Menanti jodoh, apalagi di usia yang kian matang, seperti menanti sesuatu yang gelap dan tak terraba pandangan. Banyak di antara kita para muslimah yang menjadi resah di saat teman-teman lain satu-persatu mulai naik ke pelaminan. Enggan rasanya datang ke pesta pernikahan mereka, karena hanya menyisakan kesedihan di hati dan pertanyaan yang tak selesai : kapankah masanya tiba?

Tak dapat dipungkiri, kadang muncul kegelisahan yang kuat tatkala usia terus beranjak, sementara jodoh belum terlihat tanda-tandanya. Jika memang ini yang kita alami, apa yang bisa kita lakukan?

Berikut ini beberapa tipsnya.

  1. Terima Kondisi dan Bertawakkal

Kerisauan hati biasanya hadir karena kita tidak mau menerima apa yang telah/sedang terjadi. Maka kita perlu benar-benar menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah Yang Maha Berkehendak. Dalam munajat kita, ucapkanlah,  “Ya Allah, aku menerima keadaan ini”. Lakukan saja terus-menerus meski hati belum sepenuhnya sejalan dengan apa yang kita ucap, karena ucapan kita dimaksudkan untuk membimbing hati ke arah sana. Adukan pada Allah, ucapkan dan bawalah hati kita untuk benar-benar pasrah total kepada Rabb Yang Maha Penyayang. Setelah ini dilakukan, mudah-mudahan perasaan kita lebih plong karena ketidakrelaan menghadapi problem ini semakin berkurang dan penerimaan kita semakin membesar.

  1. Bersabar dalam Ketaatan

Sabar disini bukan berarti kita diam, pasif, menunggu, tetapi sabar yang dimaksud dalam kehidupan seorang mukmin adalah sepenuh hati berikhtiar di jalan yang diridhoi-Nya, berdoa, beribadah, memohonkan yang terbaik bagi diri kita.  Ibadah menunjukkan usaha kita untuk berdekat-dekat dengan-Nya. Ibadah juga akan menjadikan jiwa kita kuat, keimanan kita lebih kokoh. Perbanyaklah tawakkal kita dan berserahlah kepada segala keputusan-Nya. Bersujud di hadapan Yang Maha Penyayang akan membuat kita tenang dan tenteram, karena kita tahu, hanya Dia-lah tempat bergantung, tempat meminta segala hajat, serta tempat kembali segala urusan.

  1. Berprasangka Baik pada Allah

Yaitu dengan cara meyakini  bahwa setiap rencana Allah pasti terbaik untuk kita. Allah-lah yang menciptakan kita, maka Ia Mahatahu luar-dalamnya kita. Allah Yang Maha Berkehendak, maka segala yang terjadi adalah dengan sepengetahuan dan seijin-Nya. Allah jua Rabb Yang Mahabaik , maka segala yang terjadi hanyalah kebaikan bagi kita. Termasuk juga alasan mengapa jodoh kita belum juga datang, hanya Allah yang tahu, Allah yang mengijinkan, dan semua ini mengandung kebaikan bagi kita.

  1. Menyibukkan Diri dalam Kebaikan

Ketika kita tidak sibuk dengan kebaikan, maka kita akan sibuk dengan hal lainnya (keburukan), demikian kutipan terkenal dari ulama Hasan Al Bashri. Menjadi sibuk akan membuat kita lupa dengan masalah yg dihadapi, meski bukan berarti juga kita mengabaikan. Tetapi setidaknya kesibukan akan meminimalisir waktu kosong yang sangat rentan membuat kita terbawa perasaan. Hal ini kita lakukan agar tak melulu berkutat dengan perasaan sedih, minder, atau hal negatif lainnya.

  1. Berinteraksi dengan Orang-orang/Komunitas yang positif dan shalih/ah

Bergaul dengan orang-orang yang baik akan menularkan hal baik mereka pada kita. Menyibukkan diri dengan komunitas yang baik bukan hanya menambah saudara, tetapi juga menjaga diri kita untuk terus membersamai kebaikan itu sendiri. Berada di lingkungan yang baik juga akan membawa situasi kondusif agar kita terus meningkatkan kualitas diri. Bukankah dekat dengan penjual minyak wangi, akan tertular harum parfumnya?  Komunitas positif juga akan menjaga kita untuk mengingat Allah. Carilah pengajian rutin pekanan yang secara intens dan kontinue dapat men-charge ruhiyah kita. Dengan begitu akan membantu kita menjaga kestabilan ruh dan menjaga kedekatan kita dengan Allah.

  1. Stay calm and live your life happily!

Yap. Apalagi yang bisa kita lakukan selain menjalani hidup dengan penuh gairah? Toh Allah akan memberikan kita yang terbaik di waktu yang tepat, bukan? Jadi berhentilah meratapi nasib, karena waktu kita sangat berharga untuk dipenuhi dengan karya. Bergeraklah, nikmati hidup, habiskan waktu untuk hal yang  bermanfaat, dan berbagilah semangat dengan teman-teman yang saling menguatkan.

Demikianlah tips untuk kita yang belum bertemu dengan jodohnya. Bersama Allah segala yang berat akan terasa ringan. Dan tentu saja, cukuplah Allah yang memenuhi hari-hari kita 🙂

***

Sumber gambar : http://www.wallpaperswide.us/single-flower-green-background-wallpaper/

Artikel Menarik Lainnya




comments