0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi,keberadaan gadget semakin menjamur kesetiap kalangan termasuk kepada kalangan anak-anak. Gadget membuat anak-anak lupa pada dunia nyata, mereka sering asyik sendiri dengan gadgetnya masing-masing. Banyak orang tua yang bingung akan hal ini. Tak jarang banyak juga orang tua yang mencari solusi anak yang kecanduan gadget. Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget? Tulisan berikut akan mencoba menguraikan solusi untuk Anda yang memiliki anak kecanduan gadget.

Batasi dan Awasi Penggunaan Gadget pada Anak Anda

Sebagai seorang tua, Anda harus ikut mengawasi anak Anda pada penggunaan gadget. Contohnya, saat makan malam atau saat Anda sedang bepergian bersama, larang anak Anda membawa gadget miliknya. Bersikaplah tegas dan konsisten berlaku seperti ini.Semisal anak Anda melawan hal ini, berikan dia hukuman. Sebaliknya, jika mereka mentaati Anda, berikan mereka hadiah.

Jauhkan Gadget dari Anak Anda

Ajak anak Anda untuk beraktivitas di luar rumah, misalnya bersepeda, lari sore atau berenang. Buat juga rencana untuk pergi ke luar bersama teman-teman Anda. Ajak juga anak Anda untuk beraktifitas di dalam rumah, misalnya membantu Anda memasak atau beres-beres rumah.

Cobalah Berdiskusi

Jika hal-hal diatas dirasa kurang membantu Anda, coba ajak anak Anda untuk berdiskusi dengan Anda. Jelaskan batasan-batasan dalam menggunakan gadget. Tentukan juga pada saat dan jam berapa anak Anda boleh menggunakan gadget miliknya. Jika anak Anda berontak dan marah kita bisa ambil gadgetnya. Jelaskan juga pada mereka tujuan kita membatasi mereka dalam bermain gadget. Serta berikan pemahaman betapa pentingnya bersikap bijak dalam menggunakan gadget.

Ajak Anak Aktif di Berbagai Kegiatan

Motivasi anak Anda untuk melakukan kegiatan yang tidak berhubungan denga gadget dan sejenisnya. Ikutkan mereka pada berbagai les, dari les akademik sampai non akademik. Kegiatan yang padat dan sibuk akan membuat mereka tidak memiliki banyak waktu untuk menggunakan gadget sehingga mereka bisa terhindar dari kecanduan gadget.

Jangan Berikan Ponsel pada Anak di Usia Terlalu Dini

Selain cara di atas, cara terbaik adalah jangan berikan gadget kepada anak Anda sebelum usia mereka di atas 16 tahun. Di usia itu, mereka lebih matang dan lebih mengerti sisi positif dan negatif menggunakan gadget terus menerus. Bisa diliat bagaimana jaman sekarang, banyak orang tua yang memberikan gadget kepada anaknya bahkan di pada anaknya yang masih berusia balita.

Itu tadi adalah beberapa solusi anak yang kecanduan gadget yang bisa Anda terapkan di rumah untuk anak Anda. Kenalkan juga pada mereka sisi negatif dari menggunakan gadget, misalnya menggunakan gadget akan menggangu waktu belajar, menggangu hubungan manusia secara sosial karena anak akan merasa lebih asyik memainkan gadgetnya ketimbang bermain dan berinteraksi dengan temannya. Selamat mencoba ya Bunda, semoga anak Anda tidak kecanduang gadget lagi.

Sumber : Aquariuslearning.co.id , Health.detik.com

%d bloggers like this: