Sebelumnya anda sudah membaca tomba ati bagian pertama ?, jika belum bisa segera baca disini : Tombo Ati, Nasihat Klasik Yang Terlupakan 1 

Nah, ditulisan kali ini kita akan lanjutkan nasihat klasik tombo ati, sebuah nasihat kuno dari jawa yang jika diurai dan dipelajari penuh makna dan hikmah. Berikut adalah nasihat-nasihatnya.

3. Kaping telu, wong kang sholeh kumpul-ono (Berkumpullah dengan orang-orang sholeh)

“Enggak enakan” , tidak dipungkiri ini adalah salah satu karakter manusia, manusia memiliki sifat bawaan “enggak enakan”, biasanya hal ini terjadi paling sering terhadap teman sehingga kita cenderung ikut-ikutan teman. Jika temannya “nakal” biasanya ketika terlalu sering berinteraksi dengan temannya tersebut akan ketularan nakalnya. Contoh jika seseorang yang tidak merokok tapi karena terlalu sering bergaul dengan teman perokok maka akan besar kemungkinan dia akan jadi perokok juga, awalnya mungkin hanya “coba-coba” dan “ikut-ikutan” karena “enggak enakan” pada temannya. Tapi lama-lama terbiasa hingga akhirnya menjadi kebiasaan.

Begitu juga dengan kebaikan, ambil contoh ada seseorang yang awalnya enggan dan malas bangun subuh. Tapi suatu ketika dia menginap dirumah temannya yang mana disana semua penghuni rumah tersebut bangun subuh. Maka akan besar kemungkinan seseorang yang malas bangun ini akan ikut-ikutan bangun minimal karena “Enggak enakan” . Lama jika terus-menerus dilakukan tentu akan menjadi kebiasaan juga.

“Agama Seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Begitulah wasiat Rasulullah SAW kepada kita 14 abad silam agar memperhatikan siapa teman kita, jika kita ingin menjadi pribadi yang shaleh, taat dan baik maka bergaullah jugalah dengan orang yang memiliki kepribadian shaleh, taat dan baik.

4. Kaping papat, kudu weteng ingkang luwe ( Yang keempat perbanyaklah berpuasa)

“Berpuasalah kalian, niscaya kalian sehat.” (HR.Ibnu Al-Sunni dan Abu Nu’aim)

Puasa itu menyehatkan, itulah pesan Baginda Muhammad SAW kepada kita, perkataan beliau pasti benar karena sumbernya lansung dari Allah SWT. Tanpa pembuktian ilmiahpun sudah tentu menyehatkan. Namun dengan kita lebih tahu dampaknya secara ilmiah hal ini bisa menguatkan keimanan kita dan ketaatan kita kepada perintah Allah dan Rasulnya.

Secara ilmiah ternyata puasa memenuhi empat standar yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO). Puasa terbukti menyehatkan fisik, psikis, sosial dan spiritual.

Makanya sangat dianjurkan kepada Umat muslim untuk menjalankan ibadah sunnah diluar Ramadhan agar kondisi kesehatan tubuh selalu optimal dan terjaga.

5. Kaping limo, zikir wengi ingkang suwe ( Yang kelima, zikir malam perpanjanglah)

Pernah ikut pesantren kilat?, ya jika pernah tentu anda akan sangat hafal dengan salah satu “ritual” wajib di acara pesantren kilat yaitu “muhasabah” . Biasanya muhasabah dilakukan setelah shalat tahajud (sepertiga malam). Tak dipungkiri hampir semua peserta yang ikut muhasabah terisak-isak menangis mengingat dosa-dosa, mengingat kesalahan dan kekhilafan kepada orang tua dan tentu yang lebih menyedihkan ketika di ajak membayangkan meninggalnya orang tua oleh sang ustadz yang memimpin muhasabah.

Semangat untuk beribadah, semangat untuk menjadi lebih taat dan menjadi lebih shaleh adalah perasaan yang dirasakan setelah muhasabah. Namun sayangnya kita terkadang hanya melakukan muhasabah di waktu-waktu acara seperti pesantren kilat, acara “mabit” dan jarang bahkan tidak pernah melakukan muhasabah sendiri. Padahal kita membutuhkan muhasabah sebagai sarana untuk me-recharge ulang energi spisitual kita, memberikan ketenangan pada hati kita.

Zikir malam, adalah salah satu cara muhasabah yang bisa dilakukan sendiri, berzikir mengingat Allah di malam hari sembari mengingat dosa-dosa dan kekhilafan yang pernah dilakukan hingga tak terasa air mata mengalir membasahi pipi karena terkenang akan dosa-dosa.

Itulah sahabat semua, nasihat klasik tombo ati semoga kita semua bisa mengais mutiara hikmah dan menjadikannya sebagai amalan rutin dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel Menarik Lainnya




comments