Membawa bekal saat mudik, rempong gak yaa…

Ah, tidak juga. Justru membawa sendiri makanan dari rumah lebih terjamin kebersihannya. Selain hemat dan menghindari jajan sembarangan, kita bisa memperkirakan bagaimana asupan gizi untuk badan.

Syarat bekal kita antara lain : makanan yang tidak mudah basi, mudah dimakan dan mudah dikemas.

Lalu apa saja ya makanan yang cocok jadi bekal perjalanan mudik kali ini? Yuk kita simak!

  1. Lontong Isi / Arem-arem

Yang satu ini memang asyik banget untuk dibawa-bawa, karena sudah pasti bikin kenyang dan praktis karena bungkusnya tinggal dibuang. isinya pun bisa dipilih sesuka kita, mau isi sayuran atau daging. Tapi perlu diperhatikan, lontong ini hanya bertahan beberapa jam saja, sehingga tak boleh berlama-lama mengendap di tas kita.

  1. Nasi dan Lauk-Pauk

Membawa nasi dan lauk-pauk sendiri akan menghemat pengeluaran untuk membeli makanan berat di luar sana. Pastikan nasi terpisah di tempat tersendiri dan belum lama dimasak sebelum kita berangkat. Sementara itu, lauk yang bisa dibawa antara lain adalah lauk-lauk kering seperti abon, ayam/ikan/tahu/tempe goreng, orek tempe, perkedel dan lain-lain.

  1. Roti

Roti adalah makanan pengganti nasi untuk kebutuhan karbohidrat kita. Selain kemasan dan cara makannya praktis, banyak sekali varian rasa roti yang bisa kita pilih.

  1. Coklat

Selain rasanya yang enak, coklat memberi efek tenang dan memperbaiki mood kita. Membawa 1-2 batang coklat insyaa Allah bikin perjalanan kita makin happy.

  1. Biskuit / Crackers

Biskuit termasuk yang juga simple untuk bekal bepergian jauh. Jika kamu penderita maagh, biskuit adalah teman yang cocok sekali untuk dimakan sedikit-sedikit namun sering. Sekarang ini tersedia banyak sekali pilihan rasa biskuit, mulai dari yang manis madu, rasa susu, keju, sayuran, coklat dan sebagainya.

  1. Susu dan Jus

Sama seperti coklat, susu juga memberi efek tenang dan membantu kita mengelola stress. Tapi perlu diingat, susu merupakan minuman diuretik atau memberi efek cepat buang air kecil. Selain itu susu juga bisa menimbulkan rasa mual di perut. Alternative selain susu adalah jus yang sangat baik bagi kesehatan. Jika kita membawa jus  asli buatan sendiri, perhatikan lamanya penyimpanan. Atau jika tak mau repot, kita bisa membeli jus kemasan sekali minum. Dengan demikian tidak perlu menyimpannya berlama-lama agar tak basi.

  1. Buah-buahan

Buah yang cocok jadi teman perjalanan di antaranya adalah pisang dan apel. 2 jenis buah ini selain mengandung banyak vitamin, juga mengenyangkan. Pisang juga sangat baik untuk penderita maagh.

  1. Kurma

Selain bergizi tinggi dengan berbagai khasiat untuk kesehatan, kurma juga cukup mengenyangkan dan memberi energi yang cukup. Selain itu kurma juga sangat praktis dibawa berjalan-jalan.

***

Membawa bekal makanan dan minuman sendiri tentu akan memudahkan kita sepanjang perjalanan. Kita tidak perlu mampir ke restoran atau memesan menu di kereta/kapal yang seringkali harganya lebih mahal. Makan dimana saja dan kapan saja bisa dilakukan dengan mudah. Jadi, mau bawa apa saja mudik lebaran ini? Ayo kita siapkan! ?

**

bahan bacaan : berbagai sumber

picture : https://www.mldspot.com/food/2016/09/28/ini-lho-makanan-selain-mie-yang-harus-lo-bawa-saat-traveling

Artikel Menarik Lainnya




comments

Artikel InspiratifMuslimah

Yuk hijrah menjadi seorang muslimah yang lebih baik dengan berlangganan newsletter kami. GRATIS!

Pendaftaran kamu berhasil! Setelah ini, kami akan meberitahukan berbagai artikel terbaru melalui email yang kamu daftarkan.