Sungguh suatu hal yang menyedihkan saat kita menemukan kondisi dimana ada seorang ibu yang mungkin bertitel “Hj.”, taat beribadah, menutup aurat secara syar’i dan juga rajin datang ke berbagai majelis ta’alim namun anak gadisnya sendiri tidak memakai hijab serta berpakaian yang menampakkan auratnya. Tak sedikit ibu-ibu mengeluhkan anaknya yang sangat susah disuruh untuk menutup aurat, kenapa hal ini bisa terjadi ? Karena belum dibiasakan semenjak dini.

Mungkin saat dulu si anak masih kecil orang tua sering abai perihal hijab ini, berdalih anaknya masih kecil, nanti aja kalau sudah dewasa, belum berdosa kok, nanti kalau sudah dewasa juga paham dan berbagai dalih lainnya. Ternyata setelah anak beranjak remaja apalagi dewasa menjadi lebih sulit untuk mendidiknya. Pada tulisan kali ini kita akan menelusuri 6 alasan kenapa kita harus membiasakan anak berhijab semenjak dini.

1. Karena setiap perilaku anak kita akan diminta pertanggung jawabannya dihadapan Allah SWT

Sekolah pertama bagi anak adalah rumahnya, guru terbaik bagi anak adalah ayah dan ibunya dan pembelajaran terpenting bagi anak adalah tentang tauhid, ibadah, akhlak dan ilmu-ilmu keduniaan lainnya. Ayah dan ibu sebagai guru pertama bagi anak-anak kita akan Allah minta pertanggung jawabannya di akhirat kelak termasuk juga tentang perihal berhijab atau tidaknya anak perempuan kita karena berhijab dengan syar’i wajib hukumnya bagi setiap muslimah.

2. Perintah Allah SWT agar mendidik anak-anak untuk taat sebelum ia baligh

Karena memang saat-saat terbaik mendidik anak, menanamkan suatu kepahaman dan membentuk kebiasaannya adalah di usia-usianya sebelum baligh. Seperti halnya shalat yang Rasulullah SAW perintahkan kita mengajari anak semenjak usia 7 tahun dan memukulnya jika tidak mau melaksanakan shalat setelah usia 10 tahun. Sama halnya dengan hijab, wajibnya hijab bagi seorang wanita sama dengan wajibnya shalat, puasa dan zakat. Maka mendidik anak untuk berhijab semenjak dini juga menjadi sebuah kewajiban bagi orang tua.

3. Karena hijab akan menjaga dirinya dari berbagai perbuatan buruk 

Salah satu hikmah dari berhijab bagi seorang wanita adalah menjaga dirinya dari perbuatan buruk dan niat jahat seperti pelecehan seksual, perzinaan dan lain sebagainya. Dengan berhijab, aurat anak tertutup dengan sempurna sehingga tak lagi menjadi pancingan bagi mata dari laki-laki nakal.

4. Karena dengan berhijab ia menjadi lebih mulia 

Hijab juga mengangkat kemuliaan seorang muslimah, karena Rasulullah SAW dalam sebuah haditsnya menyampaikan sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita yang shaleha. Dan, setiap wanita shaleha tentu adalah wanita yang berhijab dengan syar’i.

Kita sebagai orang tua tentu menginginkan anak kita menjadi muslimah yang mulia serta terjaga maka berhijab adalah salah satu jalan untuk mewujudkannya.

5. Berhijab akan mengontrol pergaulannya semenjak dini

Salah satu tabiat manusia adalah merasa nyaman saat berkumpul dengan orang-orang yang memiliki kesamaan dengannya entah itu kesamaan kebiasaan, kesamaan cara berpenampilan, kesamaan hobi dan lain sebagainya. Tentu juga dengan kesamaan berhijab akan menarik dirinya secara lansung maupun tidak lansung untuk berteman dengan wanita-wanita lain yang juga berhijab serta menjaga dirinya. Dengan seperti ini tentu pergaulan putri-putri kita akan terjaga serta terkontrol dengan baik, khususnya dari sisi pertemanan.

6. Agar berhijab dengan senang hati dan tanpa paksaan

Saat anak sudah terbiasa berhijab sedari dini maka berhijab sudah melekat dengan dirinya menjadi sebuah kebiasaan yang tentu sangat sulit untuk ditinggalkannya dengan arti lain dia sudah merasa sangat nyaman dengan hijab bahkan akan merasa risih jika tampil tanpa hijab.

Berbeda saat dia sudah beranjak remaja kita suruh berhijab, saat dia sudah terbiasa tanpa hijab, saat dia memiliki teman pergaulan yang juga tanpa hijab tentu akan sangat kesulitan sekali baginya untuk berhijab. Butuh waktu yang lama, butuh penyesuaian bahkan tak jarang juga akhirnya anak berhijab dengan penuh keterpaksaan dari orang tuanya.

Itulah sebagian kecil alasan mengapa kita harus mengajarkan anak berhijab semenjak dini. Semoga menjadi inspirasi dan bekal pendidikan terbaik bagi anak-anak kita.

 

Artikel Menarik Lainnya




comments