Ilmu parenting atau ilmu tentang bagaimana mendidik anak adalah sebuah ilmu yang mesti terus kita gali dan pelajari. Penting untuk calon orang tua, apalagi yang sudah menjadi ayah atau ibu. Anak sebagai amanah yang Allah berikan kepada kita sudah sepatutnya kita menjaga, merawat amanah tersebut dengan sebaik-baiknya cara, dengan sebaik-baiknya penjagaan. Sebab pada suatu masa kelak kita semua akan ditanya, kita semua akan diminta pertanggung jawaban atas amanah yang Allah berikan kepada kita.

Mendidik anak sukses, bahagia dan bermanfaat didunia adalah suatu keharusan, namun ada yang jauh lebih penting lagi dari itu semua adalah bagaimana kita mendidik anak menjadi selamat hingga ke akhirat kelak, bagaimana anak menjadi asbab kebaikan bagi kita untuk menuju jannahnya, bagaimana kelak kita bisa berkumpul kembali di syurga dengan putra-putri kita di syurga ‘Adn yang Allah janjikan.

Tentu menjadi suatu yang sama-sama kita takutkan, menjadi hal yang mengerikan dan meresahkan bagi kita ketika keberadaan anak menjadi sebab tersebarnya keburukan didunia, apalagi di akhirat kelak disaat kita Allah mintai pertanggung jawaban atas anak kita. Kita menunduk lesu, tidak tau apa yang harus kita jawab dan lakukan, terdiam menunggu waktu hingga kita diseret ke nerakanya. Astagfirullahal’adzim, semoga Allah jauhkan hal ini dari diri kita semua.

Untuk menggapai rahmat Allah agar dianugerahkan kebaikan-kebaikan untuk kita tentu ada ikhtiar-ikhtiar yang mesti kita lakukan, ada gerak usaha yang harus kita kerjakan. Salah satunya adalah menyiapkan diri untuk mendidik anak-anak kita. Pada tulisan kali ini kami akan mencoba berbagi 5 Hal penting yang penting kita ajarkan pada anak kita.

1. Mengajarkan tentang tauhid dan akidah pada anak kita

Pendidikan tauhid adalah hal penting yang mesti kita ajarkan kepada anak-anak kita, dimulai dari anak masih dikandungan pendidikan tauhid bisa dilakukan oleh orang tua seperti shalat tepat pada waktunya, memperbanyak shalat sunnah, memperbanyak membaca Al-quran serta selalu mendoakannya menjadi anak yang shaleh, taat dan bertakwa.

Disaat anak lahir kedunia pendidikan tauhid pertama yang dilakukan oleh orang tua adalah mengenalkan kebesaran Allah, mengenalkan tiada tuhan selain Allah, mengenalkan Muhammad adalah utusan Allah melalui adzan untuk anak laki-laki ataupun iqamah untuk anak perempuan. Dilanjutkan dengan pendidikan akidah dan tauhid hingga anak beranjak dewasa.

Bekal utama dalam proses ini tentu kita sebagai orang tua, ayah dan ibunya mesti memiliki pemahaman akidah dan tauhid yang bagus dulu. Dan, penting diketahui pendidikan ini tidak bisa diwakilkan, meskipun bisa namun hasilnya tidak akan semaksimal jika itu orang tuanya yang melakukan.

2. Mengajarkan hal-hal penting tentang pergaulan pada anak kita

Satu hal penting yang kelak akan sangat mempengaruhi masa depan anak kita adalah pergaulannya. Jadi sudah semestinya kita sebagai orang tua menanamkan etika-etika dalam pergaulan kepada anak-anak kita. Bagaimana dalam memilih teman yang baik, bagaimana pergaulan dengan teman sebaya, bagaimana pergaulan dengan yang lebih tua, bagaimana pergaulan dengan yang lebih kecil serta bagaimana pergaulan dengan lawan jenis.

3. Mengajarkan hal-hal penting yang harus disiapkan sebelum menjadi suami ataupun istri

Yang ketiga adalah, kita sebagai orang tua mesti menyiapkan anak-anak untuk menjadi suami bagi anak laki-laki dan menjadi seorang istri bagi anak perempuan. Kita sebagai orang tua memberikan bekal-bekal penting menjadi suami atau istri kepada anak sejak dini.

4. Mengajarkan hal-hal penting yang harus disiapkan sebelum menjadi ibu ataupun ayah

Poin yang keempat adalah menyiapkan anak untuk menjadi seorang ibu dan ayah. Ini penting agar kita kelak juga melahirkan generasi-generasi yang berkualitas baik. Hal ini sejak dini kita siapkan kepada anak-anak kita.

5. Mengajarkan berbagai keahlian dari berbagai profesi kepada anak

Poin terakhir adalah mengajarkan skill, keilmuan yang tentu akan sangat dibutuhkannya dalam melewati kehidupannya kelak. Untuk hal ini orang tua bisa mewakilkannya kepada sekolah atau lembaga pendidikan untuk mendidik anaknya. Meskipun sekarang juga banyak para orang tua yang mengambil tanggung jawab ini sehingga mendidik anaknya dengan metode homeschooling.

Inilah 5 hal yang penting kita ajarkan kepada anak kita, sebagai orang tua mari kita tingkatkan terus kualitas diri,keilmuan serta berbagai kapasitas kepahaman sebagai bekal utama mendidik anak kita kelak.

Sumber foto : www.ummi-online.com

Artikel Menarik Lainnya




comments