Pertanyaan :

Assalamualaikum..wr..wb..

Sudah 4 tahun ini ada seorang laki-laki yang selalu menghubungi saya lewat medsos atau telpon. tapi saya hanya menanggapi sekedarnya. Kemudian dia berniat silaturahmi kerumah yang jaraknya 2,5 jam perjalanan roda 2. setelah pertemuan itu saya menegaskan apakah dia serius kepada saya. Lalu dia menjawab serius. kemudian dia bertanya berapa besar mahar yang saya inginkan. Setelah mendengar mahar itu, ia meminta waktu 1 thn. dengan alasan ia anak tunggal dari keluarga tidak mampu. yang harus membantu keperluan keluarga & sedang memperbaiki rumah orang tuanya pula. lalu saya meminta agar dia tidak menghubungi saya dulu untuk menjauhi zina. tetepi dia tetap menghungi saya terus menerus. Dengan begitu, keputusan apa yg tepat saya lakukan. terimakasih..

Jawaban :

Waalaikumsalam…wr..wb..

Jika benar dia serius menikah dengan anda, sebaiknya langkah yang dia lakukan adalah melamar dengan menemui orang tua anda. Jika anda menerima lamaran tersebut tentu langkah selanjutnya adalah menentukan tanggal pernikahan. Saran kami untuk tanggal pernikahan jangan terlalu lama dari waktu lamaran. Dan selama menunggu ke pernikahan sebaiknya saling menjaga diri dan kalau memang ada yang mau disampaikan lebih baik melalui perantara seperti orang tua, kakak atau adik anda, jadi tidak berkomunikasi lansung.

Untuk kasus anda jika belum ada penentuan tanggal pernikahan dan kepastian untuk menikah maka sebaiknya akhir saja hubungannya. Karena hubungan tanpa status yang jelas rentan menjadi sebab terjadinya maksiat. Dan bagi anda jika memang melihat dia laki-laki yang shaleh, taat dan bagus akhlaknya sebaiknya jangan meminta mahar yang memberatkan. Lihat seperti apa kemampuan laki-laki tersebut dan minta sesuai kemampuannya. Sebab kata Rasulullah Saw. sebaik-baiknya wanita dalah yang ringan maharnya dan memberi kemudahan untuk menyegerakan pernikahan.

Semoga membantu.

 

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

9 + 14 =

Artikel Menarik Lainnya




comments