0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Beberapa waktu yang lalu kami ngobrol dengan salah seorang ex karyawan dari penerbitan buku ternama di negeri ini. Dari obrolan tersebut kami dapat informasi kalau perusahaan tempat dia bekerja melakukan pemangkasan karyawan secara besar-besaran yang akhirnya diapun kena dampaknya untuk diberhentikan.

Di tempat lain juga sangat banyak sahabat, saudara dan saudari kita yang kebingungan mendapatkan pekerjaan, ditambah lagi dengan beban gelar sarjana yang dimiliki. Uang orang tua sudah habis entah berapa banyak untuk biaya kuliah namun setelah kuliah malah pusing mau bekerja dimana. Karena saking susahnya mendapatkan pekerjaan alhasil tak sedikit para muslimah yang akhirnya rela melepas hijabnya demi sebuah pekerjaan, rela menunda pernikahannya demi sebuah kontrak kerja, rela bekerja bercampur baur laki-laki perempuan.

“Cari yang haram saja susah apalagi yang halal”

“Cari yang haram aja susah” kalimat tersebut menjadi pembenaran atas sikap yang dilakukan. Ditengah carut-marut kondisi ekonomi hari ini, rupiah yang anjlok, harga-harga serba melambung tinggi, menjadi pekerjapun tak luput dari ancaman PHK. Di kondisi serba banyak masalah hari apakah tidak mungkin ada jalan atau cara untuk mencari nafkah halal prosesnya dan hasilnya bagi seorang muslimah ?

Sebab sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan, Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. (Q.S : Al-Insyirah 5-6)

Tidak perlu kita pusing-pusing mencari jawabannya, dalam Al-quran surat Al-Insyirah Allah sudah tegaskan bersama kesulitan ada kemudahan bahkan kalimat serupa di ulang sampai dua kali. Tentu ini berarti setiap apapun kesulitan serta kesempitan yang kita hadapi maka disanalah ada kemudahan. Lihat kata yang kami tebalkan yaitu “bersama” artinya bersamaan dengan itu bukan bergantian, jadi kemudahannnya ada disaat kesulitan itu ada.

Begitu juga dengan kondisi ekonomi kita hari ini, disaat kita serba kesulitan mencari nafkah yang halal maka disaat itu juga sebenarnya banyak sekali peluang atau kemudahan-kemudahan yang bisa kita jadikan sumber penghasilan tanpa harus mengorbankan ketaatan kita kepada Allah SWT. Setidaknya ada 5 jenis pekerjaan yang kami temukan cocok untuk anda kerjakan bahkan tanpa keluar rumah sekalipun, semoga ini menjadi solusi dan jalan kebaikan untuk kita semua.

1. Bekerja sesuai dengan kemampuan dan kelebihan yang dimiliki

Siapapun anda kami yakin  tentu memiliki bakat serta keungggulan yang telah Allah anugrahkan, walaupun terkadang banyak yang mengaku tidak punya kelebihan dan keunggulan apa-apa, padahal sejatinya belum menemukan keunggulan serta kelebihan yang dimiliki.

Jika anda seorang sarjana pendidikan maka anda punya keunggulan mengajar disatu bidang mata pelajaran atau bahkan dibanyak bidang mata pelajaran. Maka membuka kelas privat dirumah bisa menjadi solusi pekerjaan bagi anda. Jika anda seorang dokter bisa membuka praktek dirumah, jika bisa menjahit bisa bekerja sebagai penjahit baju dirumah atau membuat hiasan-hiasan dari kain-kain perca yang akhirnya bisa dijual.

2. Menjadi penulis

Menjadi penulis adalah salah satu jalan untuk mendapatkan penghasilan halal, dan enaknya pekerjaan ini bisa dikerjakan dirumah sendiri. Menulis apa?, tulislah hal-hal yang anda sukain, apakah novel, buku non fiksi, buku resep makanan, atau apapun yang menjadi kegaluan dan kegelisahanmu. Untuk awal-awal mulailah membuat blog dan menulis di blog pribadi, latih dan asah terus kemampuan anda setiap hari.

3. Menjual berbagai macam masakan

Kemampuan memasak tentu salah satu kemampuan yang mesti dimiliki oleh seorang wanita, dari kemampuan ini jika dikembangkan anda bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan seperti membuka usaha snack dan katering, menjual berbagai jenis kue basah, kripik atau berbagai jenis makanan yang dikreasikan dengan kreativitas sendiri.

4. Menjadi konsultan online

Lucu memang kedengarannya, di era yang serba digital  hal ini menjadi tidak mustahil lagi. Di dunia online hari ini sudah sangat banyak kelas-kelas belajar online apakah itu di website, Facebook, grup Whatsapp, grup BBM dan lain sebagainya. Jika anda punya kemampuan dan keahlian disuatu bidang yang spesifik dan memang bidang keahlian tersebut menyelesaikan masalah-masalah orang maka tidak ada salahnya mencoba alternatif ini.

5. Membuka toko online dan berjualan online

Jika anda kebingungan dengan produk sendiri yang akan dijual maka tidak salah jika anda mencoba berjualan online. Menjualkan produk orang lain via online apakah itu melalui sosial media, atau aplikasi instant messanger seperti BBM, WA, LINE di gadget anda. Menjadi reseller atau agen hijab Elmina bisa menjadi pilihan anda untuk mulai berjualan online.

Itulah 5 pekerjaan yang cocok untuk wanita muslimah bahkan bisa dikerjakan dirumah. Silakan dipilih dan sesuaikan dengan kondisi dan kemampuan anda.

Sumber foto : up2det.net

%d bloggers like this: