Belanja online telah menjadi gaya hidup baru di era digital masa kini. Belanja online jauh lebih efektif karena bisa menghemat waktu, tenaga dan juga uang tentunya. Anda tidak perlu lagi repot-repot pergi belanja ke toko, menikmati panas dan macetnya jalanan, berdesak-desakan di toko baju hingga tawar menawar harga.

Dengan belanja online anda cukup membuka website penjual busananya, lihat fotonya, pilih-pilih , pesan, lakukan pembayaran setelah itu anda tinggal duduk manis di rumah hingga pesanan datang diantar oleh kurir jasa pengiriman. Namun belanja online juga memiliki kelemahan diantaranya adalah tidak sesuainya barang yang dipesan dengan barang yang datang dan juga rentan penipuan.

Berikut kami sajikan beberapa tips belanja online aman, nyaman dan memuaskan.

Lihat bagaimana penjual mengelola website toko onlinenya

Yang pertama adalah dengan melihat website toko online yang menyediakan produk tersebut. Perhatikan apakah website toko onlinenya dikelola dengan rapi atau profesional atau hanya seadanya. Lihat juga bagaimana penjual ini menyajikan produk yang dijualnya, apakah memakai foto-foto hasil googling mesin pencari google atau memiliki fotografer sendiri. Sehingga foto produk yang disajikan memiliki kualitas tinggi.

Selain itu juga bisa diperhatikan apakah toko online tersebut selalu update dalam waktu dekat atau malah jarang sekali diupdate, hal ini bisa diketahui melihat kapan website tersebut melakukan postingan terakhirnya.

Dan terakhir adalah memperhatikan kolom kontak profil website tersebut, apakah di website`mencantumkan alamat lengkapnya atau tidak.

Setiap penjual profesional tentu mengelola sosial medianya dengan baik

Langkah selanjutnya adalah dengan melihat sosial medianya, bagaimana penjual tersebut mengelola sosial media yang menyediakan produknya. Apakah sosial media tersebut dikelola dengan baik atau malah tidak pernah dikelola sama sekali.

Penjual yang baik selalu mendapat feedback yang baik dari orang-orang yang pernah berbelanja di toko onlinenya

Testimoni pembeli, nah ini juga penting untuk mengetahui kualitas penjual dan toko online tempat anda akan berbelanja. Lihat bagaimana testimoni-testimoni dari pelanggan yang pernah berbelanja di tokonya.

Pilih toko online yang memiliki layanan garansi tukar barang jika terdapat kerusakan atau ketidaksesuaian barang yang diterima

Salah satu masalah dalam belanja baju online adalah saat menerima barang yang rusak baik itu jahitan, robek atau warnanya yang luntur. Selain itu juga sering ditemukan ketidaksesuain baik itu ukuran maupun jenis baju yang dipesan dengan yang datang.

Layanan garansi tukar barang jika tidak sesuai atau terdapat kerusakan tentu akan sangat membantu pembeli yang melakukan belanja online.

Minta rekomendasi dari teman yang sudah biasa belanja online

Tip terakhir ini juga cukup bagus, yaitu minta rekomendasi pada teman yang sudah sering melakukan kegiatan belanja online. Biasanya orang yang sudah terbiasa belanja online memiliki langgan sendiri atau minimal tau informasi mana penjual-penjual yang rekomended.

Itulah beberapa tips untuk berbelanja online bagi muslimah. Oya terakhir ada dua tips tambahan. Yang pertama pastikan membeli busana muslimah yang syar’i setiap belanja dan yang kedua pastikan membeli sesuatu yang benar-benar dibutuhkan saat belanja, bukan hanya karena keinginan semata. Selamat berbelanja.

Sumber foto : www.iamwire.com

 

Artikel Menarik Lainnya




comments