“Ah ada-ada saja ini tulisan” mungkin itulah yang terbayang dalam benak beberapa sahabat saat membaca judul tulisan ini. Ada yang kurang berkenan bahkan jelas-jelas mengungkapkan tidak suka, itu pasti. Beberapa waktu yang lalu kami pernah menulis tentang ini secara sekilas di sebuah akun sosial media. Kurang lebih kalimat yang di tulis.

“Laki-laki perokok bukanlah calon suami yang baik untuk dipilih karena tidak baik untuk kesehatan dirinya sendiri, istri dan anaknya” 

Dari kalimat yang cukup ringkas itu tanggapan yang muncul pun beragam. Yang menarik adalah beberapa komentar yang menentang secara terang-terang seperti beberapa kalimat berikut.

“Banyak kok yang merokok tapi baik sama anak istri..”

“Banyak kok yang merokok tapi bertanggung jawab..”

“Bapakku merokok, sejak awal hingga sekarang..”

“Ah..jangan suudzon sama yang perokok..”

Meskipun tak sama persis kurang lebih seperti itulah komentar-komentar yang muncul. Kini kami mencoba kembali membuat ulasan tentang bagaimana selayaknya seorang muslimah jika dilamar oleh seorang pria yang perokok. Berikut adalah alasan mengapa menikah dengan laki-laki perokok layak dihindari.

Rokok itu racun

Pernikahan itu tidak hanya satu atau dua hari tapi dalam waktu yang panjang. Boleh jadi anda akan hidup hingga ujung usia bersama dengan pasangan. Rokok itu racun yang berdampak buruk bagi kesehatan seperti kanker, gangguan paru-paru, gangguan janin dan juga gangguan organ vital.

racun-rokok

Berbagai racun di rokok / Kementrian kesehatan Republik Indonesia

Saat menikah dengan seorang perokok maka anda harus rela menerima racun rokok melalui asapnya, nafasnya yang bau rokok, bajunya yang kena nikotin dan anda juga harus menerima anak-anak anda menikmati hal yang sama. Racun dari rokok.

Berbagai penyuluhan, lembaga kesehatan dan lembaga swadaya masyarakat telah mengkampanyekan akan bahayanya rokok. Untuk kandungan racun serta dampaknya bagi kesehatan tentu anda bisa cari dengan detail di internet. Jika benar anda sayang pada diri sendiri, jika benar anda mencintai anak-anak anda nantinya tentu menghindari menikah dengan perokok adalah salah satu jalan terbaik untuk melindungi diri dari bahaya racun rokok.

Rokok itu mubazir

Mungkin kita tidak akan membahas apa dan bagaimana hukum rokok dalam Islam. Meskipun sebagian ulama berpendapat rokok adalah haram. Dan, sebagian yang lain berpendapat merokok adalah makruh.

Terlepas hukumnya haram atau makruh yang jelas merokok adalah sebuah perbuatan mubazir, sementara mubazir adalah perbuatan yang sangat Allah murkai. Setiap perokok aktif paling sedikit menghabiskan 1 bungkus rokok dalam sehari. Jika harga standar rokok adalah Rp.15.000,- per bungkus maka setidaknya dalam 1 bulan seorang perokok menghabiskan uang hingga Rp.450.000,- . Dan itu uang untuk ‘dibakar’ , terbuang begitu saja tanpa manfaat malah mendapatkan banyak mudharat.

Seorang perokok ingin selalu dimengerti

Satu hal tentang rokok yang cukup berbahaya adalah menyebabkan candu. Jika seseorang yang sudah kecanduan rokok berhenti merokok satu hari pun maka emosinya menjadi tidak stabil, mudah marah-marah dan akhirnya melakukan berbagai cara agar kebutuhannya akan rokok terpenuhi.

Pernah kami menemukan seorang ibu yang harus rela memberikan jatah uang jajan anaknya demi memenuhi kebutuhan rokok sang suami. Di lain kesempatan kami juga menemukan kisah bagaimana seorang suami yang rela mengurangi belanja kebutuhan pokok sehari-hari demi rokok.

Jika kehidupan keluarga anda kelak sejahtera secara ekonomi tentu hal ini tidak terlalu menimbulkan masalah. Akan tetapi jika kehidupan ekonomi susah sementara suami perokok tentu akan jadi masalah tersendiri. Laki-laki perokok berat tak mau mengerti tapi ia ingin selalu dimengerti.

Tulisan ini tidak bermaksud menyudukan laki-laki perokok, harapan kami sahabat yang mungkin telah kecanduan rokok mau berubah dan berbenah. Berusaha sekuat tenaga meninggalkan kebiasaannya merokok. Dan bagi wanita jika datang laki-laki perokok melamarmu pikirkan secara matang terlebih dahulu. Meskipun kami menyarankan hindari saja, apalagi jika tidak ada komitmen untuk berhenti merokok dari laki-laki tersebut.

Sumber foto : 4rbung.blogspot.com

 

Artikel Menarik Lainnya




comments