“Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa bulan Muharam dan sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat lail (shalat malam).”(HR.Muslim)

Shalat malam adalah shalat yang diutamakan setelah shalat fardhu, tak sedikit keutamaan yang didapatkan jika kita bisa melaksanakan bahkan merutinkan shalat malam (Baca : 3 Keutamaan Shalat Malam ) . Namun diantara banyak keutamaan yang didapatkan dari shalat malam, ternyata mendirikan shalat malam bukan perkara yang mudah. Shalat malam menjadi shalat yang amat berat bagi sebagian manusia kecuali bagi mereka yang Allah beri pertolongan.

Bangun disepertiga malam, disaat tidur begitu nyenyak, disaat istirahat begitu nikmat ditambah dengan dinginnya malam menjadikan ujian tersendiri bagi kita untuk menunaikan shalat malam. Seperti yang kami sampaikan diatas, shalat malam adalah berat tapi akan menjadi suatu yang ringan jika kita diberi pertolongan oleh Allah SWT. In syaa Allah dalam tulisan kali ini kita akan membahas 5 tips sederhana yang bisa memudahkan kita untuk bangun mendirikan shalat malam. Adapun 5 tips tersebut adalah :

1. Tidak makan terlalu banyak atau berlebihan 

Satu yang hal membuat kita susah bangun tidur adalah makan terlalu banyak dan berlebihan sehingga ulama mengingatkan kita “Jangan banyak makan sehingga banyak minum, lalu kalian banyak tidur”

2. Tidak bekerja terlalu banyak dan berlebihan disiang hari

Hal kedua yang bisa membuat kita susah untuk bangun di malam hari adalah terlalu banyak dan berat bekerja disiang hari sehingga menyebabkan kita terlalu letih dan tertidur pulas dimalam hari.

3. Biasakan tidur walau sebentar disiang hari

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berucap: “Kami dahulu bersegera pergi ke shalat jum’at, kemudian kami tidur siang setelah mengerjakan shalat jum’at.” (HR. al-Bukhari)

Salah satu sunnah rasulullah SAW yang sering kita lupakan adalah tidur disiang hari, tidur disiang hari ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh.

4. Tidak melakukan maksiat dan dosa disiang hari

Maksiat serta dosa adalah hal yang menjadikan kita berat melakukan shalat malam, dosa serta maksiat mengeraskan hati dan menjauhkan seseorang dari rahmat (pertolongan Allah SWT) sebagaimana dituturkan oleh ibnu Mas’ud ketika datang padanya seorang penguasa yang mengadukan dirinya tidak mampu mendirikan shalat malam ia mengatakan “Dosa telah menjauhkan seseorang dari kalian”. 

Maka jika ingin diberi rahmat (pertolongan oleh Allah SWT) agar kita dimampukan mendirikan shalat malam sudah semestinya kita menjauhi maksiat, meninggalkan perbuatan dosa sekecil apapun itu dan selalu perbanyak istigfar.

5. Niat serta tekad yang kuat dalam mendirikan shalat malam.

“Pahala sesuai dengan kadar kepayahan:” (HR Bukhari Muslim)

Selain 4 tips diatas, butuh niat serta tekad yang kuat untuk mendirikan shalat malam. Untuk memulai mendirikan shalat malam tentu tidak ringan, apalagi jika selama ini kebiasaan bangun disepertiga malam tidak pernah dibentuk. Butuh energi ekstra di awal-awal, bersabar dalam membangun kebiasaan shalat malam hingga suatu waktu shalat malam sudah menjadi kebiasaan hidup yang susah untuk ditinggalkan.

Mendirikan shalat malam memang berat dan payah, tapi berbahagialah karena Rasulullah SAW pernah menyampaikan kalau pahala seseorang sesuai dengan kadar kepayahannya artinya semakin payah dan berat kita dalam melakukan suatu amal kebaikan maka in syaa Allah semakin besar pulalah balasan pahala yang Allah berikan.

Sumber foto : semua-tentang-agam-islam.blogspot.com

Artikel Menarik Lainnya




comments