0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Memiliki anak yang tumbuh sehat dan tidak mudah sakit tentu harapan setiap orang tua. Namun pada kenyataannya hal ini tidak mudah, karena ternyata banyak para orang tua yang mengeluhkan kalau anaknya mudah sakit dan memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Bagi anda yang mungkin memiliki anak dan memiliki pengalaman serupa berikut adalah 7 tips agar anak anda tubuh sehat serta memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

1.  Memberikan Anak ASI selama 2 tahun

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.”
(QS. Al-Baqarah: 233).

Mendapatkan ASI eksklusif selama 2 tahun adalah hak dari setiap anak, Allah SWT yang memberikan tuntunan melalui firman-Nya dalam surah Al-Baqarah ayat 233 sebagaimana telah dikutipkan diatas. Selain pemberian ASI eksklusif ini membangun kedekatan antara sang ibu dan anaknya ternyata juga memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah meningkatkan daya tahan tubuh bayi. ASI Eksklusif mengandung zat antibodi yang bisa membantu melindungi bayi dari berbagai bakteri dan virus.

2. Menghindari anak dari makanan yang mengandung bahan pengawet buatan

Kemajuan zaman dan teknologi ikut mengubah gaya hidup dan cara mengkonsumsi makanan. Makanan cepat saja, berbagai jenis camilan instan serta makanan yang mengandung bahan pengawet dan pewarna buatan menjadi solusi praktis bagi untuk memenuhi kebutuhan akan makanan. Padahal tanpa disadari makanan-makanan tersebut mengandung racun yang sangat berbahaya bagi tubuh. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan seperti ini selain menjadikan daya tahun tubuh lemah juga bisa memicu munculnya penyakit berbahaya.

3. Menjaga kebersihan makanan dan minuman anak

Kuman ada dimana saja dan bisa datang kapan saja, peralatan makan dan minum anak sangat rentan mengandung kuman dan bakteri terlebih lagi jika tidak dibersihkan dengan benar dan teratur. Untuk itu para orang tua harus selalu memperhatikan kebersihan tempat makan dan minum anaknya, serta memastikan semua peralatan tersebut dipakai dalam kondisi bersih dan higienis.

4. Memastikan suasana hati anak bahagia

Suasana hati anak juga berkaitan dengan kesehatan fisiknya, jika anak selalu murung, pendiam, selalu bersedih maka bisa dipastikan anak tersebut akan rentan terkena berbagai jenis penyakit. Untuk itulah orang tua perlu memperhatikan dan menjaga hati anak, menghindari marah dan membentak anak, tidak bertengkar suami istri dihadapan anak serta tidak berlebihan melarang serta mengawasi anak saat dia bermain. Buatlah anak merasa bahagia dan bangga saat bersama dengan orang tuanya.

5. Berikan asupan sayur dan buah yang cukup

Asupan sayur dan buah yang cukup juga penting dalam menjaga kesehatan anak serta meningkatkan daya tahan tubuhnya. Anak yang kurang asupan sayur dan buah bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti sembelit, sariawan, demam, dan lainnya. Beberapa anak tidak menyukai sayuran, disinilah peran orang tua dituntut lebih kreatif dalam memasak serta menyajikan sayuran agar bisa dinikmati anak dengan lahap.

6. Berikan asupan protein yang seimbang

Selain sayuran anak juga membutuhkan protein, baik protein hewani maupun nabati. Setiap orang tua harus memperhatikan serta menyiapkan asupan ini untuk kebutuhan anaknya. Anak yang mendapatkan asupan protein yang cukup tentu akan tumbuh sehat serta memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

7. Membiarkan anak bermain di alam bebas

Di era digital yang apa saja bisa dilakukan melalui gadget semakin mempersempit ruang bagi anak-anak untuk bergerak. Kalau 10 – 20 tahun silam anak-anak bermain diluar rumah dengan bergerak di alam bebas. Saat ini anak-anak diberi fasilitas gadget oleh orang tuanya sebagai sarana untuk bermain. Pada awalnya mungkin niat orang tua baik, agar anaknya anteng dan tidak terlalu repot mengawasinya. Namun banyak dampak buruk yang dirasakan oleh anak akan hal ini, anak menjadi kurang bergerak, jarang terkena sinar matahari dan juga menikmati udara bebas. Padahal semua hal tersebut baik untuk kesehatannya.

Anak adalah harta yang sangat berharga bahkan tak ternilai berapa harganya. Untuk itulah setiap orang tua wajib untuk menjaga harta paling berharga yang pernah dititipkan padanya. Salah satunya dengan memastikan anak tumbuh dalam kondisi sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

%d bloggers like this: