0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Salah satu kebahagiaan bagi seorang muslimah adalah ketika Allah memberikan kesempatan baginya untuk menutup aurat dengan berhijab syar’i. Kesempatan untuk berhijab syar’i adalah hadiah dari Allah Swt. Jika saat ini kamu sudah berhijab maka syukurilah, sebab di luar sana entah berapa banyak wanita muslim yang belum berhijab dan  tidak menutup aurat dengan sempurna.

Padahal berhijab adalah wajib bagi setiap muslimah, sama dengan wajibnya shalat, zakat dan puasa. Meninggalkan dan menanggalkan hijab tentu adalah sebuah pelanggaran atau tidak tunduk atas perintah Allah Swt.

Memilih berhijab bagi sebagian orang bukanlah suatu hal yang mudah, terlebih lagi jika berhijab adalah proses berhijrah. Dari sebelumnya tidak berhijab lalu memilih berhijab, dari yang sebelumnya berada atau bergaul dengan wanita lain yang tidak berhijab lalu memilih berhijab sehingga menjadi berbeda dalam pergaulannya.

Tentu akan ada saja yang heran, mencemooh, bilang sok suci, dan semisalnya. Disinilah kesabaran kamu akan diuji. Selain itu tentu kamu juga akan merasa berbagai perubahan fisik seperti tidak nyaman, panas, gerah dan sebagainya. Meskipun sebenarnya memakai hijab banyak sekali manfaat dan hikmahnya tetap saja di awal ada rasa tidak nyaman.

Dan, kabar baiknya lagi tulisan elmina pekan ini akan menghadirkan beberapa tips memilih hijab bagi pemula.

1. Pilihlah Bahan Yang Nyaman Dipakai Namun Tetap Syar’i

Bagi pemula yang pertama – tama perlu dilakukan adalah memilih bahan untuk berhijab. Dalam memilih bahan yang perlu diperhatikan adalah kesyar’iannya. Pilihlah bahan yang tidak tembus pandang dan terlalu tipis. Ada banyak jenis bahan untuk membuat hijab syari diantaranya adalah jersey yang biasa digunakan untuk membuat jilbab instan. Bahan jersey ini sifatnya tebal, lembut, adem serta jatuh. Keunggulan bahan jersey adalah tidak mudah kusut, tidak perlu disetrika sehingga menjadi lebih mudah dalam perawatannya.

Bahan hijab lainnya yang juga sering dipakai adalah sifon, bahan ini sifat ini tipis dan ringan. Bahan dari sifon ini sering dipakai untuk membuat jilbab bergo dan pashmina. Kelemahan bahan sifon adalah tembus pandang. Jika kamu ingin memakai jilbab dengan bahan ini pastikan ada dalemannya.

Selain sifon dan jersey ada juga bahan yaitu twiscone. Twiscone ini mirip dengan sifon tetapi lebih tebal, lebih berat dan berstektur lebih halus. Bahan twiscone ini lebih cocok untuk jilbab segi empat.

Ada lagi bahan yang biasanya digunakan untuk membuat jilbab dengan harga yang lebih hemat serta bersahabat di kantong. Yaitu bahan kaos, bahan ini terbuat dari serat kapas alam. Selain murah jilbab dengan bahan ini memiliki pori-pori yang lebih besar dan juga menyerap keringat sehingga kulit kepala dan rambut tidak lembab.

Namun bahan kaos ini juga memiliki kekurangan yaitu mudah melar dan mengendur menjadikan jilbab ini menjadi kurang awet. Selain itu juga ada bahan-bahan hijab lain seperti wolfis, jet black, spandek, hicon dan dobby. Mungkin dilain kesempatan nanti bisa kita bahas lebih dalam.

2. Pilih Hijab Yang Sesuai Dengan Bentuk Wajah

Biasanya hijabers pemula sangat memperhatikan kecocokan antara wajah dengan hijabnya. Mungkin ada muncul rasa khawatir kalau kecantikannya akan berkurang, benar begitu ? Hehe.

Nah, untuk itu ada tipsnya yaitu memilih hijab dengan sesuai dengan bentuk wajah. Jika wajah Kamu oval, hampir seluruh model hijab cocok buat Kamu. Tetapi jika wajah Kamu panjang/lonjong, jilbab dengan undercaps (ciput didalaman) hingga dahi lebih cocok karena akan membuat wajah Kamu terlihat lebih padat.

Sementara untuk wajah persegi atau kotak, jilbab dengan rounded shape/bulat lebih cocok untuk kamu pakai. Sebab wajah Kamu bisa terbingkai dan membentuk kesan oval. Kalau wajah dengan dahi lebar, hijab memakai inner yang menutupi bagian luar sisi kanan dan kiri jidat cocok untuk kamu pakai.

3. Pilih Warna Yang Lembut dan Tidak Mencolok

Hal penting ketiga yang juga perlu kamu ketahui dalam berhijab adalah memilih warna. Dalam berhijab dianjurkan untuk memilih warna yang netral  dan tidak mencolok. Warna yang bisa dipakai misalnya biru lembut, hitam, abu-abu, merah hati dan warna netral sejenisnya. Selain itu kamu juga harus menghindari warna yang sangat mencolok dan menarik perhatian orang.

4. Pilih Hijab Yang Sesuai Dengan Budget

Mau banget berhijab, tapi masalahnya tidak memiliki budget atau uangnya, punya pengalaman seperti ini ? Banyak yang mengira kalau hijab itu harganya mahal-mahal, sehingga tidak sedikit yang menunda hijrahnya dengan alasan tidak memiliki uang. Ini tentu akan dialami oleh mereka yang sebelumnya tidak pernah berhijab, keluarga juga tidak berhijab sehingga tidak memiliki stock hijab sama sekali. Jadi, kalau ingin istiqomah berhijab membutuhkan beberapa hijab untuk dipakai sehari-hari.

Buat kamu yang mengalami hal ini tenang saja, sebab banyak kok hijab yang harganya bersahabat dengan kantong. Tinggal kamunya saja pintar-pintar mencari. Selama ada niat, mau usaha. InsyaAllah, Allah yang akan mudahkan.

5. Pilih Bahan Yang Menyerap Keringat

Jika rambut Kamu panjang, tebal dan juga mudah berkeringat maka pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat. Kalau tidak, rambutmu akan basah, lembat dan bau sehingga membuat Kamu menjadi tidak nyaman dalam berhijab.

6. Pilih Motif Yang Cocok Untukmu

Saat ini jilbab hadir dengan banyak pilihan, tidak hanya warna dan bentuk tetapi jua motif. Dalam memilih motif apalagi untuk tampil secara syar’i. Maka pilihlah hijab dengan motif yang sesuai dengan pakaian, tidak mencolok dan feminim. Contohnya motif bunga, motif daun dan lain sebagainya. Hindari memilih hijab dengan gaya atau motif yang mencolok dan jauh dari nilai syar’i.

7. Tentukan Tempat Belanja Hijab Favoritmu

Ini juga yang tak kalah penting bagi kamu yang pemula dalam berhijab yaitu menentukan tempat belanja hijab favorit. Sebelumnya ada beberapa saran untuk kamu dalam menentukan tempat belanja hijab favorit diantaranya adalah :

Pertama, pilihlah tempat belanja hijab yang menyediakan hijab yang syar’i ini penting sebab saat ini banyak hadir hijab dengan beragam model tapi jauh dari nilai-nilai syari. Kedua adalah pilihlah menyediakan banyak pilihan menarik yang sesuai dengan diri kamu. Ketiga pilih yang harganya bersahabat dan sesuai dengan budgetmu. Dan yang terakhir pilihlah yang menghadirkan kemudahan, jadi kalau misalnya kamu butuh jilbab hari ini pesan lansung lewat handphone bisa lansung dikirim hari itu juga dan esoknya sampai.

Itulah beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan bagi kamu sebagai hijabers pemula. Berhijab bukan saja soal gaya dalam perpenampilan tetapi lebih dari itu, berhijab adalah perintah dari Allah Swt. Niatkan berhijab sebagai ibadah dalam menjalankan perintah Allah Swt. Sembari berdoa agar selalu diberi keistiqomahan oleh Allah Swt.

Ingin mencoba Hijab dari Elmina? Hubungi agen terdekat disini


 

%d bloggers like this: