Hadirnya buah hati dalam kehidupan berkeluarga adalah dambaan setiap orang. Apalagi, bagi mereka yang baru saja melangsungkan pernikahan. Kehamilan merupakan satu momentum yang sangat dinantikan; di mana keberadaan si calon penerus keluarga menjadi satu kabar yang begitu menggembirakan.

Sayangnya, ada kalanya kegembiraan itu belumlah lengkap saat kehamilan yang ditunggu tak juga datang. Tak heran, banyak pasangan suami-istri dilanda stres dan kecemasan, apalagi bagi mereka yang sudah lama menanti. Bahkan sering terjadi, hal ini justru memicu timbulnya pertengkaran dan saling menyalahkan.

Ada banyak faktor yang mengakibatkan pasangan suami-istri sulit mendapatkan keturunan. Hal itu bisa berupa penyakit, gangguan sistem reproduksi, gangguan hormonal, dan lain sebagainya. Adapun untuk menambah pengetahuan Anda mengenai kehamilan, berikut adalah lima tips agar cepat hamil.

1. Periksa Kondisi Kesehatan Tubuh

Periksa Kondisi Kesehatan Tubuh

Periksa Kondisi Kesehatan Tubuh / Elmina / markoffaith.net

Periksa terlebih dulu kondisi kesehatan tubuh Anda. Bukan cuma pihak istri, melainkan juga suami. Tanyakan dan ketahui secara lebih lanjut mengenai sistem reproduksi, tingkat kesuburan, riwayat penyakit, dan lain sebagainya.

2. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan Pola Hidup Sehat / Elmina / www.tamtowild.com

Hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Pasalnya, tak tanggung-tanggung, dua kebiasaan berbahaya tersebut dinilai bisa menurunkan peluang kehamilan hingga mencapai 50%!

Pastikan pula berat badan dalam kondisi ideal. Berat badan yang sedikit atau justru berlebihan hanya akan mempersulit pembuahan. Tak hanya itu, bagi pihak istri, hal ini tentu akan mendatangkan masalah. Timbunan lemak yang berlebih bisa saja menyebabkan kelebihan estrogen yang membuat ovulasi tidak teratur. Sementara itu, berat badan terlalu kurus bisa menyebabkan kurangnya estrogen dalam tubuh. Apalagi, kelebihan berat badan bisa memicu masalah kesehatan lain, seperti tekanan darah tinggi, risiko diabetes, dan komplikasi lain pada kehamilan.

Adapun Anda bisa membarengi pola hidup sehat dengan melakukan olahraga secukupnya. Hal ini sangat berguna, dalam menjaga kondisi badan agar tetap fit, sehingga memperbesar keberhasilan pembuahan. Kurangi pula stres dan kecemasan—yang bisa berisiko menurunkan kesempatan hamil Anda.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi Makanan Sehat / Elmina / www.insp-ring.tumblr.com

Mengonsumsi makanan bernutrisi baik bisa membantu proses pembuahan dalam tubuh. Bagi istri, bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat  sendiri kaya akan vitamin prenatal; yang mampu meningkatkan proses kehamilan, juga kemungkinan keguguran/cacat lahir. Untuk istri, bisa juga dengan mengonsumsi alpukat, ayam, susu, kecambah, biji-bijian, buah jeruk, brokoli, dan lain sebagainya.

4. Ketahui Masa Subur

Ketahui Masa Subur

Ketahui Masa Subur / Elmina / www.seputarkehamilan01.blogspot.com

Ketahui masa subur Anda. Bagi wanita, bisa dengan memastikan lagi siklus menstruasi; dan menjaga kalender ovulasi (biasanya terjadi pada hari ke-14 dari siklus menstruasi).

Adapun yang dimaksud masa subur adalah rentang waktu, ketika sel telur ada dan siap untuk dibuahi. Sel telur sendiri berada dalam tuba falopi, selama kurang lebih tiga hingga empat hari; meski masa yang paling baik hanya sampai umur dua hari.

5. Mengatur Frekuensi Berhubungan Seksual

Mengatur Frekuensi Berhubungan Seksual

Mengatur Frekuensi Berhubungan Seksual / Elmina / www.pakarcinta.com

Kunci agar cepat hamil bukan dengan berhubungan seksual sesering mungkin. Sebab hal ini justru bisa menurunkan kualitas sperma. Adapun, James Goldfarb, MD., seorang Direktur Klinik Kesuburan Cleveland Amerika Serikat menyarankan, agar pasangan wanita berbaring selama 10-15 menit setelah berhubungan. Dengan begitu, sperma akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mencapai sel telur.

Kehadiran buah hati di tengah-tengah perkawinan memang satu hal yang amat ditunggu-tunggu. Nah, lima tips agar cepat hamil di atas, bisa dengan mudah Anda terapkan; tentunya dibarengi pula dengan kesabaran dan berserah kepada kuasa Tuhan.

Artikel Menarik Lainnya




comments