Pertanyaan :

Assalammualaikum.
dulu saya pernah punya pacar dan hubungan kami sudah berjalan selama 2 tahun. kami saling mencintai dan kami pikir kami akan berjodoh. tapi suatu hari dia pergi keluar kota untuk belajar. dan ada kejadian yang tidak pernah saya sangka bahwa ternyata ada laki laki yang mempunyai niat baik bahwa dia ingin melamar saya. lalu saya putuskan pacar saya. dan menerima si laki laki atas pertimbangan keluarga. Apa ini takdir dari Allah untuk saya?
Judul Pertanyaan: Apa ini takdir Allah?

Jawaban :

alaikumussalaam wrwb

Dear ukhti W,
keputusan untuk memilih sesungguhnya sangat terbuka lebar bagi seorang muslimah. dan menjadi hak Anda untuk memilih siapa yang terbaik dari segi agamanya, akhlaqnya, rasa tanggung jawabnya, dan lain-lain. Jika memang laki-laki ini lebih baik dan Anda serta keluarga sreg dengannya, tidak ada salahnya Anda segerakan menikah, apalagi jika memang Anda berdua telah siap untuk itu.
Jodoh sendiri -sebagaimana rizki dan maut- sebenarnya sudah ditentukan oleh Allah. Namun yang menjadi fokus kita adalah bagaimana ikhtiar kita dalam menemukannya. Memilih jodoh yang baik, berusaha memperbaiki dan memantaskan diri memasuki gerbang rumah tangga, mempelajari ilmu pernikahan dsb, adalah sekian banyak ikhtiar yang bisa kita lakukan dalam menjemput  jodoh tersebut. Jangan lupa, pastikan selalu untuk meluruskan niat dan menjaga proses sebelum pernikahan untuk meraup sebanyak mungkin keberkahan dari Allah.
Semoga Allah mudahkan, ya.

***

picture http://www.mackinacbridge.org/

Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

1 + 9 =

Artikel Menarik Lainnya




comments