0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Salah satu kecerdasan yang dimiliki oleh seorang muslimah selain mengelola uang adalah kecerdasan mengelola waktu. Di bagian sebelum ini kita sudah bahas tentang pentingnya mengelola waktu bagi muslimah  , pada kali ini kita akan membahas cara-cara dan langkah praktis mengelola waktu, ada 4 cara cerdas yang mudah di praktekkan In syaa Allah.

1. Analisa prioritas waktu

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah menganalisa prioritas waktu kita, setidaknya ada 4 jenis prioritas waktu :

download

Sumber : abdulchaemim.blogspot.com

  • Penting Mendesak (Adalah pekerjaan yang penting dan waktunya juga sangat dekat contoh tugas kantor atau tugas kuliah dengan deadlinenya)
  • Penting Tidak mendesak (Pekerjaan yang memiliki nilai yang penting namun tidak dibutuhkan dalam waktu dekat)
  • Tidak penting mendesak (Pekerjaan yang sebenarnya nilainya tidak penting namun mendesak dibutuhkan contohnya adalah pekerjaan mendadak)
  • Tidak penting tidak mendesak  (Pekerjaan yang sifatnya tidak penting dan tidak mendesak seperti hiburan, main game, berselancar di internet,dll)

Sekarang coba kelompokkan pekerjaan-pekerjaan kita, dan analisa dibagian mana kita sering menghabiskan waktu?

2. Evaluasi diri

Evaluasi diri kita, bagaimana kita mengelola waktu selama ini, cara terbaik mengevaluasinya adalah menuliskan dalam selembar kertas semua aktivitas kita dari bangun tidur hingga tidur lagi. Tulis se-detail mungkin kita ngapain saja, maka disana akan terlihat bagaimana kita mengelola waktu kita, akan tampak apa-apa saja hal-hal mubazir yang menghabiskan waktu kita

3. Rencanakan setiap aktivitas

“Gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan”

Belajar merencanakan setiap aktivitas kita, mungkin kita jarang sekali melakukan hal ini, namun ini adalah hal yang sangat penting dan urgent. Salah satu penyebab hidup tidak teratur adalah tidak merencanakan apa-apa yang akan kita lakukan di hari itu. Ketika keluar rumah hendak melakukan aktivitas baik itu sekolah, kuliah atau bekerja kita lakukan tanpa rencana.

Mulai saat ini coba buat selalu perencanaan minimal satu hari sebelumnya, artinya ketika kita bangun bagi kita sudah punya rencana tertulis untuk satu hari kedepan. Sehingga aktivitas kita selama satu hari itu mengacu pada rangkain rencana yang sudah kita buat.

4. Temukan “monster” pemangsa waktu kita

Kami sering menyebut aktivitas-aktivitas yang tidak penting namun menghabiskan waktu sebagai monster pemangsa waktu. Contohnya bagi yang masih remaja yang kecanduan game, bermain game menjadi monster pemangsa waktunya, coba lihat berapa jam sehari yang ia habiskan untuk game?. Pekerjaan sekolah terbengkalai, ibadah ditinggalkan, kehidupan jadi acak kadut.

Di era smartphone hari ini sosial media menjadi salah satu monster pemangsa waktu yang sangat buas, sangat melenakan hingga tak terasa waktu kita sudah habis sekian jam bersama sosial media tanpa aktivitas yang produktif, stalking status orang, like sana sini, komen sana sini, saling menjelekkan, debat kusir yang tak berujung dan banyak lagi hal-hal mubazir lainnya.

Bagi kaum muslimah salah satu monster pemangsa waktunya adalah “ngerumpi”, nongkrong bareng teman, ngobrol ngalur-ngidul kesana-kemari, jelekkin orang, ngomongin bos, ngomongin pacar dan lain sebagainya. Punya kebiasaan seperti itu?, jika ia tinggalkan segera.

5. Komitmen

“Tak cukup hanya mau saja untuk merubah sesuatu akan tetapi juga dibutuhkan komitmen serta daya tahan yang kuat bersabar dalam menjalani prosesnya”

Belajar mengelola waktu adalah adalah sebuah pekerjaan yang tidak ringan apalagi yang memang terbiasa waktunya acak-acakan sejak kecil karena ini menyangkut kebiasaan. Maka jika ingin berubah dibutuhkan komitmen yang kuat untuk berubah, tentu juga kesabaran tingkat tinggi dalam menjalani prosesnya. Salah satu ujian beratnya adalah bagaimana mempertahankannya hingga menjadi kebiasaan. Karena jika sudah menjadi kebiasaan akan selalu melekat dalam diri dan susah ditinggalkan. Intinya adalah mengubah kebiasaan mengelola waktu yang buruk menjadi kebiasaan mengelola waktu yang benar. 

Itulah 5 cara sederhana mengelola waktu, mudah teorinya namun akan berbeda rasanya jika dipraktekkan secara konsisten dan terus menerus. Selamat mencoba semoga memberi perubahan dalam hidup anda.

 

Sumber foto utama : heavenlyblush.com

%d bloggers like this: