0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Pentingkah merawat rambut bagi wanita yang sudah berhijab ?

Seberapa penting wanita berhijab untuk merawat rambutnya ? Mungkin ini juga jadi pertanyaan bagi banyak muslimah lainnya. Sebab banyak yang beranggapan kalau sudah berhijab untuk apa lagi merawat rambut atau setidaknya mempedulikan rambut. Dengan alasan tidak ada juga yang mau melihat.

Padahal merawat rambut agar tetap tumbuh subur dan sehat adalah bagian dari usaha untuk menjaga kesehatan serta kebersihan diri. Sementara kita tau menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman. Terlebih lagi rambut adalah mahkota atau perhiasan seorang muslimah, bagi yang sudah menikah rambut yang indah bisa menjadi sebab semakin sayangnya seorang suami pada istrinya.

Rambut yang berhijab karena tertutup terus juga akan sangat rentan sekali terkena berbagai permasalahan rambut seperti rambut bau, basah, sumpek, mudah patah, mudah rontoh dan ketombean. Untuk itulah penting bagi setiap muslimah agar selalu menjaga dan merawat rambutnya.

Dalam kesempatan kali ini elmina akan menghadirkan 12 cara mmudah merawat rambut wanita berhijab.

1. Bersihkan rambut dengan keramas secara rutin dan sering

Rajin-rajinlah untuk membersihkan rambut dengan keramas secara rutin dan sering. Misal keramas menggunakan shampo secara rutin dan sering. Seberapa seringkah seorang wanita harus keramas ? Apakah setiap mandi ? Setiap hari atau sekali beberapa hari ? Untuk menentukan waktunya tentu kembali lagi pada kebutuhan masing-masing. Sangat bergantung juga pada aktivitas serta kesibukan, kondisi rambut serta kondisi kulit kepala. Jika kamu adalah seorang pekerja yang bekerja di luar menggunakan hijab dan selalu berkeringat setiap bekerja tentu keramas lebih sering lebih bagus untukmu. Keramas sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut agar tidak lepek, bau serta terkena ketombe.

Dalam berkeramaspun kita mesti pandai dalam memilih shampo yang cocok dengan rambut,kulit kepala dan juga memastikan terbuat dari bahan yang halal.

2. Memastikan rambut kering secara alami sebelum memakai hijab

Memakai hijab ketika rambut masih basah tentu akan menyebabkan rambut bau dan juga mudah patah. Untuk itu usahakan agar kamu mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum memaka hijab, dan akan lebih baik jika rambutnya dikeringkan secara alami (atau kering dengan sendirinya)

3. Tidak menarik rambut terlalu keras

Menarik rambut terlalu kuat bisa berdampak rambut mudah rontok, untuk itu jika rambut sedang lepek dan kamu ingin meluruskannya maka luruskanlah pelan-pelan dengan jarimu.

4. Pilih bahan hijab yang mendukung kesehatan rambut

Bergo Mahira by Elmina Hijab

Bergo Mahira by Elmina Hijab

Tidak semua kain baik untuk rambut, untuk itu kamu perlu lebih jeli dalam memilih bahan untuk jilbab kamu. Pilihlah bahan yang lembut dan dari bahan katun yang berpori-pori sebagai sirkulasi udara untuk rambutmu. Selain itu usahakan memilih warna yang lembut agar memberikan kesejukan bagi rambut dan kepala.

5. Menyisir rambut dengan benar

Salah satu hal yang bisa menyebabkan rambut rusak adalah dari menyisir rambut.Bisa dari salah ketika memilih sisir atau cara menyisirnya yang tidak benar. Dalam memilih sisir, pilihlah sisir berbahan plastik  dan tidak terlalu rapat agar tidak menyebabkan rambut mudah rontok. Dalam menyisir rambut hindari menyisir rambut ketika rambut masih basah sebab hal ini juga akan menyebabkan rambutmu mudah rontok. Agar rambut tidak keluar saat berhijab maka biasakan untuk menyisir rambut hingga rapi sebelum mengenakan hijab.

6. Menjaga rambut agar tidak bau

Rambut yang tertutup kerudung cenderung lebih cepat bau, agar rambutmu tidak cepat bau dan selalu wangi maka kami bisa meratus rambut minimal sebualan sekali. Meratus rambut adalah proses mengasapi rambut menggunakan rempah- rempah dan berbagai jenis bunga. Biasanya alat dan bahannya bisa didapatkan di salon atau toko alat kosmetik.

7. Memberikan rambut nutrisi secara berkala

Agar rambutmu tetap sehat dan kuat maka kamu perlu memberikan nutrisi rambut, nutrisi rambut bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya vitamin C, B6, B12, Zat Besi dan protein. Selain itu kamu juga bisa menjaga kesehatan rambut dengan berbagai bahan alami seperti lidah buaya, cabe rawit dan daun urang aring.

8. Mengikat rambut dengan benar

Mengikat rambut dengan benar juga perlu dilakukan dalam menjaga rambut agar selalu dalam kondisi sehat dan kuat.Kesalahan yang sering terjadi adalah mengikat rambut terlalu kuat pada satu tempat dalam waktu yang lama. Untuk itu hindari mengikat rambut yang terlalu kuat, dan kalau bisa usahakan mengikatnya di lokasi yang berbeda setiap harinya.

Dan, ketika sudah sampai di rumah dan melepas hijab lepas juga ikatan rambutmu atau kalau masih mau mengikat, ikatlah dengan santai dan tidak terlalu kuat.

9. Deep conditioning

Deep conditioning adalah sebuah proses untuk memberikan nutris pada rambut agar lebih kuat dan sehat, kamu perlu melakukan ini dalam proses perawatan rambutmu. Lakukan deep conditioning setelah keramas, selain membeli di toko kamu juga bisa meracik sendiri deep conditioning untuk rambutmu menggunakan campuran minyak zaitun, minyak wijen dan lain-lain.

10. Potong ujung rambut secara berkala

Ketika rambutmu sering diikat, kemungkinan ujungnya akan rusak. Untuk itu kamu perlu memotong ujung-ujung rambutmu secara berkala agar rambut yang tersisa adalah yang sehat.

11. Gonta ganti shampo secara bijak dan teratur

Mungkin banyak yang berpendapat kalau berganti shampo tidak baik untuk kesehatan rambut, sehingga menyarankan agar kita setia pada satu jenis shampo. Namun ada satu pendapat menarik yang dikutip dari SkinHelp, banyak ahli justru berpendapat bahwa berganti-ganti shampo secara teratur adalah ide yang baik, karena mereka percaya menggunakan satu shampo yang sama terus menerus tidak baik untuk rambut. Akan tetapi beberapa pendapat ahli dermatologis mengatakan kalau bergonta ganti shampo bisa menyebabkan kerusakan bahkan kerontokan pada rambut.

Jadi bagaimana sebenarnya ? Sebagai solusinya bijaklah dalam bergonta – ganti shampo. Kenali dulu kulit kepala dan rambutmu lalu temukan jenis shampo seperti apa saja yang cocok untuk rambutmu. Dan pakailah shampo yang sesuai dengan jenis kepala dan rambutmu tersebut.

12. Selalu luangkan waktu untuk rambut istirahat

Untuk menjaga rambut agar terus sehat, kuat dan kokoh kamu perlu mengistirahatkan rambut secara rutin. Mengistirahatkan rambut adalah proses dimana kamu membiarkan rambutmu lepas terurai tanpa diikat dan ditutupi oleh jilbab. Hal ini akan memberikan rambut ruang untuk bisa bernafas dan bebas. Memberi rambut istirahat akan membantu mengurangi kerontokan serta , membuat rambut lebih segar dan mengurangi rambut terkena ketombe.

Itulah 12 cara mudah untuk menjaga dan merawat rambut wanita berhijab, kamu bisa mencoba semua tips di atas atau pelan-pelan mencobanya satu persatu. InsyaAllah jika dilakukan secara rutin dan berkala akan membantu menjaga rawat agar terus sehat dan segar.

Rambut sehat, segar, kuat, bebas dari ketombe dan wangi tentu harapan setiap wanita. Nah, untuk mencapai itu semua tentu membutuhkan kemauan, ketekunan dan juga konsistensi dalam menjaga dan merawat rambut

 

%d bloggers like this: