Olahraga yang Tepat Bagi Ibu Hamil

Hamil dan olahraga bagi sebagian orang mungkin masih terdengar berbahaya. “Memang boleh ibu hamil tetap berolahraga?” Pertanyaan seperti ini sering sekali muncul saat ibu hamil disarankan berolahraga atau saat kita melihat ibu hamil lainnya berolahraga. Olahraga bagi ibu hamil sebenarnya sangat baik dan sangat dianjurkan, karena akan membantu dalam proses persalinan. Selain itu, olahraga juga dapat membantu tubuh ibu hamil agar tetap bugar, mengurangi risiko overweight, dan membuat ibu hamil tetap relaks dan bahagia. Biarpun sangat bermanfaat, tapi tidak semua olahraga boleh dilakukan oleh ibu hamil. Ibu hamil hanya dapat melakukan olahraga ringan dan yang pasti aman untuk janin.

Apa saja sih olahraga yang tepat bagi ibu hamil dan tidak berisiko bagi kehamilan? Berikut akan dibahas berbagai macam olahraga yang baik untuk ibu hamil.

Jalan Kaki

Jalan Kaki

Jalan Kaki / Elmina / www.d7news.com

Salah satu olahraga yang paling mudah dan paling murah adalah berjalan kaki. Olahraga ini sangat baik untuk melatih jantung buah hati Anda di dalam kandungan. Berjalanlah selama kurang lebih 30 menit setiap harinya.

Agar dapar berolahraga dengan baik, bawalah air minum agar Anda tidak dehidrasi. Hindari berolahraga di siang hari saat matahari sedang terik, atau pada pada malam hari. Pilihlah jalur yang jalannya datar dan tidak menanjak.

Waspadai jika saat berjalan kaki Anda mengalami sesak nafas, sakit di dada, pusing, muncul pendarahan, kontraksi, kram atau sakit pada betis, dan kemungkinan pecah ketuban. Perhatikan juga pergerakan bayi jika tiba-tiba berkurang. Jadi ada baiknya Anda ditemani oleh pasangan atau teman.

Pilates dan Yoga

Pilates / Elmina / www.luluelhasbu.com

Pilates sangat baik untuk membantu mengurangi sakit punggung, sakit pada otot perut, melancarkan persalinan, dan tentu saja membantu tubuh Anda agar tetap relaks. Pilihlah instruktur pilates yang berpengalaman dalam melatih pilates khusus ibu hamil.

Melakukan olahraga yoga sama seperti pilates dan senam hamil, harus didampingi pelatih profesional. Yoga dapat membantu menjaga kebugaran tubuh, melatih relaksasi dan pernapasan yang sangat penting bagi ibu hamil saat persalinan nanti. Yoga juga dapat memberikan perasaan tenang dan mengurangi rasa takut dalam menghadapi persalinan.

Zumba & Aerobik

Zumba & Aerobik / Elmina

Menari adalah olahraga yang menyenangkan. Iringan musik dan gerakan sesuai irama dapat membawa suasana ceria dan memberi ibu hamil rasa senang. Berhati-hatilah dalam memilih tarian dan gerakannya, usahakan untuk tidak memilih gerakan yang melompat dan berputar, karena akan berisiko cedera dan dapat berbahaya bagi janin. Anda dapat melakukan gerakan yang sekiranya aman dan nyaman. Pilihlah pelatih yang berpengalaman melatih ibu hamil.

Kegel

Kegel

Kegel / Elmina / www.health.kompas.com

Olahraga ini dapat membantu memperkuat otot-otot panggul yang akan mempermudah proses kelahiran. Saat melahirkan, dibutuhkan hormon relaksin yang akan melembutkan ligamen dan sendi. Hormon relaksin dapat diproduksi selama masa kehamilan, dan latihan kegel dapat membantu memproduksi hormon tersebut.

Berenang

Renang / Elmina / www.tempo.co

Salah satu olahraga terbaik lainnya adalah berenang. Selain minim risiko cedera, berenang juga sangat baik untuk melatih otot-otot kaki dan tangan, meningkatkan kinerja jantung, dan membantu menjaga kestabilan berat badan.

Hindari dehidrasi dengan minum segelas air putih setiap 15 menit selama dan sesudah berenang.

Anda dapat berolahraga renang selama 30 menit setiap harinya. Disarankan untuk menggunakan gaya dada, karena gaya ini paling minim teknik dan tenaga.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba gaya punggung yang membantu menghindari risiko gangguan aliran darah dan mengurangi efek gravitasi.

Senam Hamil

Senam Hamil / Elmina / http://www.suryaonline.co/

Olahraga yang cukup populer dan banyak tersedia adalah senam hamil. Meskipun Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan bantuan DVD atau semacamnya, akan lebih baik jika Anda memilih pelatih khusus senam hamil yang sudah berpengalaman.

Selain bermanfaat untuk kebugaran dan melatih pernapasan, senam hamil yang dilakukan dalam grup juga akan membuat Anda dapat berinteraksi dengan ibu hamil lainnya dan berbagi cerita dan pengalaman. Hal ini juga berlaku untuk pilates, yoga, zumba, dan aerobik yang biasanya dilakukan dalam grup. Senam hamil akan membantu menguatkan sekaligus melenturkan otot-otot yang akan diperlukan selama proses persalinan nanti.

Jika Anda sedang hamil, segeralah mencoba olahraga yang tepat bagi ibu hamil ini, dan rasakan manfaatnya saat Anda melahirkan nanti. Selamat mencoba.

Artikel Menarik Lainnya




comments