Tak sedikit muslimah yang selalu bertanya-tanya bagaimana caranya untuk bahagia ? Dan pada kenyataannya memang wanita lebih banyak dan sering bersedih yang menyebabkan hadirnya emosi-emosi negatif seperti sedih, galau, sakit hati, dendam, dongkol dan berbagai jenis lainnya.

Menjadi bahagia bukanlah hal yang tak mungkin bagi seorang wanita khususnya muslimah, semua muslimah InsyaAllah bisa bahagia, bisa menghalau rasa galau, sakit hati dan berbagai emosi buruk lainnya dengan mudah. Putus cinta, jadi korban PHP, dikucilin dalam pergaulan, selalu jadi bahan tertawaan teman-teman adalah beberapa dari sekian banyak penyebab yang menjadikan seorang wanita susah untuk bahagia.

Saat wanita sering bersedih, selalu murung, banyak menyendiri tentu pesonanya ikut memudar. Saat pesona memudar maka seorang muslimah akan kehilangan kepercayaan dirinya, dia menjadi minder, putus asa dan mudah menyerah pada keadaan. Nah, sebagai solusinya kami mencoba hadirkan 5 kiat mudah menjadi muslimah bahagia penuh pesona.

1. Selalu tampil syar’i

Kiat yang pertama adalah tampil syar’i, menjaga penampilan sesuai dengan yang telah dituntunkan oleh Al-qur’an dan hadits. Hal ini penting karena wanita dikiaskan sebagai perhiasan dunia, setiap bagian tubuhnya adalah keindahan yang harus dijaga jika tidak akan menimbulkan fitnah dunia. Islam telah menuntun cara terbaik bagaimana menjaga diri bagi wanita salah satu caranya adalah dengan berpakaian syar’i.

Dengan berpenampilan yang menjaga diri diharapkan muslimah tersebut juga menjaga hatinya, menjaga pergaulannya serta juga menjaga sikapnya.

2. Tampil dengan sederhana, rapi dan stylish

Meskipun tren saat ini banyak bermunculan hijab-hijab yang katanya syar’i namun terlihat norak baik dari cara pemakaian, asesoris serta juga corak warnanya semestinya hal itu tidak membuat seorang muslimah untuk ikut-ikutan menirunya begitu saja.Tampil dengan sederhana, rapi dan stylish adalah cukup baik bagi seorang muslimah. Selain tidak ribet dalam memakainya, kebiasaan berpakaian seperti ini tidak akan mengundang banyak mata untuk memperhatikan muslimah tersebut, sehingga terjauh dari pusat mata banyak khalayak.

3. Disiplin waktu

Muslimah yang bahagia penuh pesona adalah muslimah yang disiplin dengan waktunya. Ia mengerti betapa berharganya setiap detik waktu yang Allah amanahkan padanya. Tak mau dia membuang-buang waktu yang dimiliki untuk sesuatu yang sia-sia apalagi yang banyak mudharatnya. Ia mempergunakan waktu dengan seproduktif mungkin, dan memastikan setiap detik yang dilaluinya bernilai kebaikan.

Sementara muslimah yang sering galau, banyak sedih serta selalu gelisah biasanya tak disiplin dalam waktu. Waktunya banyak terbuang sia-sia untuk hal-hal tidak bermanfaat seperti stalking sosial media tanpa kejelasan, menonton drama-drama melow, melamun, mengkhayal, mendengarkan musik-musik melow, bermalas-malasan serta beragam hal-hal buruk lainnya.

4. Pandai bertutur kata

Mulutmu adalah harimaumu, kurang lebih begitu kata pepatah lama untuk mengingatkan diri kita agar selalu menjaga setiap ucapan yang terlisankan dari mulut. Begitupun bagi seorang muslimah yang dikenal lebih cerewet dibanding laki-laki tentu diharapkan bisa menjaga setiap tutur kata yang terucap dari lisannya. Mereka yang selalu menahan setiap ucapan atau perkataan yang mungkin menyakitkan orang lain dan berusaha untuk selalu mengucapkan hal-hal baik.

5. Pintar mengelola keuangan sendiri

Salah satu problematika bagi banyak muslimah adalah sulit mengelola uang sendiri alias boros. Setiap ada uang inginnya membeli banyak barang padahal sebenarnya barang-barang tersebut tidak dibutuhkan, bahkan lebih miris lagi ada yang sampai berhutang hanya untuk mendapatkan barang keinginannya entah itu pakaian, tas bermerk, jam tangan, gadget, makan di restoran mewah serta beragam gaya hidup hedonis lainnya.

Setiap muslimah tentu akan menjadi seorang istri sekaligus juga ibu bagi anak-anaknya, yang mana salah satu tugasnya dalam rumah tangga adalah mengelola anggaran belanja rumah tangga. Jika kebiasaan ini terus dibiarkan tentu akan akan memiliki dampak buruk bagi kehidupan berumah tangganya kelak. So, pintarlah mengelola uang. Pastikan setiap rupiah yang keluar itu untuk memenuhi kebutuhan bukan memenuhi hasrat keinginan diri semata.

Itulah 5 kiat mudah untuk menjadi seorang muslimah bahagia penuh pesona, membuat bahagia orang tua, berdampak pada lingkungan dan jadi dambaan laki-laki shaleh tentunya.

Sumber foto : radioelnury.com

Artikel Menarik Lainnya




comments