dalam bersikap. Namun, jika benar ingin menolaknya sampaikan saja baik-baik dan apa adanya. Tetapi saran kami pertimbangkan lagi sebelum menolak apalagi jika agamanya bagus dan akhlaknya baik, boleh jadi itu memang jodoh terbaik yang Allah kirimkan untuk mba. Soal jodoh tidak ada yang tau, tidak mungkin laki-laki itu datang begitu saja meminang mba kan ? Tentu Allah yang menggerakkan hati dan pikirannya untuk meminang mba.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

10 + 15 =

Artikel Menarik Lainnya




comments