Ada yang lebih berharga dari waktu untuk mencari uang 
Ada yang lebih mahal dari waktu untuk mengejar karir 
Yaitu waktu bersama dengan putra-putri tercinta

Berangkat di pagi hari saat matahari belum menampakkan rupanya, dan pulang lagi ketika matahari sudah bersembunyi di balik gelapnya malam. Berangkat saat anak masih tidur dengan nyenyak dan pulang ketika anak sudah terlelap. Kami yakin setiap orangtua merasa ada yang salah akan hal ini, mereka sadar ini masalah tapi di satu sisi tidak bisa juga menghindarinya karena memang seperti itulah cara mereka mencari nafkah.

Anak tentu membutuhkan waktu berkualitas dari orangtuanya, begitu juga setiap orangtua tentu rindu untuk bisa selalu bersama dengan anaknya. Tentu, menjadi solusinya orangtua perlu melakukan kita-kiat agar waktu pekerjaan dan waktu bersama keluarga seimbang. Sukses di pekerjaan dan juga bisa memberikan dampak kebaikan pada keluarga.

Berikut adalah beberapa tip menyeimbangkan waktu antara pekerjaan dan keluarga.

Luangkan waktu berkualitas untuk anak setiap hari

Sesibuk apapun anda, sediakan waktu berkualitas setiap hari untuk bisa bersama dengan anak anda. Apakah itu 1 jam, 2 jam atau 30 menit. Anda bisa memberikan waktu berkualitas untuknya di pagi hari misal menemaninya sarapan, mengantar ke sekolah, jalan kaki bareng atau bisa juga menyediakan waktu berkualitas bersama anak di malam hari seperti membacakan cerita padanya sebelum tidur, makan bersama, main kejar-kejaran dan berbagai aktivitas bermanfaat lainnya.

Beritahu anak akan hal ini, kalau dia memiliki waktu berkualitas dengan anda setiap hari.

Matikan gadget anda saat bersama dengan anak

Setelah anda meninggalkan anak seharian penuh, ketika anda pulang ke rumah anda pun sibuk dengan gadget anda. Sebagai solusi agar anak tidak rewel anda belikan juga gadget yang tentu ini adalah solusi buruk bagi mereka. Mungkin alasan orangtua capek sepulang bekerja, tapi perlu diingat anak tidak hanya butuh makan, pakaian, uang jajan dari anda. Tetapi anak juga membutuhkan kasih sayang, perhatian dan waktu berkualitas dari anda. Saat bersamanya tahanlah ego anda untuk bermain gadget, matikan gadget anda dan bermainlah bersama mereka.

Tidak membawa pekerjaan kantor ke rumah

Sebanyak apapun pekerjaan anda jangan sesekali dibawa ke rumah, jika itu perintah atasan sampaikan pada atasan anda kalau anak anda juga membutuhkan waktu anda di rumah. Saat dikantor adalah pekerja, bekerjalah dengan profesionalitas tinggi. Begitu juga ketika pulang ke rumah anda menjadi orangtua, jalankan peran sebagai orangtua juga dengan profesional dan penuh dedikasi.

Tidak membawa permasalahan kantor ke rumah

Jika anda di kantor memiliki masalah entah itu masalah pekerjaan, masalah dengan atasan atau sesama karyawan lainnya maka jangan sesekali bawa ke rumah. Saat anda melangkahkan kaki meninggalkan kantor saat itu jugalah anda tinggalkan permasalahannya.

Tetap bangun komunikasi dengan anak meskipun anda tidak di rumah

Anda bisa tetap mengontrol anak dan memastikan dia baik-baik saja meskipun sedang tidak di rumah. Anda bisa menelponnya di jam istirahat atau jam makan siang untuk menanyakan kabar, mengingatkan agar segera makan dan jangan lupa menunaikan shalat. Dengan rutin melakukan aktivitas ini, anak merasakan kepedulian dan kasih sayang dari anda.

Sampaikan pada anak-anak dengan jujur jika memang suatu ketika anda tidak bisa membersamainya

Jika suatu ketika anda benar-benar tidak bisa membersamainya mungkin karena harus lembur atau ke luar kota untuk pekerja maka sampaikan pada anak dengan jujur. Minta maaf kepada mereka dan mohon pengertiannya. Dengan melakukan hal ini maka anda secara tidak lansung telah membangun kedekatan dengan anak anda.

Berikan hadiah atau kejutan padanya

Untuk memberikan hadiah pada anak tentu tidak harus di waktu ulang tahun atau hari spesialnya. Anda bisa kapan saja memberikan kejutan padanya. Mungkin di saat anak anda berhasil menghafal ayat-ayat pendek anda bisa berikan apresiasi berupa hadiah, apakah itu berupa makanan kesukaannya, mengajaknya berliburan, membelikan dia mainan atau hal-hal lainnya.

Sediakan waktu berkualitas satu hari penuh bersama anak anda secara berkala

Anda bisa menyediakan waktu berkualitas satu atau dua hari penuh bersama anak anda dalam waktu tertentu, misalnya sekali 1 bulan, sekali 2 bulan atau disesuaikan dengan kondisi anda. Dalam waktu berkualitas ini anda bisa mengajaknya keluar makan bersama atau jalan-jalan ke tempat wisata.

Batasi hubungan anak anda dengan televisi dan gadget

Batasi hubungan anak anda dengan televisi dan gadget, sadarilah gadget dan televisi memberikan banyak mudharat bagi anak-anak kita. Jauhkanlah anak anda dari benda-benda itu, anda bisa mencari alternatif lain seperti permainan edukatif, buku cerita dan hal-hal lain yang bermanfaat bagi perkembangan anak.

Membagi peran secara seimbang yang antara suami dan istri

Sejatinya keluarga adalah sebuah organisasi kecil, agar organisasi ini berjalan dengan baik dan bisa mencapai visi misinya maka diperlukan kerja tim yang baik. Tentu yang menjadi tim inti dari organisasi bernama keluarga ini adalah ayah dan ibu. Bagilah peran dengan baik, Islam sendiri mensyariatkan kalau peran suami bekerja di luar mencari nafkah sementara ibu di rumah membersamai anaknya. Jangan sampai anda suami istri sibuk bekerja di luar dan anak dititipkan kepada ART, ini tentu tidak baik untuk perkembangan anak anda. Sebab, yang dibutuhkan oleh anak kita bukan hanya orang yang bisa menemani dan mengawasinya tetapi juga sentuhan kasih sayang dari seorang ibu.

Artikel Menarik Lainnya




comments