0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Pernahkah anda membayangkan ketika suatu saat anda memiliki kemudahan dalam berbagai hal, apakah itu dunia pekerjaan, karir, pendidikan, bisnis dan lainnya. Di saat yang lain bersusah payah melamar pekerjaan kesana kemari dan ditolak ternyata ada orang yang malah dicari-cari oleh berbagai perusahaan atau instansi untuk diminta bekerja di tempatnya. Di saat yang lain bersusah payah menjual produknya ternyata ada orang yang malah dikejar-kejar dan dicari konsumennya, artinya orang-orang ini memiliki kemudahan-kemudahan dalam setiap langkah kehidupannya.

Bagaimana ini terjadi?, kami mengistilahkan ini dengan “nyalakan api unggun”, membangun diri menjadi pribadi berprestasi hingga akhirnya menjadi sorot perhatian banyak orang layaknya api unggun yang menyala ditengah gelapnya malam dan dikerumuni oleh banyak orang. Pribadi berprestasi yang kami maksud disini parameternya bukanlah seberapa tinggi pendidikan formal, bukan itu akan tetapi seberapa hebat prestasi kita dalam kehidupan.

Maksudnya bagaimana?, silakan simak 5 poin tips dibawah ini :

1. Setiap kita adalah “penjual”

Banyak yang tak menyadari kalau setiap kita adalah penjual, siapapun itu. Tak peduli anda seorang pelajar, mahasiswa, karyawan ataupun pedagang. Seorang murid “menjual” dirinya terhadap guru atau dosennya yang mana ia di bayar dengan “nilai”, seorang karyawan “menjual” jasa atau tenaganya terhadap bos atau atasannya yang mana ia dibayar dengan “gaji”. Setiap pedagang menjual produk terhadap pelangganya yang ia juga dibayar, setiap para jomblo menjual dirinya terhadap calon pasangan dan calon mertuanya. Intinya setiap kita adalah penjual.

Nah, agar sukses dalam dunia penjualan tentu ada ilmunya, 3 ilmu utama dari penjualan itu adalah NILAI TAMBAH, NILAI KALI dan PEMBEDA.

2. Miliki nilai tambah

Nah, ini adalah tips kedua yaitu memiliki nilai tambah, apa yang menjadi keunggulanmu dibanding yang lain. Contohnya jika anda seorang karyawan bisa memiliki nilai tambah seperti datang lebih awal dan pulang lebih akhir, membangun keakraban dengan atasan, membangun ke akraban dengan sesama karyawan. Selalu menjadi yang pertama dan terdepan jika ada yang membutuhkan.

Bagi seorang pedagang anda bisa memiliki nilai tambah dengan cara memiliki produk yang berkualitas, pelayanan yang bagus serta inovasi-inovasi lainnya. Intinya anda harus memiliki nilai tambah, tujuannya agar orang lain punya alasan kuat dan tepat untuk bekerja sama atau menjadikan anda sebagai rekan kerjanya.

Nilai tambah juga bisa berupa hard skill maupun soft skill yang dimiliki seperti kemampuan bahasa asing, kemampuan komputer, menjahit, memasak, menulis, internet marketing serta banyak lagi yang lainnya.

3. Bangun silaturahim

Bangun silaturahim dengan siapa saja, karena kita tak pernah tau “Siapa, siapanya siapa”. Tidak hanya asal kenal, tapi juga terus pupuk perkenalan tersebut menjadi persahabatan. Ingat pesan Rasulullah “Silaturahim itu membuka pintu rezeki”. Terbukti dalam kehidupan nyata jaringan (kenalan) yang dimiliki akan sangat memberi pengaruh besar bagi perubahan dalam hidup kita. Contohnya mendapatkan informasi tentang peluang bisnis, tentang peluang kerja dan lain sebagainya.

4. Utamakan selalu ibadah

Banyak orang yang terlalu sibuk dengan kehidupan dunianya, namun melupakan aktivitas amal ibadahnya. Shalat diakhir waktu, sering lupa tilawah al-quran, meninggalkan yang sunnah serta melalaikan amalan-amalan lainnya. Cobalah ubah aktivitas ibadah kita, jadikan itu selalu yang pertama dan utama. Shalat tepat waktu, tilawah quran, mengerjakan amalan sunnah seperti dhuha, tahajud ,sedekah ,dzikir dan amalan-amalan lainnya.

5. Selalu upgrade diri

Sudahkah baca buku bulan ini?, ya, sampai saat ini budaya membaca dinegeri kita masih sangat rendah, terkadang kita memahami belajar dikampus dan sekolah saja sudah cukup. Padahal tidak, semestinya kita harus selalu mengupgrade diri dengan terus menerus belajar, salah satunya adalah dengan membaca buku, bisa dirutinkan minimal 1 bulan 2 atau 3 buku. Ikut seminar atau workshop yang sesuai dengan bidang yang kita geluti, bergaul dengan orang yang sudah sukses dengan bidang yang sama.

Itulah, 5 tips yang jika anda praktekkan satu persatu, in syaa Allah akan memberi perubahan dalam hidup, menjadi pribadi yang berprestasi dan penuh keunggulan, makin bermanfaat bagi banyak orang.

Sumber foto : news.okezone.com

%d bloggers like this: