Tips agar Persalinan Normal

Tips agar Persalinan Normal

Tips agar Persalinan Normal / Elmina / www.scofany.com

Sebagian besar wanita menginginkan persalinan normal atau spontan. Meskipun ada juga wanita yang menginginkan persalinan caesar, akan tetapi persalinan normal masih menjadi favorit karena jelas lebih alami, lebih sehat untuk ibu dan bayi, pemulihannya cepat, dan biayanya juga lebih murah.

Bagi Anda yang sedang hamil dan ingin melalui persalinan normal, mari simak ulasan singkat mengenai tips agar persalinan normal berikut ini:

1. Kelas Ibu Hamil

Mengikuti kelas ibu hamil bermanfaat sebagai kelompok belajar antar sesama ibu hamil lainnya. Anda dapat berbagi pengalaman mengenai kehamilan, seperti keluhan-keluhan yang dialami, apa saja perawatan yang Anda bisa lakukan selama kehamilan, tentang persalinan dan risikonya, perawatan nifas, sampai kepada pemilihan kontrasepsi. Saling berbagi dan berinteraksi dengan ibu hamil lainnya akan memberikan rasa percaya diri, ketenangan, dan menghilangkan kecemasan. Hal ini dapat membantu Anda menjalani persalinan secara normal.

2. Selalu Konsultasikan Kehamilan Anda

Pilihlah dokter dan rumah sakit yang mendukung persalinan normal. Meskipun persalinan dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kondisi kandungan, kesehatan dan usia ibu hamil, namun memilih tenaga medis yang pro persalinan normal tetap diperlukan. Konsultasikan kehamilan Anda secara rutin dan tanyakan sedetail mungkin mengenai kehamilan Anda agar Anda memahami segala risiko yang mungkin muncul saat persalinan.

3. Rajin Berolahraga

Salah satu cara mendapatkan persalinan normal adalah dengan rajin berolahraga dan menjaga asupan makanan. Olahraga dapat membantu ibu selama proses persalinan menjadi lebih mudah dan rileks. Tetaplah berkonsultasi dengan dokter mengenai olahraga yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan.

Jika Anda tidak pernah berolahraga dan kurang aktivitas, maka ada kemungkinan otot-otot Anda menjadi lemah. Hal ini bisa berpengaruh pada persalinan. Jadi, rajinlah berolahraga.

4. Atur Kenaikan Berat Badan

Meskipun ada anggapan bahwa ibu hamil boleh makan banyak, namun anggapan ini sebenarnya keliru. Anda tetap harus menjaga kestabilan berat badan agar tidak mengalami kesulitan saat melalui persalinan normal. Berat badan yang naik dengan tidak terkendali memungkinkan Anda mengalami preeclampsia yang berisiko harus melalui persalinan secara caesar. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi mengenai diet sehat yang boleh dilakukan oleh ibu hamil.

5. Siapkan Posisi yang Memudahkan Persalinan Normal

Pada usia kehamilan 32 minggu, kepala bayi sudah harus masuk panggul ibu. Artinya bayi sudah siap pada posisinya untuk dilahirkan secara normal. Cara yang paling banyak dilakukan untuk membuat bayi berada pada posisi siap dilahirkan normal adalah dengan menungging atau bersujud. Cara lainnya adalah dengan banyak berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit setiap harinya.

6. Siapkan Energi Ekstra dengan Senam Hamil

Persalinan merupakan proses yang berat dan membutuhkan banyak tenaga. Anda membutuhkan banyak energi dan senam hamil menjadi salah satu solusinya. Senam hamil selain membantu menjaga kebugaran, juga membantu Anda mengatur pernapasan dan mengajarkan teknik mengejan yang baik. Dengan cara tersebut, Anda dapat dengan mudah mengatur tenaga Anda selama proses persalinan berlangsung. Senam hamil juga membantu tubuh Anda rileks dan bahagia.

7. Buat Diri Anda Rileks dan Tenang

Salah satu faktor yang membantu kelancaran proses persalinan adalah rasa tenang dan rileks yang ibu rasakan selama melalui proses persalinan. Untuk mendapatkan perasaan tenang dan rileks, Anda dapat mencoba mengikuti yoga, pilates, mendengarkan musik, atau bermeditasi. Renang juga dipercaya dapat membantu mengurangi stres dan membuat Anda rileks.

Jika perlu, lakukan sesi terapi pijat khusus untuk ibu hamil. Pilihlah terapis yang sudah berpengalaman karena dibutuhkan teknik tertentu agar tidak membahayakan kandungan.

Banyak ibu hamil yang masih merasa takut dan khawatir dalam menghadapi persalinan karena membayangkan rasa sakit kontraksi saat melahirkan. Jauhkan pikiran ini karena akan berpengaruh saat Anda benar-benar mengalaminya. Selama proses persalinan seorang ibu haruslah percaya diri dan tenang, tentu saja dibantu dengan dukungan suami dan keluarga. Semoga tips agar persalinan normal ini bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya




comments