Setiap periode kehamilan membawa perubahan pada fisik dan mental ibu hamil. Hal ini dikarenakan adanya fluktuasi hormon dan perubahan bentuk tubuh ibu hamil. Pada usia kandungan 4-6 bulan, atau trimester kedua, ibu hamil biasanya sudah mulai jarang merasakan mual dan muntah, namun masih merasakan beberapa keluhan lain. Apa saja keluhan ibu hamil pada trimester kedua & cara mengatasinya? Mari kita simak ulasan berikut.

Sakit dan nyeri pada bagian tubuh tertentu

Biasanya pembahasan mengenai keluhan ibu hamil pada trimester kedua & cara mengatasinya mencakup tentang sakit dan nyeri pada bagian tubuh tertentu. Perkembangan janin yang cukup besar akan memengaruhi tubuh dan menekan beberapa organ tubuh ibu hamil. Beberapa organ akan terdorong, begitu juga otot dan jaringan. Akibatnya, bisa menyebabkan sakit kepala dan ketidaknyamanan secara keseluruhan, seperti mudah lelah, sakit punggung, pegal-pegal, dan linu pada pinggang atau otot.

Untuk mengatasinya, pastikan Anda mengontrol porsi makan, agar perut tidak terlalu penuh dan menekan organ dalam. Ibu hamil juga sebaiknya menggunakan sepatu yang nyaman dan tidak bertumit tinggi. Usahakan juga tidak duduk dengan menyilangkan kaki. Olahraga ringan juga akan membantu. Ada baiknya pada saat tidur, ibu hamil meninggikan posisi kaki dengan ganjalan bantal.

Gangguan Pencernaan atau Sembelit

Sembelit adalah salah satu keluhan yang paling sering ditemukan pada ibu hamil pada periode ini. Keluhan yang paling membuat tidak nyaman ini bisa diatasi dengan memilih menu makanan yang tepat dan dibarengi dengan konsumsi air putih yang banyak. Banyak mengonsumsi makanan berserat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, sangat disarankan untuk mengatasi sembelit.

Selain mengatur diet, ibu hamil disarankan tetap aktif berolahraga. Dengan begitu, metabolisme akan terjaga, dan buang air besar juga akan lancar. Jika sembelit tidak teratasi, jangan mengonsumsi obat pencahar tanpa berkonsultasi pada dokter terlebih dulu, karena tidak semua obat yang ada di pasaran aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Jauh lebih baik jika Anda mencoba mengatasinya dengan cara alami daripada dengan obat-obatan kimia.

Gusi Berdarah dan Sariawan

Keluhan ini normal dialami ibu hamil pada trimester kedua, dan penyebabnya terkait dengan ketidakseimbangan hormon kehamilan, sehingga respons jaringan terhadap plak menjadi lebih lemah. Gusi berdarah juga bisa disebabkan karena kebersihan oral yang buruk. Sementara sariawan sendiri dikaitkan dengan respons imun, yang bisa disebabkan oleh stres, kekurangan vitamin C, atau karena tergigit.

Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan gigi menggunakan sikat gigi dengan bulu yang halus dan lembut, untuk mengurangi kemungkinan luka pada gusi. Gigi juga dapat dibersihkan dengan benang khusus (dental floss). Pastikan asupan makanan bergizi, terutama vitamin C, untuk membantu. Jika gusi Anda menjadi lebih mudah berdarah daripada biasanya, pergilah ke dokter gigi untuk diperiksa.

Sulit Tidur

Ada banyak hal yang menyebabkan ibu hamil sulit tidur, sebut saja: sering terjaga di tengah malam karena ingin buang air kecil, posisi tidur yang serba sulit, hingga gerakan janin yang mengganggu kenyamanan tidur. Tingginya hormon progesteron saat hamil juga punya andil dalam menyebabkan keinginan buang air besar pada malam hari.

Ibu hamil bisa mengatasi hal tersebut dengan olahraga ringan dan mengatur berat badan. Minum air yang banyak pada pagi hingga sore hari, namun saat mendekati waktu tidur, jangan minum terlalu banyak. Mengepit guling dan mengganjal pinggang dengan bantal juga bisa membuat ibu hamil untuk tidur lebih nyaman.

Meskipun ada beberapa hal yang membuat tidak nyaman pada setiap periode kehamilan, tentunya hal itu tidak akan mengurangi kebahagiaan yang akan diperoleh ketika si kecil lahir dengan sehat. Semoga informasi keluhan ibu hamil pada trimester kedua & cara mengatasinya ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel Menarik Lainnya




comments