0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

“Kita hari ini dibentuk oleh kebiasaan-kebiasaan kita di masalalu, sementara kita di masa depan dibentuk oleh kebiasaan-kebiasaan kita hari ini”

Jika baik kebiasaan yang sering kita tanam maka akan kemungkinan kita bernasib baik, akan tetapi jika buruk kebiasaan yang kita tanam maka tentu akan berpotensi membuat kita bernasib buruk. Ya, segala sesuatu yang kita alami hari ini hasil dari kebiasaan-kebiasaan kita di masa lalu, apakah itu karakter, kepribadian, pola makan serta aktivitas-aktivitas lainnya yang rentan mengganggu kesehatan kita.

Kesehatan adalah hal yang sering kita abaikan ketika masih sehat namun membuat kita panik jika sudah terkena penyakit, benarlah kata pepatah yang mengatakan nikmat sehat akan terasa jika kita Allah uji dengan penyakit. Untuk mengantisipasi ada baiknya kita mengetahui kebiasaan-kebiasaan apa saja yang bisa membuat kita rentan oleh penyakit, pada tulisan kali ini ada 3 kebiasaan buruk yang bisa membuat kita rentan pada penyakit.

1. Kurang minum air mineral dan air putih

Seperti kita pahami dalam berbagai pelajaran pengetahuan alam saat masih sekolah dulu tubuh kita terdiri dari 70% cairan, mulai itu dari darah, jantung, otak, sumsum, ditulang dan lain sebagainya. Karena mayoritas tubuh kita terdiri dari cairan maka dianjurkan kita minimal minum air putih 2.5 Liter perhari agar keseimbangan cairan dalam tubuh kita tetap terjaga dan tidak terjadi dehidrasi.

Namun sayangnya ada diantara kita punya kebiasaan untuk malas minum air putih, dan yang lebih berbahaya lagi punya kebiasaan minum-minuman “soft drink” semacam coca-cola, fanta, spirit, berbagi jenis minuman teh yang sudah diolah yang jelas-jelas ini tentu tidak sehat. Ditambah lagi dengan berbagai macam pemanis, pewarna dan zat karbonasi dalam minuman tersebut. Apalagi bagi yang punya kebiasaan makan di fast food setelah makan minumnya soft drink tentu kebiasaan ini sangat berbahaya bagi tubuh

2. Kurang makan buah dan sayur

Masih terkait dengan poin pertama,  dua pertiga tubuh kita terdiri dari air maka sudah semestinya kita banyak mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin dan seimbang. Kurang mengkonsumsi buah dan sayur bisa menyebabkan tubuh kita rentan terkena penyakit seperti panas dalam, sembelit, dehidrasi, maag, dan lain sebagainya.

3. Kebiasaan tidur larut malam dan bangun kesiangan.

“Bahwasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam tidur pada awal malam dan bangun pada pengujung malam, lalu beliau melakukan shalat”.(Muttafaq `alaih)

Salah satu sunnah Rasulullah adalah tidur lebih awal dan bangun lebih awal, ternyata hikmah dari sunnah Rasulullah SAW ini sangat berdampak bagi kesehatan kita. Malam hari khususnya pukul 21.00 keatas adalah saat dimana organ tubuh kita melakukan pencernaan makanan, yang mana pada kondisi ini tubuh kita dituntut dalam keadaan istirahat agar memudahkan kerja tubuh. Berbagai macam penyakit muncul bagi mereka yang memiliki kebiasaan “begadang” atau tidur larut malam. Untuk itu mulai saat ini mari ubah kebiasaan kita tidur lebih awal dan bangun lebih awal.

 

%d bloggers like this: