0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Susah move on dari masa lalu, dari mantan adalah hal sering terjadi dan dialami oleh banyak orang terlebih adalah kalangan wanita, mungkin anda juga pernah merasakannya atau mungkin sedang mengalaminya hari ini.

Di kelas pra-nikah online yang kami kelola banyak muncul pertanyaan-pertanyaan seputar ini lebih kurang bentuk pertanyaannya adalah seperti berikut :

– Bagaimana cara melupakan orang yang sudah menyakiti kita?

– Bagaimana caranya melepaskan seseoarang yang kita sudah cinta mati padanya?

– Bagaimana cara melupakan masa lalu dan siap menyambut masa depan yang lebih cerah

– Dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan serupa lainnya.

Walaupun kelihatannya sepele namun ini menjadi persoalan yang serius bagi sebagian orang, bayangkan saja hanya gara-gara galau dan susah move on bisa menyebabkan mereka murung bahkan mengurung diri di kamar, putus asa, gelisah dan galau yang tak berujung serta banyak lagi “penyakit jiwa” lainnya.

Bulan suci Ramadhan adalah bulan perubahan “Saat yang tepat bagi kita untuk memulai kebaikan dan meninggalkan keburukan” . Termasuk memulai kehidupan dengan semangat baru dan meninggalkan masa lalu serta melupakannya, In syaa Allah pada tulisan kali ini akan kami bagikan tips sederhana menghilangkan kegalauan dan bisa segera move on.

1. Meyakini segala sesuatu yang Allah berikan pada kita adalah hal yang terbaik.

Allah tak pernah iseng terhadap hambanya, disetiap kejadian, dibalik kisah sedih maupun bahagia tentu ada maksud dan tujuan Allah swt memberikan hal itu pada hambanya. Termasuk juga dengan mengirimkan orang yang “salah” maupun orang yang “benar” pada hambanya. Ketika kita bisa memahami ini maka akan lebih mudah menerima dengan ikhlas dan lapang dada apapun kejadian yang terjadi dalam kehidupan kita.

2. Belajar memaafkan diri sendiri

“Meminta maaf itu berat, namun memaafkan jauh lebih berat, dan ternyata yang paling berat adalah meminta maaf serta memaafkan diri sendiri”

Pernah minta maaf pada diri sendiri? pernah memaafkan diri sendiri?, ya mungkin jarang sekali kita lakukan namun ini sangat perlu dan penting sekali untuk dicoba. Karena sebagian besar orang yang susah move on dan galau disebabkan oleh kekecewaannya pada diri sendiri, menyesali kesalahan masa lalu.

” Aku bodoh sekali..”

“Kenapa saya melakukan ini dahulu?”

“Seandainya tidak begini”?

” Seandainya begitu…”

“Coba kalau dulu aku tidak mengenalnya…”

“Seandainya dulu aku tidak mengecewakannya..”

Dan perandaian-perandaian lainnya, intinya banyak orang yang galau dan susah move on disebabkan oleh tidak menerima kesalahan masa lalunya, tidak mau memaafkan dirinya sendiri dan menyesalinya terus menerus. Sekarang cobalah memaafkan diri sendiri, mengikhlaskan kesalahan dan kekhilafan masa lalu.

3. Ubah apa yang dilihat dan yang didengar

“Apa yang sering anda lihat dan dengar akan menjadi sesuatu yang sering anda pikirkan..

Apa yang sering anda pikirkan akan menjadi sesuatu yang sering anda ucapkan…

Apa yang sering anda ucapkan akan menjadi sesuatu yang sering anda lakukan..

Apa yang sering anda lakukan akan menjadi kebiasaan anda…

Kebiasaan yang dipupuk terus menerus akan menjadi karakter..

Karakter yang terus menerus dibiarkan akan menentukan NASIB dan MASA DEPAN anda.”

Anda boleh percaya atau tidak dengan hal ini akan tetapi memang begitulah adanya, nasib dan masa depan kita sangat dipengaruhi oleh apa yang sering kita lihat dan kita dengar, ini tentu melingkupi :

– Tontonan yang sering kita tonton.

– Musik yang sering kita dengar

– Teman bergaul kita.

Jika anda dalam kondisi pikiran galau, carut marut dalam kehidupan ini ditambah dengan sering menonton tontonan yang menambah kegalauan anda sebut saja misalnya sinetron, ftv, film korea dan sejenisnya. Di tambah lagi dengan sering mendengarkan musik-musik melow yang membawa pendengarnya untuk meratapi diri dan menyesali masa lalu maka lengkap sudahlah hal ini membuat anda menjadi semakin galau.

So, jika anda ingin berubah total maka ubahlah apa yang sering anda tonton selama ini, ubahlah apa yang sering anda dengarkan dan juga perhatikan dengan siapa anda berteman apakah selama ini mereka memberikan support atau malah membuat anda bertambah galau.

Sumber foto : www.beranda.co.id

 

%d bloggers like this: