Setiap kita memiliki masa emas, ada yang berhasil melewatinya dengan baik namun tak sedikit juga abai hingga akhirnya masa ini berlalu begitu saja. Salah satu masa emas itu adalah masa muda, rentang usia 13 tahun – 25 tahun. Pada saat ini waktu cenderung lebih banyak luang, pikiran masih segar, hati masih jernih dan stamina pun masih joss tanpa harus minum e*t*a jo**.

“Tidak akan bergeser kaki seorang manusia dari sisi Allah pada hari kiamat (nanti), sampai dia ditanya tentang lima (perkara): tentang umurnya, untuk apa dihabiskan ?Tentang masa mudanya, untuk apa digunakan ? Hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dibelanjakan ? Ilmunya, bagaimana dia amalkan ilmunya ?” (HR. Tirmidzi) 

Sebagai umat muslim kita masa muda ini adalah masa istimewa, bahkan juga penting. Begitu pentingnya masa muda ini sampai-sampai Rasulullah SAW mengingatkan kepada kita kalau masa ini akan diminta pertanggung jawabannya di akhirat kelak.

Gunakan masa mudamu untuk berkarya dan bahagiakan orang tua

Pada realitanya kita banyak menemukan banyak anak-anak muda yang membiarkan masa mudanya terlewat begitu saja. Ada yang menghabiskannya dengan kongkow nongkrong di gang sempit, ada yang menghabiskannya hanya untuk bermain-main saja, ada yang menghabiskan waktunya untuk pacaran serta ada juga yang memberdayakan semua potensi yang dimilikinya untuk berkarya.

Saat masih muda, apalagi masih sendiri. Maka ketika itulah kamu utuh  milik ayah – ibumu. So, manfaatkanlah masa itu sebaik-baiknya untuk membahagiakan mereka. Temukan potensi yang dimiliki, asah terus dan lejitkan sehingga potensi yang ada tersebut menjadi modal awal bagimu untuk berprestasi dengan karya-karya hebat. Dan, jika itu terjadi tentu orang tuamu akan bahagia, mereka akan bangga dikarunia anak sepertimu.

Mengawali perjalanan 10.000 jam

Kamu pernah mendengar kaidah 10.000 jam ? Ini sebuah teori hasil penelitian yang dilakukan oleh Malcom Gladwel terhadap orang-orang sukses dan ahli di bidangnya. Sebut saja misalnya Bill Gates, Steve Jobs, dan banyak lagi yang lainnya dari bidang berbeda. Dari hasil penelitiannya itu Malcom menyimpulkan sebuah teori yang disebutnya sebagai kaidah 10.000 jam.

Teori ini menjelaskan kepada kita apa rahasia seseorang bisa menjadi benar-benar ahli di bidangnya. Ternyata rahasia mereka semua sama, yaitu melakukan satu hal berulang – ulang serta terus melakukan perbaikan selama 10.000 jam.

Masa muda, adalah masa yang tepat bagimu untuk memulai langkah perjalanan 10.000 jam ini. Apapun impianmu, mulailah saat ini juga, latih diri terus, belajar lagi hingga kamu melewati 10.000 jam dan kamu benar-benar ahli dibidang yang kamu pilih tersebut.

Cepat atau lambatnya kamu mencapai 10.000 jam tentu sangat bergantung pada kapan kamu memulainya dan bagaimana proses menjalaninya. So, mumpung masih muda, mulailah segera.

Pacaran hanya akan membuat masa depanmu suram

Kita bisa saksikan sendiri entah berapa banyak yang akhirnya putus sekolah, putus kuliah bahkan membuat malu orang tuanya sendiri hanya gara-gara pacaran. Berbagai data pun menayangkan tingkat aborsi yang dilakukan oleh remaja meningkat dari tahun ke tahun. Coba bayangkan bagaimana pedihnya hati orang tua saat mengetahui anaknya telah hamil duluan atau saat anaknya jadi buronan gara-gara menodai anak gadis orang. Coba renungkan betapa menyakitkannya penyesalan yang dirasa saat masa-masa emas yang semestinya digunakan untuk hal-hal terbaik terpaksa menjadi masa kelam yang penuh dengan tangis serta penyesalan.

Lha kan nggak semua begitu ? Ada juga yang pacaran malah prestasi makin melejit, karyanya makin bersinar . Mereka saling memotivasi satu dan lainnya. 

Mungkin benar ada yang seperti itu, tapi patut kita pertanyakan berapa banyak yang pacarannya menjadi jalan untuk prestasi jika dipersentasikan ? Mana yang lebih banyak dibanding anak-anak muda lainnya yang aktivitas pacarannya malah membawanya ke limbah kemudharatan ? Tentu kamu sendiri bisa menjawab sendiri dengan menyaksikan data-data yang ada.

Dan, tentang pacaran apapun alasannya tetap lebih banyak mudharat dari kebaikannya. Sebab sekecil-kecilnya maksiat pacaran adalah zina hati dan ini adalah awal dari maksiat-maksiat besar lainnya.

So, jika kamu masih muda. Manfaatkanlah masa emasmu sebaik-baiknya, jadikan itu sebagai kendaraan yang melejitkan dirimu yang berkilau karena prestasi dan mengumpulkan emas yang sesungguhnya. 

Sumber foto : pexels.com

Artikel Menarik Lainnya




comments