Dari sekian banyak yang gelisah karena belum menikah juga, risau karena tak kunjung bertemu jodohnya ternyata masih ada beberapa saudara/ri kita yang malah enggan untuk menikah ? Baginya menikah tak terlalu penting, sehingga orang yang seperti ini cenderung untuk menunda-nunda pernikahannya. Bukan karena belum ada jodohnya, tidak juga sebab belum siap secara finansial. Mereka merasa pernikahan hanya akan menghambat karirnya, pernikahan adalah beban hidup dan pernikahan sama dengan menambah masalah hidup.

Menikahlah karena itu perintah Allah SWT

Allah SWT berfirman dalam surah An-nur ayat 32 :

” Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan menjadikan mereka mampu dengan karunia-Nya…”

Sahabatku semua yang mungkin berpikiran untuk apa menikah karena saya toh sendiri bisa mandiri dan sudah bahagia. Ketahuilah sejatinya pernikahan adalah tuntunan dari Allah SWT. Allah yang memerintahkan, tentu banyak manfaat kebaikan di balik ibadah pernikahan untuk setiap yang melaksanakannya.

Menikah sunnahnya Nabi kita Muhammad SAW

Yang kedua pernikahan adalah sunnahnya Rasulullah SAW. Melansungkan pernikahan adalah bagian dari menghidupkan sunnah Rasulullah SAW

“Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun” (HR.Ibnu Majah)

Jika Rasulullah SAW menyuruh kita umatnya untuk menikah, tentu banyak sekali manfaat kebaikan di balik sunnah Rasulllah SAW ini. Beberapa diantara kebaikan dari sunnah menikah adalah menjaga diri dan hati kaum muslimah dari berbagai fitnah dunia, menjaga diri laki-laki dari godaan syahwatnya, menjadi sumber ketenangan hidup dan sebagai jalan untuk melahirkan generasi shaleh/ha yang akan terus melanjutkan estafet yang menyiarkan risalah Islam.

Menikahlah sebagai bakti pada orang tuamu

Semua orang tua tentu mengharapkan anaknya melansungkan pernikahan, mendapatkan menantu yang baik akhlaknya dan bagus agamanya serta menghabiskan masa tua dengan bermain bersama cucu adalah impian setiap orang tua. Makanya tak jarang para orang tua merasa resah jika anaknya belum menikah, khawatir kalau dia tak sempat lagi menyaksikan pernikahan anaknya dan bisa menggendong cucunya lantaran jatah usia yang telah habis dari Allah SWT.

Luruskan niat menikah

So, jika masih ada dalam hati anda keragu-raguan untuk menikah, entah apapun alasannya. Kembali luruskan niat menikah. Niatkan dalam hati menikah untuk memenuhi perintah Allah SWT, mengikuti sunnah Rasulullah SAW dan menyenangkan hati orang tua.

Sumber foto : rrcakesid.com

Artikel Menarik Lainnya




comments