Melahirkan buah hati tentu menjadi kebahagiaan dan kepuasan tersendiri bagi wanita, tetapi di sisi lain perubahan fisik pascamelahirkan kadang menjadi pemicu stres tersediri bagi wanita. Masalah berat badan yang tidak kunjung turun merupakan masalah yang paling sering dikeluhkan oleh ibu pascamelahirkan. Bentuk perut, dada dan bokong menjadi tidak proporsional dan terkadang menimbulkan perasaan tidak percaya diri. Apakah Anda juga mengalaminya? Jika iya, simak tips mengecilkan perut, dada dan bokong secara alami setelah melahirkan berikut ini.

Secara prinsip untuk menurunkan berat badan pada ibu pascamelahirkan sebaiknya dilakukan melalui olahraga. Ibu pascamelahirkan tidak disarankan untuk melakukan diet makanan karena ibu harus menyusui dan memberikan nutrisi terbaik untuk buah hatinya. Beberapa olahraga yang aman untuk dilakukan oleh ibu setelah melahirkan antara lain:

1. Yoga dan Pilates

langsing pasca melahirkan dengan yoga muslimah

Yoga / Elmina / www.dream.co.id

Yoga merupakan salah satu jenis senam yang aman untuk dilakukan ibu pascamelahirkan. Selain dapat membakar kalori dan lemak pada tubuh, yoga dapat meningkatkan kelancaran peredaran darah dan dapat memberikan efek menenangkan jiwa. Lakukan yoga di waktu pagi atau sore hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pilates merupakan salah satu senam yang dapat mempercepat kembalinya bentuk tubuh ibu setelah melahirkan. Dibandingkan dengan yoga, latihan ini lebih cendrung memiliki pendekatan fisik. Tujuannya adalah lebih kepada mengembalikan kondisi otot dan meningkatkan kontrol otot.

Apabila Anda melakukan persalinan secara sectio caesaria, sebaiknya Anda menunggu jahitan luka bekas operasi sembuh terlebih dahulu.

Lihat perbedaan Yoga dan Pilates disini : Antara Yoga dan Pilates

3. Senam BL (Body Language)

Senam BL

Senam BL / Elmina / www.luluelhasbu.com

Senam BL (Body Language) merupakan senam pembentukan tubuh. Senam BL selain dapat melangsingkan perut, dada dan bokong juga dapat membantu mengembalikan elastisitas organ kewanitaan setelah melahirkan. Senam BL merupakan sebam yang berfokus pada panggul, perut, maupun bokong sehingga sangat dianjurkan untk ibu setelah melahirkan yang ingin mendapatkan tubuh kembali ideal dan organ kewanitaan kembali elastis.

Selain berolahraga beberapa aktivitas berikut juga dapat mempercepat usaha ibu dalam mengecilkan perut, dada dan bokong setelah melahirkan:

4. Menyusui dan Memberikan ASI Eksklusif

Asi Eksklusif

Asi Eksklusif / Elmina / momamore.wordpress.com

Menyusui dan memberikan ASI secara eksklusif meruakan aktivitas yang dapat membantu melangsingkan tubuh kembali pascamelahirkan. Menyusui dapat membantu membakar kalori sekitar 200 hingga 500 per hari. Jumlah kalori yang terbakar selama ibu menyusui hampir sama dengan jumlah pembakaran kalori ketika berenang atau joging selama beberapa menit. Selain dapat membakar kalori, menyusui juga dapat membantu mempercepat involusi uteri, yaitu kembalinya uterus atau rahim ke posisi semula sehingga perut cepat langsing kembali.

5. Menggendong dan Mengurangi Penggunaan Stroller

Menggendong Bayi

Menggendong Bayi / Elmina / www.babiesmagz.com/

Menggendong merupakan aktivitas yang hampir selalu dilakukan oleh ibu yang memiliki balita. Di zaman modern ini aktivitas menggendong memang terkadang bisa digantikan oleh ayunan maupun stroller, tetapi tahukah Anda bahwa aktivitas menggendong bayi ini dapat membantu membakar lemak dan kalori pada ibu pascamelahirkan secara cepat. Jadi sebaiknya minimalisasi penggunaan stroller dan ayunan, agar Anda dapat menimang buah hati Anda sekaligus membakar lemak di tubuh Anda.

6. Mengganti Camilan dengan Buah yang Minim Kalori

Mengganti Camilan dengan Buah yang Minim Kalori

Mengganti Camilan dengan Buah yang Minim Kalori / Elmina / www.gudangkesehatan.com

Ibu post partum atau pascamelahirkan juga dapat mengganti camilan menggunakan buah yang rendah kalori. Hal ini dapat membantu mempercepat ibu untuk kembali memiliki bentuk tubuh yang ideal. Beberapa buah yang dianjurkan antara lain apel, jeruk, melon, anggur, pir, dan berbagai buah minim kalori lainnya.

7. Banyak Mengonsumsi Sayur

Banyak Mengonsumsi Sayur

Banyak Mengonsumsi Sayur / Elmina / www.superindo.co.id

Ibu pascamelahirkan juga disarankan untuk banyak mengonsumsi sayur agar tidak mengalami konstipasi dan jumlah produksi ASI-nya semakin banyak. Semakin banyak produksi ASI yang dihasilkan dan semakin sering ibu menyusui, maka semakin banyak kalori yang terbakar dan ibu akan semakin cepat langsing kembali.

Demikian ulasan singkat mengenai tips mengecilkan perut, paha, dan bokong secara alami setelah melahirkan. Selamat mencoba dan dapatkan tubuh ideal Anda kembali.

Meta description: Anda ibu pascamelahirkan? Simak cara mengecilkan perut, paha, dan bokong secara alami setelah melahirkan.

Keyword: mengecilkan perut, paha, dan bokong secara alami setelah melahirkan.

Artikel Menarik Lainnya




comments