0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Sebagai seorang anak yang baik, tentunya kita ingin membahagiakan kedua orang tua kita. Memang sudah seharusnya, sebagai anak, kita berusaha untuk membahagiakan mereka. Namun, mungkin kita sering bertanya-tanya, apakah kita bisa membahagiakan kedua orang tua kita ?Bagaimana cara membalas budi Orang Tua yang sudah membesarkan kita ?

Tulisan ini mencoba menuturkan bagaimana cara membalas budi orang tua, meskipun sepertinya orang tua kita tidak pernah meminta kita untuk melakukan hal tersebut dan mungkin kita pun tidak akan pernah bisa membalas kebaikan mereka. Namun, sebagai seorang anak berusaha untuk berbakti kepada kedua orang tua adalah hal yang harus kita lakukan. Kita tidak sadar bahwa sebenarnya, hal hal kecil yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan materi, bisa membuat kedua orang tua kita bahagia.

Hargai Pendapat Orang Tua

Setiap orang pasti mempunyai pendapat dan prinsip dalam menjalani kehidupan ini. Pendapat –pendapat apapun itu yang berhubungan orang lain, agama hingga bisnis. Tentunya, orang tua kita merasa bahwa pendapat mereka benar dan mereka juga ingin anaknya mengikuti jejak orang tuanya.
Dengan menghargai pendapat orang tua kita, bahkan mengikuti pendapat kedua orang tua kita, ini adalah hal yang baik. Namun perselisihan terkadang tidak bisa kita hindari, terkadang ada pendapatnya yang tidak sejalan dengan kita, jangan sampai perbedaan pendapat ini menimbulkan perselisihan. Hargai pendapat orang tua kita, apapun itu. Semisal kita tidak berkenan dengan pendapat itu, kita tidak perlu mengajak orang tua kita berdebar, cukup diam saja dan usahakan jangan mengungkit perbedaan pendapat ini lagi.

Kerjakan Sesuatu Tanpa Diminta

Ketika kita masih kecil, masihkan kita ingat ketika papa dan mama kita meminta tolong kepada kita untuk mengerjakan sesuatu? Mulai dari meminta kita untuk belajar, sampai meminta bantuan kita dan hal lainnya. Tidak bisa dipungkiri, saat itu masih ada rasa malas dan kesal ketika kita mengerjakan perintah dari mereka. Namun, ketika kita dewasa, kita baru sadar dan bersyukur atas semua perintah mereka ketika kita masih kecil.

Saat kita mengerjakan sesuatu tanpa diminta, tanpa diperintah, disitulah orang tua kita merasa lega dan bahagia. Orang tua sebenarnya, terkadang merasa sedih ketika beliau memerintahkan anaknya untuk mengerjakan sesuatu yang tidak disukai oleh anaknya. Tetapi, demi kebaikan anak, orang tua rela menahan rasa pedih itu.

Taat

Sikap taat kepada kedua orang tua sepertinya mudah, namun sebenarnya, sangat sulit dari yang kita kira. Tidak perlu hal besar untuk membuat kedua orang tua kita bahagia. Cukup taat pada perintah mereka, aturan mereka dan taat pada nasihat mereka. Terkadang tanpa kita sadari, kita sering membantah perintah kedua orang tua. Nah, ketika ini terjadi, coba kita pikirkan dulu sebelum kita membantah perintah mereka, karena apa yang mereka anjurkan kepada anaknya tentu hal hal baik untuk kita.

Bersikap taat kepada orang tua juga akan membuat diri kita selamat. Meski terkadang tidak senang dalam menjalaninya. Taat kepada orang tua kita juga akan membuat mereka senang, tenang dan jauh dari perasaan khawatir.

Terima Kasih

Hal kecil lainnya yang bisa kita lakukan namun sering kita lupakan adalah mengucapkan terima kasih. Namun, seringkali, hal ini kita lupakan. Sebanyak apapun kita berterimakasih kepada orang tua kita, tidak akan bisa membalas kasih cinta yang sudah mereka berikan kepada kita. Oleh karena itu, mengucapkan terimakasih merupakan salah satu hal penting dalam mengungkapan rasa kasih sayang kita.

kita bisa menunjukan rasa terimakasih kepada orang tua kita misalnya dengan memberi ucapan selamat ulang tahun. Kemudian membantu mereka dan secara sederhan cukup ucapkan kata ‘terimakasih’ ketika kita teringat akan jasa dari orang tua kita.

Hindari Berbohong

Orang tua tahu betul bagaimana keadaan anaknya, bahkan ketika anak berbohong, orang tua bisa mengetahuinya. Namun, mereka tidak menutupi hal tersebut agar tidak membuat hati anaknya sakit. Orang tua terkadang lebih memilih untuk berpura-pura tidak tahu bahwa anaknya sedang tidak jujur. Pastinya, ini membuat orang tua merasa khawatir sekaligus sakit hati karena anak yang disayanginya berbohong.

Oleh karena itu usahakanlah, jangan sampai berbohong kepada orang tua kita. Berusahalah berkata jujur dan bersikap jujur, meski itu menyakitkan. Jujur lebih baik dan tidak akan lebih sakit daripada mengetahui kebohongan anaknya sendiri. kita harus yakin bahwa kedua orang tua kita selalu memahami dan mengerti kita.

Coba Hiburlah Orang Tua Kita

Meskipun dari luar, kedua orang tua kita terlihat sangat kuat dan tegar, tapi sadarlah bahwa orang tua kita juga hanyalah seorang manusia biasa. Mereka juga merasakan perasan yang membuat mereka sedih. Namun untuk menjaga perasaan anaknya agar tidak sedih, mereka memilih untuk menyimpan perasaan ini. Dan disaat seperti inilah kita harus melaksanakan tugas sebagai anak.

Ketika kita mulai melihat terjadi perubahan pada orang tua kita, kita melihat tkita-tkita bahwa orang tua kita sedang bersedih, jangan taku untuk mencoba menghiburnya. Bisa dengan mengajak mereka ngobrol dan mendengarkan curahan hati mereka. Berikan sentuhan seperti genggaman tangan dan peluk mereka. Tindakan seperti ini meski sekilas terlihat tidak penting amat berarti bagi orang tua. Juga bisa membuat mereka lebih semangat.

Itulah tadi beberapa cara membalas budi orang tua yang bisa kita lakukan. Selain itu ingatlah terus keberadaan orang tua kita, rawat mereka ketika usia mereka sudah mulai tua. Menjadi sukses dan jadilah orang yang baik. Beberapa cara ini bisa kita lakukan meski tidak akan pernah bisa membalas kebaikan orang tua kita.

Sumber :
http://www.top10indo.com/2013/09/10-cara-membahagiakan-orang-tua.html
http://blogging.co.id/cara-membahagiakan-orang-tua

%d bloggers like this: