Jodoh, katanya nggak akan kemana tapi entah kenapa tak sedikit orang yang terus gelisah bertanya dimanakah jodohnya…

Jodoh, katanya cepat atau lambat pasti akan bersua tapi entah kenapa makin hari makin banyak yang bingung siapakah jodohnya…

Membaca, membicarakan dan menuliskan perihal tentang jodoh adalah satu hal yang menarik tidak hanya bagi mereka yang masih sendiri dan dalam penantian jodohnya namun juga untuk mereka yang sedang berjuang membangun rumah tangga sakinah, mawaddah dan warahmahnya.

Bagi yang masih sendiri (baca : jomblo) tentu pertanyaan yang selalu berputar-putar dikepala adalah tentang siapakah jodohku ? Dimanakah jodohku ? dan juga kapan akan bertemu jodohku ?

Jodoh, hadiah terindah dari Allah SWT

Salah satu sujud syukur yang istimewa adalah sujud syukur setelah terucap kata sah oleh para saksi dalam akan pernikahan. Sebuah jawaban atas penantian beribu-ribu hari yang terkadang penuh dengan kegelisahan, kegalauan, perjuangan menahan diri, kesabaran dan berbagai rasa-rasa yang terkadang seperti akan mengiris ulu hati.

Di saat inilah momen ijab kabul menjadi momen terindah, meskipun terkadang tanpa dirasa air mata mengalir membahasi pipi namun tak bisa dibohongi kalau itu adalah air mata bahagia. Meskipun perjalanan kedepannya bukanlah perjalanan yang ringan, tentu akan lebih banyak lagi tantangan dan rintangan yang siap menghadang namun kebahagiaan akan tetap dirasa karena perjuangannya tak lagi sendiri sudah ada yang menemani.

Tentu tak semua orang benar-benar merasakan kebahagiaan di momen istimewa ini, akan selalu ada orang-orang yang akan melewatinya dengan tangis dan derai air mata penuh penyesalan atau mungkin juga sesaknya dada karena harus terpaksa bersama dengan seseorang yang sama sekali tidak dia suka.

So, apapun kondisinya jodoh tetap akan menjadi hadiah terindah bagi setiap orang. Mungkin saat berawal dengan kebahagiaan akan menjadi jalan baginya untuk bersyukur atau mungkin juga saat dimulai dengan ketidaksukaan hati akan menjadi sarana baginya untuk belajar sabar.

Jodoh, misteri yang selalu dikhawatir-i

Bagaimanapun jodoh adalah misteri, ia adalah rahasia ilahi yang benar-benar dirahasiakan oleh Allah SWT. Kita sebagai insan manusia hanya bisa menebak-nebak saja siapa jodoh kita namun tak bisa memastikan siapa orangnya dan kapan pertemuannya. Ah..seandainya jodoh tidak dirahasiakan, siapa orangnya ditampakkan, kapan pertemuannya sudah ditentukan dan dimana tempat pertemuannya sudah ditunjukkan tentu pembahasan jodoh tak lagi begitu menarik. Orang-orang akan terbagi menjadi 3 golongan. Ada golongan yang bahagia sekali karena sudah tau jodohnya sangat baik dan sesuai di hati, ada juga golongan yang merasa biasa-biasa saja karena sudah terlihat jodohnya juga biasa-biasa saja, dan akan ada juga golongan yang akan sangat kecewa serta sangat bersedih karena mengatuhi jodohnya adalah yang tak sesuai dengan hatinya.

Mungkin disinilah indahnya, saat jodoh jadi misteri di saat itu jugalah ada hati yang selalu deg-degan menanti, di saat itu jugalah kesabaran di uji serta di saat itu jugalah ada ikhtiar untuk terus memperbaiki diri.

Ya Allah, dimanakah jodohku ?

Sejatinya jodoh adalah teka-teki kehidupan yang dalam perjalanannya kita akan dihadapkan dengan banyak sekali ujian. Di mulai dari ujian bagaimana menemukannya, ujian bagaimana memperjuangkannya dan sampai pada ujian bagaimana untuk hidup bersama dengannya.

Untuk siapapun yang masih sendiri, untuk siapapun yang selalu bertanya siapakah jodohku ? Dimanakah jodohku ? Percayalah jodoh adalah hadiah terindah dari Allah SWT, sebagaimana hadiah ia akan hadir mengejutkan atau mungkin tak disangka-sangka sehingga disanalah sujud syukur bermula. Terus perbaiki diri, perbaiki diri dan perbaiki diri.

Sumber foto : octaviaputritjajadi.blogspot.com

 

Artikel Menarik Lainnya




comments